Kebiasaan Sepele di Malam Hari Ini Bantu Perut Buncit Jadi Rata

perut buncit jadi rata
Ilustrasi perut buncit. Foto: Istimewa/Net

Perut buncit jadi rata bukan perkara mudah untuk dilakukan. Perlu latihan-latihan fisik yang keras dan menjaga pola makan.

Namun, tak selamanya latihan fisik dan diet ketat menghasilkan perut langsing. Jika dilakukan secara sporadis atau tanpa aturan, bukan tidak mungkin malah membuat kesehatan Anda menurun.

Selain latihan fisik dan diet, gaya hidup juga berpengaruh terhadap kesehatan, termasuk salah satunya perut buncit.

Selain olahraga berat dan diet ketat, beberapa kebiasaan sepele ternyata bisa dijadikan cara mengecilkan perut buncit sehingga jadi langsing dan rata.

Agar perut buncit jadi rata, ada beberapa kebiasaan di malam hari yang bisa Anda lakukan. Kebiasaan ini cukup sepele tapi bisa membantu sebagai salah satu cara mengecilkan perut buncit.

Seperti dilansir dari laman Live Healthy, berikut kebiasan di malam hari yang bisa membuat perut buncit jadi rata:

Tidur dalam Ruangan Gelap Bantu Kecilkan Perut

Kebiasaan sepele ini dapat membantu Anda menurunkan lemak lho. Jika lampu terang saat Anda tidur, hal ini berakibat hilangnya ritme sirkadian alami pada tubuh, jika hal itu terjadi, maka kortisol akan melonjak.

Apa itu kartisol? Kartisol adalah kadar hormon stress yang erat kaitannya dengan meningkatnya lemak pada perut.

Kartisol disebut para ahli sebagai hormon yang mampu meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan kadar lemak dalam tubuh.

Mematikan lampu ruang kamar saat Anda tidur, bisa membantu Anda mengecilkan perut buncit. Karena hormon stress Anda akan tetap rendah.

Selain perut buncit jadi rata, sudah dipastikan tagihan listrik Anda akan menipis. Bonus asyik bukan?

Tidak Minum Minuman yang Mengandung Gula

Jika ingin perut buncit jadi rata, maka Anda perlu menjauhi minuman yang mengandung gula. Minuman beralkohol merupakan salah satu minuman yang mengandung gula yang bisa membuat lemak menumpuk pada perut

Hal itu dikuatkan dengan penelitian yang dilakukan Berkeley University Health Services. Penelitian tersebut cukup memberi peringatan jika minuman yang mengandung gula dalam minuman soda, misalnya, dapat menambah lemak pada perut.

Apalagi jika Anda meminumnya pada malam hari. Saat tidur pulas, gula dalam minuman bersoda yang Anda minum akan menumpuk menjadi lemak pada perut. Kebuncitan pun tak bisa dihindarkan.

Solusinya, Anda bisa menukarnya dengan minuman tanpa gula, atau minuman yang rendah kalori. Air dengan perasan lemon tanpa gula cukup untuk menggantikan minuman yang mengandung gula.

Anda juga bisa mencoba minum teh hijau. Menurut University of Maryland Medical Center, the hijau tanpa kafein ampuh membakar lemak dalam tubuh.

Pilih Makanan Berserat Agar Perut Buncit Jadi Rata

Makan malam digadang-gadang jadi salah satu penyebab perut buncit. Namun, jika Anda terpaksa harus makan malam, maka cukup tambahkan menu makan yang kaya akan serat dalam hidangan Anda.

Walaupun Anda makan malam, namun dengan makanan kaya serat, perut langsing bisa tetap Anda miliki. Selain itu, makan buah-buahan kaya serat di malam hari juga sangat disarankan sebagai cara mengecilkan perut secara alami.

Salah satu cara mengecilkan perut dengan cepat adalah banyak mengonsumsi makanan berserat. Anda bisa memulainya setiap makan malam.

Cobalah Konsumsi Cuka

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 2009 menyebutkan, orang yang biasa mengonsumsi cuka sebanyak 15-30 ml setiap harinya akan memiliki perut yang langsing, jika dibandingkan dengan mereka yang diet rutin tapi tanpa mengonsumsi cuka.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ‘Bioscience, Biotechnology, dan Biokimia’ ini juga menyebutkan konsumsi cuka pada malam hari bisa jadi cara mengecilkan perut dengan cepat.

Selain itu, disebutkan dalam jurnal tersebut asam asetat yang terkandung dalam cuka membantu hati membakar lemak dengan lebih efisien.

Anda bisa mencampurkan satu sendok cuka dalam segelas air, lalu minum setiap malam. Bisa juga mencampurkan cuka dalam salad untuk makan malam sebagai salah satu cara mengecilkan perut secara alami.

Tidur yang Cukup pada Malam Hari

Tidur cukup pada malam hari nyatanya membantu perut buncit jadi rata. Jika Anda tidurnya kurang dari 5 jam dalam semalam, maka yang terjadi adalah kenaikan lemak perut sebesar 32% hanya dalam waktu lima tahun.

Jika Anda terbiasa tidur larut dan kurang dari 5 jam setiap malamnya, maka jangan heran dalam waktu 5 tahun saja, perut Anda sudah menggelembung penuh dengan lemak.

Berbeda jika Anda tidur cukup, setidaknya minimal 5 jam setiap malam. Dalam studi disebutkan kebiasaan tersebut hanya meningkatkan lemak perut sebesar 13 persen saja.  

Itulah kebiasaan sepele di malam hari yang bisa membantu perut buncit jadi rata. Cukup mudah bukan? Jadikan sebagai gaya hidup, tunjang dengan olahraga dan jaga pola makan, bisa jadi cara mengecilkan perut dengan cepat. (Ndu/R7/HR-Online)