Kawasaki Z Supercharger Bakal Melenggang di TMS 2019, Begini Spesifikasinya

Kawasaki Z Supercharger
Kawasaki Z Supercharger. Foto: Istimewa/cycleworld.com

Kawasaki Z Supercharger dikabarkan akan melenggang dalam ajang Tokyo Motor Show 2019 pada bulan ini. Motor ini rencananya akan diperkenalkan bersamaan dengan Kawasaki Ninja ZX-25 R pada 23 Oktober mendatang.

Seolah mendukung kabar tersebut, kanal media sosial Kawasaki Motors mengunggah tayangan video terkait sejumlah detail motor terbarunya tersebut.

Dari video tersebut, sekilas bisa diketahui bahwa spesifikasi dan fitur yang dibawa motor Z Supercharger benar-benar memukau. Anda pun jangan sampai melewatkan untuk mengetahui detail spesifikasi yang diusungnya.

Spesifikasi Kawasaki Z Supercharger

Motor baru Z Supercharger didukung dengan bentangan layar yang berteknologi TFT. Dengan teknologi canggih, layarnya akan menampilkan informasi secara detail sesuai dengan mode berkendara.

Di bagian mesinnya, motor Z Supercharger didukung dengan mesin empat DOHC yang memiliki 16 katup dan mengusung kapasitas 998 cc.

Dapur pacu Kawasaki Z Supercharger ini ditenagai oleh mesin supercharger yang tangguh. Berkat mesin tersebut, Z Supercharger bisa mengeluarkan tenaga sampai 231 Hp dan torsi maksimal 140,4 Nm.

Dari dapur pacunya, seolah mengingatkan kita dengan motor Kawasaki Ninja H2. Bahkan tak sedikit pecinta otomotif yang menyebutnya sebagai produk turunan dari superbike tersebut.

Semakin mirip dengan Kawasaki Ninja H2 karena video berdurasi 18 detik tersebut juga memperlihatkan emblem River Mark di bagian atas Z Supercharger.

Seperti yang diketahui, elemen tersebut adalah logo khusus sekaligus ikonik Kawasaki sejak dulu yang juga bisa ditemukan pada motor Kawasaki Ninja H2.

Untuk desainnya, motor Kawasaki Z Supercharger dibalut dengan rangka teralis yang warnanya hijau. Kemungkinan hal tersebut juga diadopsi dari motor Kawasaki Ninja H2.

Desain yang dibawa Z Supercharger memang terkesan gahar. Terlebih dengan adanya garis-garis tegas yang ada di seluruh bagiannya.

Selanjutnya untuk bagian suspensinya, motor Z Supercharger dipersenjatai dengan suspensi upside down di bagian depannya. Kemudian ada suspensi mono shock pada bagian belakangnya.

Untuk sektor pengeremannya, Z Supercharger dilengkapi dengan ban Bridgestone RS11 yang tak lain adalah perangkat pengereman baru dari Brembo.

Fitur Z Supercharger

Dukungan spesifikasi motor Z Supercharger semakin mumpuni karena ditenagai dengan fitur yang lengkap, salah satunya KTRC (Kawasaki Traction Control). Berkat fitur ini, anda bisa berkendara secara aman dan nyaman.

Selain itu, Z Supercharger juga didukung dengan sistem rem ABS (Anti-lock Braking System) dan sistem penerangan dual headlamp.

Sekilas Z Supercharger ini mirip dengan Kawasaki Z1000. Hanya saja, Kawasaki Z Supercharger memiliki mata yang lebih besar jika dicermati siluetnya.

Untuk kaki-kakinya, Z Supercharger direncanakan akan membawa fork depan USD (Up-side Down) yang memiliki diameter 43 mm.

Motor ini juga akan dibekali dengan pengaturan rebound, piggyback reservoir, preload compression damping, hingga top-out yang berkualitas.

Tak hanya itu, Z Supercharger ini juga dilengkapi dengan air-scoop yang berperan penting sebagai pendingin mesin. Dengan demikian, motor Z Supercharger tak akan mudah overheat saat digunakan untuk berkendara jarak jauh.

Fitur canggih ini masih didukung dengan beragam fitur lainnya. Sebut saja quickshifter dan launch control. Tak bisa dipungkiri bahwa Z Supercharger termasuk motor yang kaya akan fitur.

Dari spesifikasi dan fitur yang dibawanya, Kawasaki Z Supercharger termasuk varian motor Z yang memiliki performa tinggi. Hadirnya motor ini juga menambah jajaran model Z-series yang beredar di pasaran. Sebut saja Z650, Z900 dan Z1000.

Harga Z Supercharger

Dengan mengusung spesifikasi yang tangguh, motor Z Supercharger ini bisa menjadi salah satu pilihan kendaraan favorit anda.

Dalam mengendarainya, anda bisa rasakan sendiri bahwa Z Supercharger ini terkesan lebih berotot dan agresif. Motor ini memiliki posisi berkendara menunduk seperti halnya motor balap.

Penampilan anda saat mengendarai motor Z Supercharger ini pun pastinya keren. Dijamin anda akan merasa lebih percaya diri selama mengendarainya.

Soal harga, hingga kini belum diketahui harga resmi dari Z Supercharger. Namun kemungkinan besar harganya tak berbeda jauh dari Kawasaki Ninja H2.

Diketahui, motor Kawasaki Ninja H2 itu sendiri dibanderol Rp 666 juta per unit. Dari sini, anda bisa memperkirakan sendiri berapa besarnya harga yang mungkin saja akan diusung Kawasaki Z Supercharger nantinya. (R10/HR-Online)