Lagi! 5 Hektar Lahan Terbakar di Pangandaran

Kebakaran lahan di Pangandaran
Kebakaran lahan di Desa/Kecamatan Padaherang hanguskan 5 hektar lahan milik warga, Selasa (22/10/2019). Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kebakaran lahan di Pangandaran, Jawa Barat, kembali terjadi, kali ini lahan seluas 5 hektar di RT/RW 08 Dusun Sukarenah, Desa/Kecamatan Padaherang, hangus dilalap si jago merah, Selasa (22/10/2019) sekitar pukul 12.30 WIB.

Kebakaran lahan di Pangandaran ini pertama kali terlihat oleh warga sekitar yang menyaksikan kepulan asap di area hutan Blok Bunton, Dusun Sukarenah.

Warga kemudian melaporkannya kepada Kepala Dusun yang meneruskan laporan ke aparat Desa Handapherang, dilanjutkan ke Polsek Padaherang dan Koramil 1318 Padaherang.

AKP Edih Permana, Kapolsek Handapherang, mengatakan, laporan bermula dari Udi (37) yang mulai melihat api berkobar di lokasi kejadian.

“Awalnya warga memadamkan api dengan alat seadanya, namun api kembali terlihat di area lahan milik warga, sekitar pukul 13.00 WIB,” terangnya.

Dua unit Pemadam Kebakaran (Damkar) kemudian didatangkan hingga api benar-benar padam, namun lahan seluas 5 hektar terbakar sementara tidak ada korban jiwa pada kebakaran di Pangandaran ini.

“Kebakaran kemungkinan bermula dari puntung rokok orang yang sedang mencari kayu bakar, karena itu kami imbau agar warga tidak membuang puntung rokok sembaranga,” katanya.

Baca Juga: Diduga Sengaja Dibakar, 4 Hektar Lahan di Pangandaran Terbakar

Sementara, Pandu, salah satu relawan BPBD Kabupaten Pangandaran, mengatakan, dua mobil Damkar langsung meluncur ke lokasi guna memadamkan api.

“Kami sempat kesulitan, karena medan yang dilalui cukup sulit, namun kami berusaha semampunya, hingga api di lokasi berangsur padam,” katanya.

Pandu mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. “Kami masih menyelidiki penyebab kebakaran, masih dalam proses penyelidikan petugas,” katanya.

Sementara itu, kebakaran lahan di Pangandaran juga terjadi pada Selasa (15/10/2019) lalu. Seluas 4 hektar lahan milik warga di Blok Cipari, Desa Bojongsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, hangus.

“Kebakaran kebun milik warga di Blok Cipari, sedikitnya 4 hektar lahan terbakar,” kata AKP Edih Permana, Kapolsek Padaherang.

AKP Edih mengatakan, api yang menghanguskan 4 hektar lahan di Blok Cipari tersebut, diduga berasal dari puntong rokok yang dibuang sembarangan oleh warga yang lewat di lokasi. (Entang/R7/HR-Online)

Loading...
Loading...