Kendaraan Dinas Telat Bayar Pajak, BPKD Ciamis: Sikendis Manis Valid dan Update

Sikendis Manis
Informasi terkait kendaraan dinas di lingkungan Pemkab Ciamis via Sikendis Manis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com), – Layanan Sikendis Manis atau Sistem Informasi Kendaraan Dinas Mantap dan Dinamis, mendapat perhatian masyarakat setelah terpantau dalam layanan tersebut, sejumlah mobil dinas di lingkungan Pemkab Ciamis tercatat ‘Terlambat Bayar Pajak’.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) H Soekiman, menegaskan data dalam layanan Sikendis Manis sudah valid dan selalu update.

“Aplikasi Sikendis ini memang kami luncurkan dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, sehingga masyarakat tahu informasi segala sesuatu terkait kendaraan dinas di lingkungan pemerintah kabupaten Ciamis,” terang Soekiman kepada HR Online, Kamis (10/9/2019).

Soekiman menjelaskan, manfaat layanan Sikendis adalah mempercepat pelayanan publik yang mudah diakses kapanpun dan dimanapun.

“Sehingga tahu siapa pemakai, siapa penanggung jawabnya, masa pajak STNK dan kontak pengaduannya ke mana,” katanya.  

Layanan Sikendis menurutnya sangat mudah diakses siapapun, sehingga ada transparansi kepada masyarakat.

“Masyarakat tinggal masuk ke Google dan sudah bisa langsung akses layanan Sikendis ini,” terang Soekiman seraya memperlihatkan akses ke Sikendis melalui bit.ly/sikendis.  

Dia menambahkan, apabila ada kendaraan yang tercatat belum membayar pajak, maka dilihat siapa penanggung jawabnya.

“Penanggungjawabnya atau pemiliknya itu ada di SKPD masing-masing, apabila belum bayar pajak, maka kami lakukan koordinasi untuk menginformasikannya,” katanya.

Selain sebagai upaya transparansi publik, kata dia, Sikendis Manis juga memiliki manfaat bagi pimpinan.

“Manfaat bagi pimpinan yaitu merupakan alat control pengawasan dan pengendalian terhadap pemakai kendaraan dinas,” ucapnya.

Berita Terkait: Sikendis Manis: Mobil Dinas di Lingkungan Pemkab Ciamis Telat Bayar Pajak

Sementara itu, pemberitaan sebelumnya, HMI Ciamis menyoroti sejumlah kendaraan dinas di lingkungan Pemkab Ciamis yang tercatat dalam layanan Sikendis Manis belum membayar pajak.

Salah satunya kendaraan dinas yang digunakan Bupati Ciamis, dengan nomor polisi Z 1 T. Dalam Sikendis Manis, tercatat tanggal bayar pajak 23 Juli 2019 dan terdapat keterangan ‘Terlambat Bayar Pajak”.

Sampai berita ini diunggah, pada layanan Sikendis Manis yang diakses Kamis (10/10/2019) pukul 21.44 WIB, status mobil dinas Bupati Ciamis itu tidak berubah, yakni ‘Terlambat Bayar Pajak’. (Fahmi/R7/HR-Online)