Kecanduan Rokok Bisa Hilang dengan Makanan Ini, Coba Saja

Kecanduan Rokok Bisa Hilang dengan Makanan Ini
Makanan dan minuman yang bisa menghilangkan kecanduan rokok. Foto : net/ist

Kecanduan rokok memang sangat sulit dihilangkan. Untuk menghilangkannya, selain niat dari dalam diri sendiri juga dibarengi dengan usaha yang sungguh-sungguh. Usaha menghilangkan kecanduan ini bisa dengan olahraga, meditasi, mengunyah permen karet atau lain sebagainya.

Seperti kita tahu bahwa di dalam rokok ini terkandung zat adiktif, yang bisa menjadikan si perokok ini tidak mudah untuk berhenti dari godaannya.

Akan tetapi jika Anda memang memiliki tekad untuk menghilangkan kecanduan rokok ini, ada cara yang paling mudah yaitu dengan mengkonsumsi makanan atau minuman. Asalkan makanan atau minuman tersebut tidak mengandung kafein serta daging, yang malah bisa menjadikan perokok aktif menjadi sangat berselera.

Apa saja makanan dan minuman tersebut? Berikut ini daftarnya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Makanan Penghilang Kecanduan Rokok

1. Makanan mengandung vitamin C

Untuk Anda perokok berat memang sangat sulit untuk mengusir rokok dari hadapan wajah. Meski beberapa kali sudah melakukan olahraga, meditasi bahkan mengunyah permen karet, tetap saja kecanduan itu sulit dihilangkan.

Jika cara di atas belum mempan, bisa dengan cara lainnya yaitu dengan memakan makanan yang banyak mengandung vitamin C. Makanan tersebut bisa jeruk, delima kismis hitam, lemon dan sebagainya.

Menurut para ahli kesehatan, merokok yang sudah menjadi kebiasaan ini bisa mengurangi “stok” vitamin C pada tubuh, dan menukarnya dengan elemen lainnya yang bersumber dari nikotin.

Untuk itu, bagi yang kencanduan rokok bisa menambahkan cadangan vitamin C tersebut dengan banyak memakan buah-buahan yang disebutkan tadi. Sehingga ketergantungan nikotin ini bisa disingkirkan perlahan-lahan.

2 Perbanyak makan sayuran

Kecanduan rokok juga bisa hilang dengan mengonsumsi makanan sayuran, diantaranya seledri, brokoli, wortel, timun serta terong.

Dengan memakan sayuran tersebut, bukan hanya hanya menambah nutrisi namun juga cita rasa rokok menjadi tidak enak. Sehingga dengan otomatis kebiasaan merokok perlahan-lahan menjadi hilang.

Memang sebagai gantinya dari rokok banyak yang beralih dengan memakan cemilan. Namun untuk mengurangi cemilan tersebut, maka Anda bisa mengudap batang dari sayuran seledri, atau apabila tidak doyan seledri dapat menggantinya dengan wortel .

Selain itu, kecanduan rokok juga bisa berangsur hilang jika memakan sayuran hijau seperti brokoli. Di dalam brokoli ini memiliki kandungan yang bisa menimalisir resiko terkena kanker paru-paru.

Pasalnya, di dalam brokoli ini terkandung zat sulforaphane, yang dipercaya bisa menambah aktivitas gen NRF2, serta menjaga paru-paru agar tidak rusak oleh nikotin yang ada di dalam rokok.

Akan tetapi, harus diingat bahwa jangan sampai terlalu banyak mengonsumsi sayuran manis, karena bisa “memancing” wilayah otak yang bertanggungjawab terhadap rasa senang dan kepuasan.

Minuman untuk Menghilangkan Kebiasaan Merokok

1. Susu

Sementara untuk minuman yang bisa menghilangkan kecanduan rokok yang pertama adalah susu. Jika nikotin dan alkohol bisa menambah cita rasa rokok menjadi enak, maka susu ini kebalikannya yaitu rokoknya menjadi terasa pahit.

Hal tersebut sudah dibuktikan untuk mereka perokok aktif, ketika minum susu maka cita rasa serta kepuasan rokoknya akan berkurang. Sehingga cara ini paling ampuh untuk menghilangkan kecanduan rokok.

Susu bisa menjadikan perokok aktif hilang selera sudah dibuktikan oleh para peneliti, bahkan dipublikasikan di jurnal Nicotine and Tobacco Research.

Dalam penelitian itu melibatkan 209 responden yang merupakan perokok aktif. Hasil dari penelitian tersebut, mereka yang enggan merokok lagi karena cita rasa rokoknya menjadi tidak enak, 19 persen responden dari susu atau sejenisnya baik yogurt atau keju.

Sedangkan untuk sayuran serta buha-buahan sebanyak 16 persen yang mengatakan rokok menjadi tidak enak, dan 14 persen dari minuman selain kafein, seperti minum air putih dan jus buah-buahan.

Sementara untuk minuman yang menambah rasa rokok menjadi nikmat dan puas adalah alkohol dengan 44 persen. Kemudian daging sebanyak 11 persen dan sisanya kopi, cola serta teh.

Selain makanan di atas, mengomsi makanan yang kaya akan kandungan garam juga bisa menghilangkan kecanduan rokok. Makanan tersebut diantaranya popcorn, kripik, dan lainnya.

Bahkan, permen karet bebas gula juga bisa menjadi alternatif menghilangkan kebiasan merokok. Dengan sibuknya mengunyah permen karet ini, maka Anda akan lupa keinginan untuk merokok.

Bisa juga dengan memakan atau minum olahah ginseng yang merupakan khas Korea Selatan ini. Karena, di dalam ginseng ini ada eleman yang bisa mencegah memberikan efek senang ketika merokok.

Jadi jika ingin kecanduan rokok hilang, maka minumlah ginseng seminggu sekali. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...
Loading...