Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita PangandaranKomunitas Penjual Baskoman di Pantai Timur Pangandaran Tawarkan Udang dan Ikan Segar

Komunitas Penjual Baskoman di Pantai Timur Pangandaran Tawarkan Udang dan Ikan Segar

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Para penjual ikan segar atau biasa disebut “penjual baskoman” bisa dengan mudah dijumpai di sepanjang jalan kawasan Pantai Timur Pangandaran, Jawa Barat.

Keberadaan penjual ikan segar yang menamakan diri sebagai Komunitas Penjual Baskoman itu setiap harinya menawarkan berbagai jenis ikan segar maupun udang, yang baru ditangkap para nelayan.

Seperti dikatakan Sugini, warga Pangandaran yang mencari nafkah sebagai penjual baskoman, mengaku kalau dirinya sudah puluhan tahun berjualan ikan segar menggunakan baskom di pinggir jalan kawasan Pantai Timur Pangandaran.

“Ikan-ikan yang saya jual setiap hari merupakan ikan segar yang baru ditangkap oleh para nelayan. Tapi yang lebih utamanya adalah menjual udang segar,” kata Sugini, kepada HR Online, Rabu (16/10/2019).

Hal serupa juga diungkapkan Darti, pedagang ikan segar baskoman lainnya yang biasa mangkal di jalan kawasan Pantai Timur. Dia menuturkan, ikan segar yang dijualnya beraneka ragam, tergantung musimnya.

“Mengenai harga tentunya bervariatif, tergantung jenis ikannya, karena masing-masing jenis ikan berbeda harganya. Soal harga, ikan segar yang saya jual dijamin tidak kemahalan dan disesuaikan dengan harga ikan di pasaran,” ungkap Darti.

Para penjual baskoman itu mengaku berpenghasilan cukup untuk menutupi kebutuhan keluarga sehari-hari. Jika musim libur dan Pangandaran sedang ramai dikunjungi para wisatawan, maka penghasilan mereka pun bisa meningkat dibandingkan dengan hari-hari biasa. (Ntang/R3/HR-Online)

- Advertisment -