Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBerita BanjarLahan Hutan Jati Gunung Sangkur Kota Banjar Kembali Terbakar

Lahan Hutan Jati Gunung Sangkur Kota Banjar Kembali Terbakar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Lahan hutan jati yang berada di kawasan Gunung Sangkur Blok Panatasan, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, terbakar, Sabtu (19/10/19).

Berdasarkan informasi yang dihimpun HR Online di lapangan, kebakaran diketahui oleh warga sekitar pukul 15:30 WIB.

Lokasi kebakaran yang berada di atas pegunungan menyulitkan tim pemadam menjangkau titik api. Bahkan mobil unit milik pemadam pun tak bisa menjangkau lokasi kebakaran yang jaraknya mencapai sekitar satu kilo meter.

Kepala UPTD Damkar Kota Banjar, Aam Amijaya, mengatakan, karena medan lokasi yang teramat sulit akhirnya pemadaman dilakukan dengan cara tradisional, yakni dengan memukul api dengan kayu dan bambu.

Setelah hampir satu jam berusaha memadamkan api, kata Aam, tim pemadam kebakaran Kota Banjar bersama pihak kepolisian dibantu oleh warga, akhirnya berhasil memadamkan api yang membakar lahan hutan jati Gunung Sangkur.

“Alhamdulillah sudah bisa diminimalisir api juga sudah mulai padam. Dan sudah ada pihak Perhutani yang terus memantau bersama pihak kepolisian. Kemungkinan api berasal dari sisa pembakaran dan puntung rokok yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab,” kata Aam.

Aam mengimbau kepada warga agar lebih berhati-hati terhadap hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Akibat kejadian tersebut diperkirakan lahan perhutanan jati seluas kurang lebih dua hektar hangus terbakar. (Muhlisin/R4/HR-Online)