Karena Lalai, 1,5 Hektar Lahan di Kota Banjar Hangus Terbakar

lahan di Kota Banjar
Kebakaran lahan perkebunan bambu dan pohon jati milik warga di Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Kamis (31/10/2019). Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Seluas 1,5 lahan perkebunan bambu dan jati milik warga yang berada di Dusun Priagung, RT 11 RW 04, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat terbakar, Kamis (31/10/19).

Berdasarkan informasi yang diterima HR Online, kebakaran diketahui oleh warga sekitar pukul 12.00 WIB. Warga kemudian beramai-ramai membawa air menggunakan ember untuk memadamkan api.

Kepala Dusun Priagung, Heri Kuswanto, mengatakan, lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan milik beberapa warga yang ditanami pohon jati dan bambu.

“Kejadiannya tadi siang, kami sudah langsung berkoordinasi dengan tim BPBD dan langsung ditangani,” tutur Heri kepada HR Online.

Sementara itu, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) UPTD Pemadam kebakaran Kota Banjar, Aam Amijaya mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima BPBD, kebakaran terjadi sekitar pukul 12.00 WIB.

“Setelah itu Tim Damkar langsung menerjunkan satu unit mobil pemadam ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api. Perkiraan lahan sekitar 1,5 hektar yang terdampak kebakaran,” kata Aam.

Dugaan sementara, lanjut Aam, kebakaran terjadi akibat kelalaian warga yang membakar sampah kemudian ditinggalkan.

“Alhamdulillah, setelah hampir satu jam dibantu pihak kepolisian, Babinsa, Siskomas dan warga, kebakaran berhasil dipadamkan,” kata Aam.

Aam menambahkan, untuk mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan karena sering terjadinya kebakaran lahan di Kota Banjar akhir-akhir ini, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan semua pihak untuk mengingatkan warga.

“Untuk kewaspadaan sudah dua minggu yang lalu kami kirimkan surat kepada pihak-pihak terkait yang isinya imbauan kepada warga,” kata Aam.

Dia mengingatkan kepada warga masyarakat agar berhati-hati terhadap pemicu terjadinya kebakaran.

“Jangan sembarangan membakar sampah dan hindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran,” imbaunya. (Muhlisin/R7/HR-Online)