Ketiga Kalinya, Kebakaran di Gunung Sangkur Kota Banjar Hanguskan 7 Hektar Lahan

Kebakaran di Gunung Sangkur
Kebakaran kembali terjadi di Gunung Sangkur, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Lahan perhutanan jati yang berada di kawasan Gunung Sangkur, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, kembali terbakar, Minggu (27/10/19).

Berdasarkan informasi yang dihimpun HR Online di lapangan kebakaran diketahui oleh warga sekitar pukul 14:00 WIB.

“Informasi yang kami terima kebakaran terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, kami langsung menerjunkan dua unit mobil pemadam ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api,” ujar Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kota Banjar, Aam Amijaya.

Lanjut Aam, perkiraan lahan yang terbakar di Gunung Sangkur sekitar 7 hektar. Pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut.

“Kami belum bisa memastikan, karena memang untuk kebakaran lahan itu ada beberapa kemungkinan bisa jadi dari bakar sampah ataupun sisa puntung rokok yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab,” katanya.

Pemadaman api selain dilakukan oleh petugas Damkar Kota Banjar, juga dibantu pihak kepolisian, Perhutani, dan warga sekitar.

“Alhamdulillah, setelah hampir satu jam dibantu pihak kepolisian, pihak perhutani dan warga, kebakaran bisa dipadamkan,” kata Aam.

Sementara itu, Kapolsek Pataruman, Iptu Cecep Edi Sulaiman, mengatakan, untuk mengantisipasi titik api agar tidak meluas, pihaknya bersama warga dan tim pemadam melokalisir ranting-ranting dan daun kering supaya kebakaran tidak merembet ke pemukiman warga.

Cecep mengimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

“Jangan sembarang membakar sampah dan hindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran,” imbaunya.

Selama Oktober, 3 Kali Terjadi Kebakaran di Gunung Sangkur Kota Banjar

Kebakaran di Gunung Sangkur, bukan kali ini saja terjadi. Tercatat selama bulan Oktober, hutan jati Gunung Sangkur sudah tiga kali terbakar, termasuk kebakaran yang terjadi hari ini.

Pertama, kebakaran terjadi pada Minggu malam, 6 Oktober 2019, lahan hutan jati milik Perhutani yang berada di kawasan Gunung Sangkur, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar itu dilaporkan terbakar.

Penyebab kebakaran diduga dari sisa pembakaran sampah yang dilakukan warga. Sementara akibat kebakaran ini diperkirakan areal hutan jati seluas kurang lebih 2 hektar hangus terbakar.

Kebakaran di Gunung Sangkur juga terjadi pada 19 Oktober 2019 lalu. Lahan hutan jati yang berada di kawasan Gunung Sangkur, tepatnya di Blok Panatasan, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Akibat kejadian tersebut diperkirakan lahan perhutanan jati seluas kurang lebih dua hektar hangus terbakar. (Muhlisin/R7/HR-Online)