Kekeringan di Pangandaran, Tagana Salurkan 2,4 Juta Liter Air Bersih

Kekeringan di Pangandaran
Tagana Pangandaran menyalurkan air bersih kepada warga terdampak kekeringan di Desa/Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, Senin (28/10/2019). Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kekeringan akibat kemarau panjang saat ini hampir merata di berbagai daerah, termasuk salah satunya kekeringan di Pangandaran, Jawa Barat.

Nana Suryana, anggota Tagana Kabupaten Pangandaran, mengatakan, pihaknya saat ini sudah empat bulan menyalurkan bantuan air bersih untuk warga yang dilanda kekeringan. 

“Dalam kurun waktu empat bulan ini, kami sudah menyalurkan 2,4 juta liter air bersih yang dibagikan kepada warga Pangandaran,” ungkap Nana kepada HR Online, Minggu (28/10/2019).

Kata Nana, khusus untuk daerah pelosok Pangandaran yang jaraknya jauh dari pusat kota, pengiriman air bersih bisa menempuh waktu 4 sampai 5 jam.

“Air bersih yang kami berikan kepada warga yang membutuhkan, berasal dari PDAM Parigi, setiap pengiriman air bersih di atas rata rata satu tangki dengan kapasitas 25 ribu liter air bersih,” terangnya.

Menurutnya, sampai hari ini penyaluran air bersih oleh Tagana Kabupaten Pangandaran masih terus dilakukan.

“Hari ini, kami dari Tagana Pangandaran mengirimkan satu tangki air bersih atau setara 25 ribu liter diberikan kepada warga di Dusun Poris, Desa/Kecamatan Mangunjaya,” kata Nana.

Nana berharap distribusi air bersih yang dilakukan Tagana Pangandaran bermanfaat utuk warga yang memang membutuhkan air bersih.

“Hari ini warga sangat antusias saat kedatangan mobil tangki air Tagana, untuk kelancaran penyaluran air bersih warga juga rela antri mengisi air ke wadah yang mereka bawa dari rumah,” katanya.

Penyaluran air bersih, menurut Nana, tidak hanya dilakukan oleh Tagana Pangandaran saja.

“Setahu kami, BPBD Pangandaran juga memberikan bantuan air bersih untuk warga yang kekeringan di Pangandaran ini,” pungkasnya. (Entang/R7/HR-Online)