Sebelum Pilih Keramik Lantai Rumah Minimalis, Perhatikan Ini Dulu

keramik lantai rumah minimalis
Foto: Istimewa/Net

Bagi Anda yang ingin membangun rumah, salah satu kesulitan yang dihadapi adalah memilih keramik lantai rumah minimalis. Jika tak benar-benar diperhatikan, bisa jadi rumah yang Anda bangun mempunyai lantai keramik yang terkesan berlebihan.

Pemilihan keramik merupakan aspek yang sangat penting yang dapat menghidupkan suasana rumah minimalis Anda, sehingga terkesan simpel namun tetap mewah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba dalam memilih lantai yang tepat untuk rumah minimalis.

Perhatikan Permukaan Lantai

Pada saat memilih keramik, Anda juga harus memperhatikan permukaan lantai yang nantinya akan Anda aplikasikan ke dalam satu ruangan. Misalnya, untuk kamar mandi, sebaiknya Anda memilih jenis keramik dengan permukaan agak kasar agar tidak licin.

Perhatikan Ukuran Keramik

Tips memilih lantai yang tepat untuk rumah minimalis adalah dengan memperhatikan ukuran keramik yang akan Anda gunakan. Pilihlah keramik yang ukurannya seimbang dengan rumah Anda. Adanya keseimbangan antara ukuran keramik dan rumah akan menjadikan suasana rumah lebih nyaman untuk ditempati.

Anda harus benar-benar cermat melihat ukuran keramik yang akan dibeli. Jika ruangannya tergolong kecil, maka pilihlah keramik dengan ukuran standar saja agar keseimbangan keramik lantai rumah minimalis dengan desainnya tetap terjaga.

Hindari penggunaan keramik yang berukuran besar untuk desain rumah minimalis. Peggunaan keramik berukuran besar hanya akan membuat ruangan terlihat aneh dan yang pasti tidak matching.

Pertimbangkan Bahan

Tips memilih lantai yang tepat untuk rumah minimalis selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan bahan yang digunakan dalam pembuatan keramik. Hal ini untuk melihat daya tahan keramik yang akan Anda pakai agar dapat berfungsi untuk jangka waktu yang lama.

Selain itu, bahan atau material keramik lantai rumah minimalis ternyata juga akan mempengaruhi perawatannya. Dengan mengetahui bahan keramik, Anda akan tahu bagaimana merawat keramik tersebut dengan baik nantinya.

Anda dapat meminta sample terlebih dulu pada toko bangunan pilihan Anda. Perhatikan bahan baku sample keramik tersebut, apakah terlihat kokoh atau justru sebaliknya.

Meskipun demikian, kadang kala sample dibuat lebih baik dibandingkan produk aslinya. Untuk itulah, Anda tetap harus waspada dan responsif  ketika mencermati sample keramik tersebut.

Sebaiknya Anda membuat kesepakatan dengan penjual untuk mengantisipasi kemungkinan produk keramik yang akan dibeli tak sesuai dengan kondisi sample tersebut. Dengan demikian Anda dapat meminta ganti ketika kulitas keramik lantai rumah minimalis yang Anda dibeli tak sesuai sample produknya.

Pertimbangkan Warna

Warna keramik menjadi satu hal yang harus Anda pertimbangkan. Ada beragam warna keramik yang dapat Anda jumpai di pasaran.

Anda harus memilih satu dari sekian banyak warna keramik yang sesuai dengan rumah minimalis. Dengan warna keramik yang tepat, diharapkan kesan minimalis akan semakin menonjol. 

Penentuan warna keramik lantai rumah minimalis bisa dilakukan dengan memperhatikan warna cat dinding dan juga furniture yang ada.

Perpaduan antara warna keramik, warna cat dinding, dan juga furniture yang ada akan memunculkan sebuah keindahan tersendiri bagi rumah minimalis yang Anda miliki.

Namun jika Anda tak ingin rumah minimalis tersebut tampak monoton, Anda juga dapat mencoba memakai warna yang berbeda antara lantai dan dindingnya.

Pada prinsipnya boleh saja memakai warna keramik lantai rumah minimalis yang berbeda dengan dinding, namun jangan sampai warna lantai terlihat sangat kontras dengan warna dindingnya.

Untuk itu, pilih saja warna keramik yang terang namun lembut karena warna yang semacam ini sangat cocok untuk rumah minimalis.

Pertimbangkan Motif

Untuk memunculkan efek minimalis pada rumah Anda, pilihlah keramik yang motifnya sederhana. Anda dapat memakai keramik bermotif simple ini untuk ruang utama, kamar tidur, dan juga ruang makan.

Selain itu, untuk desain rumah minimalis, motif keramik yang seirama dengan warna dinding dan juga furniture sangat dianjurkan.

Anda juga harus menghindari penggunaan keramik lantai rumah minimalis dengan corak yang terlalu kompleks agar tidak mengurangi kesan minimalis pada rumah Anda.

Pilihlah Keramik Lantai Rumah Minimalis yang Sesuai dengan Kantong Anda

Terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah memilih keramik yang sesuai dengan kantong Anda. Sebelum membeli keramik yang akan Anda pasang pada rumah minimalis, sebaiknya pilihlah keramik yang sesuai dengan budget yang Anda miliki agar Anda dapat membeli seluruh keramik dalam satu waktu.

Demikianlah tips memilih keramik lantai rumah minimalis yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda! (R11/HR-Online)