Minggu, Desember 5, 2021
BerandaBerita TerbaruJika Bumi Tanpa Bulan, Peristiwa Mengerikan Ini Akan Terjadi

Jika Bumi Tanpa Bulan, Peristiwa Mengerikan Ini Akan Terjadi

Jika Bumi tanpa bulan, maka akan memunculkan dampak serius yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia.

Seperti yang diketahui, bulan adalah satu-satunya satelit alami yang dimiliki Bumi. Bulan memiliki peranan tersendiri dalam mendukung kehidupan di Bumi.

Selain itu, bulan juga diperkirakan mempengaruhi kemiringan Bumi. Para ilmuwan pun memprediksi berbagai hal yang mungkin menimpa Bumi jika tak ada bulan.

Dampak yang Ditimbulkan Jika Bumi Tanpa Bulan

Bagi anda yang merasa penasaran dengan dampak apa saja yang muncul akibat tak ada lagi bulan yang mengelilingi Bumi, anda simak saja ulasan berikut.

Kemiringan Bumi

Tanpa ada bulan, maka kemiringan Bumi akan berubah. Para ilmuwan memperkirakan bahwa Bumi akan menjadi lebih tegak atau lebih miring dari biasanya.

Akibatnya, lapisan es yang ada di kutub akan mencair karena lebih sering terkena sinar matahari. Selain itu, iklim Bumi juga berubah secara drastis.

Gelombang Pasang Akan Mengecil

Jika Bumi tanpa bulan, maka gelombang pasang diperkirakan akan mengecil. Tak mengherankan karena bulan mempengaruhi pasang surut air laut.

Tanpa adanya bulan, maka gelombang hanya akan mencapai 40%. Bahkan siklusnya juga akan jarang terjadi. Peran bulan memang sangat penting bagi Bumi.

Rotasi Bumi Lebih Cepat

Hal lain yang akan terjadi jika bulan tak lagi mendampingi Bumi yaitu mempercepat rotasi Bumi. Pasalnya, Bumi sudah tak lagi terpengaruh tarikan gravitasi bulan.

Rotasi Bumi yang lebih cepat dari biasanya menyebabkan angin yang berhembus di permukaan Bumi menjadi lebih kencang.

Tak Ada Gerhana Bulan dan Matahari

Seperti yang diketahui, gerhana bulan dan matahari melibatkan bulan di dalamnya. Maka dari itu, tanpa adanya bulan, kita tak akan bisa lagi melihat fenomena gerhana.

Penampakan gerhana yang masih bisa dilihat tanpa adanya bulan yaitu gerhana Venus. Hanya saja, gerhana Venus tak akan terjadi sampai tahun 2117 mendatang.

Lebih Sering Dihujani Meteor

Jika Bumi tanpa bulan, maka planet yang kita tinggali ini juga akan lebih sering dihujani meteor. Hal ini dikarenakan tak ada lagi gravitasi bulan yang menarik benda luar angkasa yang melintas di dekat Bumi.

Batuan yang ada di luar angkasa tersebut pun tertarik oleh gravitasi Bumi. Jika ukurannya kecil, maka batuan tersebut akan terbakar di atmosfer Bumi.

Berbeda halnya jika ukuran batuan cukup besar, maka akan jatuh ke permukaan Bumi. Hantaman meteor tersebut menciptakan lubang-lubang kawah di permukaan Bumi.

Apabila hantaman terus menerus terjadi, maka Bumi tak lagi aman untuk ditinggali. Oleh karena itu, jika Bumi tanpa bulan bisa dibayangkan mengerikannya. Sebeb bulan sangatlah penting dalam mendukung kelangsungan hidup di Bumi.

Meningkatkan Populasi Binatang Bermata Tajam

Seperti yang diketahui, bulan menjadi penerang di malam hari dan secara langsung bisa mempengaruhi proses adaptasi binatang.

Dikarenakan tanpa bulan, maka langit malam akan semakin gelap. Dengan demikian, tak sedikit binatang yang berevolusi untuk mempertajam penglihatan.

Dengan tingkat penglihatan yang semakin tajam, maka aktivitas binatang tetap bisa dilakukan secara baik di malam hari, tak terkecuali mencari makan.

Merkurius Keluar dari Orbitnya

Dampak lain yang ditimbulkan jika Bumi tanpa bulan yaitu planet Merkurius dapat keluar dari orbitnya sebagaimana yang dialami Pluto pada tahun 2006 silam.

Seperti yang diketahui, sejak tahun tersebut, Pluto tak lagi dianggap sebagai planet. Hal tersebut kemungkinan juga akan dialami Merkurius jika tak ada bulan.

Merkurius bisa tetap ada di jalur orbitnya karena dipengaruhi oleh gravitasi bulan dan Bumi. Dengan demikian, hilangnya gravitasi bulan bisa membuat Merkurius menabrak benda angkasa yang ada di sekitarnya, termasuk planet-planet lain.

Kesulitan Dalam Mempelajari Asteroid

Jika Bumi tanpa bulan, para ilmuwan juga akan mengalami kesulitan dalam mempelajari asteroid. Perlu untuk anda ketahui, bulan menjadi tempat terbaik dalam mempelajari asteroid.

Tanpa adanya bulan, maka ilmuwan harus berpikir lebih keras lagi dalam mengenal asteroid. Bulan dan asteroid itu sendiri memiliki struktur dan batuan penyusun yang sama.

Tak bisa dipungkiri bahwa bulan memiliki peranan yang sangat penting bagi Bumi. Jika Bumi tanpa bulan, maka kehidupan akan berubah drastis sebagaimana dampak yang diperkirakan oleh para ilmuwan di atas. (R10/HR-Online)

- Advertisment -