Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisKrisis Air, Warga Pamarican Ciamis Bikin Kobong di Sungai Citalahab

Krisis Air, Warga Pamarican Ciamis Bikin Kobong di Sungai Citalahab

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dampak kekeringan yang terus meluas membuat puluhan warga di Dusun Lumbungsari, Desa Pamarican, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memanfaatkan air Sungai Citalahab untuk kebutuhan MCK (mandi, cuci dan kakus).

Pantauan HR di lapangan, beberapa kobong pemandian banyak berdiri di bawah Sungai Citalahab. Kobong tersebut digunakan warga untuk kebutuhan mandi cuci dan kakus.

Kepala Desa Pamarican, Endang Rahman (Bayo), membenarkan akan hal tersebut. Menurut dia, warganya sudah lama memanfaatkan sungai untuk kebutuhan MCK.

“Kasusnya sudah lama sih. Ya sejak disini kekurangan air bersih warga yang dekat dengan sungai pada membuat sumur untuk mandi dan cuci pakaian,” katanya, saat dihubungi HR Online, Senin (28/10/2019).

Menurut Endang Bayo, ada dua RT yang saat ini sudah memanfaatkan air di Sungai Citalahab.

“Yang dekat dengan sungai kan hanya dua RT. Mereka hampir semuanya memanfaatkan sungai. Namun untuk yang jauh dari sungai, mereka terpaksa harus mengangkut air menggunakan jerigen,” katanya.

Dengan kondisi seperti saat ini, kata Endang, pihaknya berharap agar Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui BPBD bisa mendistribusikan air bersih untuk warga setempat.

“Saat ini memang sudah di kirim air bersih oleh BPBD. Namun jika bisa usul ya minta ditambah lagi jumlah pendistribusiannya,” pungkasnya. (Suherman/R4/HR-Online)

- Advertisment -