Puluhan Anggota Linmas Banjarsari Ciamis Diberi Pelatihan Keamanan

Puluhan Anggota Linmas Banjarsari Ciamis Diberi Pemahaman
34 anggota Linmas se Desa Banjarsari, Kabupaten Ciamis, diberi mengikuti pelatihan dan bimbingan fungsi keamanan, di aula Kantor Desa Banjarsari, Jumat (11/10/2019). Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Puluhan Perlindungan Masyarakat (Linmas) se Desa Banjarsari, Kabupaten Ciamis, mengikuti pelatihan dan bimbingan fungsi keamanan. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Desa Banjarsari, Jumat (11/10/2019) itu, diikuti sekitar 34 anggota Perlindungan Masyarakat .

Pelatihan dengan tema “Sosialisasi pembinaan ketenteraman ketertiban dan perlindungan masyarakat skala lokal desa”, menghadirkan narasumber dari pihak kepolisian dan TNI, yang memberikan arahan serta pengetahuan tentang fungsi kerja Perlindungan Masyarakat.

“Tugas Linmas adalah memberikan perlindungi kepada masyarakat yang berada di lingkungan masing masing. Jadi, Linmas ini disebut garda terdepan dalam menjaga keamanan,” ujar Babinmas Desa Banjarsari, Aipda Siswanto di hadapan puluhan anggota Linmas.

Menurutnya, Linmas disebut garda terdepan, karena Linmas adalah aparat keamanan yang akan paling pertama mengamankan, ketika adanya tindakan yang mengancam keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Sehingga, lanjutnya, perlu adanya sebuah upaya peningkatan pengetahuan agar para anggota Linmas ini bisa bertugas dengan benar dan tanggung jawab.

Aipda Siswanto menambahkan, Linmas juga harus ada kontribusi dan mampu melakukan koordinasi, serta komunikasi dengan pihak aparat kepolisian dan TNI dalam menjalankan tugasnya.

“Misalnya, jika di suatu tempat terjadi adanya ancaman keamanan, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengamankan pelaku yang mengancam keamanan, serta menindaklanjuti dengan menghubungi pihak kepolisian dan TNI untuk soal penanganan hukum,” tuturnya.

Hal senada dikatakan pemateri lainnya, Babinsa Desa Banjarsari, Serka Marjan. Menurutnya, Linmas adalah sebuah satuan keamanan paling bawah yang mempunyai tanggung jawab besar soal masalah keamanan. 

“Karena itu, kita juga perlu memberikan pengertian, tata cara serta strategi terkait masalah penanganan keamanan,” ucapnya.

Serka Marjan menambahkan, para anggota Linmas sejatinya orang yang paling pertama terlibat jika ada sebuah kejadian di lingkungan.

“Maka dari itu, sangat perlu kiranya mereka ini mendapat perhatian, terutama di bidang keamanan. Kita juga mengharapkan agar menjadi garda paling depan dalam keamanan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Banjarsari, Ropik Hikmayana mengatakan, jika kegiatan pelatihan dan pembinaan ini merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilaksanakan di desanya. 

“Ini merupakan sebuah kegiatan rutin kami. Dimana kami selalu memberikan pembinaan kepada para Linmas dengan melibatkan narasumber dari aparat kepolisian dan TNI,” katanya.

Ropik menjelaskan, kegiatan ini tidak lain untuk menjaga kekompakan serta semangat para anggota Perlindungan Masyarakat, agar lebih giat dan mampu menjalankan tugas sebagai keamanan masyarakat, yang mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat.

Pantauan HR di lapangan, selain diberikan pengetahuan tentang hukum, juga diajarkan baris berbaris, serta tata cara penanganan keamanan saat terjadinya kerusuhan. (Suherman/R5/HR-Online)

Loading...