Makanan Penyebab Kanker Payudara, Yuk Cari Tahu di Sini!

Makanan Penyebab Kanker Payudara
Ilustrasi makanan berlemak. Foto: Istimewa

Makanan penyebab kanker payudara terdapat berbagai jenisnya. Mulai dari makanan mengandung lemak sampai makanan kalengan yang mengandung bahan pengawet. Namun, sebelum membahas makanan apa saja yang bisa timbulkan penyakit mematikan itu, terlebih dahulu kita bahas apa itu penyakit kanker payudara.

Kanker payudara merupakan pertumbuhan sel-sel abnormal pada bagian payudara yang terkadang terasa seperti benjolan. Benjolan atau lebih dikenal tumor ini akan membelah tanpa terkendali sehingga menghasilkan jaringan tambahan yang bersifat jinak atau ganas (bersifat kanker).

Jaringan abnormal bersifat kanker akan menyebar ke beberapa bagian seperti dalam payudara, kelenjar getah bening di  ketiak dan bagian tubuh lainnya. Perlu Anda ketahui, hingga saat ini penyebab kanker payudara masih belum diketahui secara pasti. Mungkin sebagian besar penderita mengakui jika itu terjadi karena faktor genetik.

Sebagian lain mengatakan jika hal ini disebabkan menstruasi yang terjadi di usia dini. Namun tahukah Anda jika ada beberapa jenis makanan penyebab kanker payudara yang nyatanya masih sering kali dikonsumsi para wanita hari ini dan bahkan sebagian besar orang masih belum tahu bahaya mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut.

Berdasarkan ilmu medis dan beberapa riset penelitian diketahui jika wanita berusia 40 tahun ke atas lebih mudah mengalami kanker payudara dibandingkan wanita berusia lebih muda. Namun, bukan berarti wanita muda bisa acuh terhadap kesehatan payudaranya ya.

Selain mengetahui makanan penyebab kanker payudara, Anda juga wajib tahu gejala-gejala apa saja yang ditimbulkan. Gejala yang biasanya dirasakan oleh para penderita bisa meliputi satu atau bahkan lebih.

Gejala Kanker Payudara yang Harus Diwaspadai

  • Benjolan pada payudara tanpa disertai rasa nyeri
  • Terjadi pendarahan atau keluarnya cairan abnormal dari puting
  • Timbul gatal-gatal dan ruam secara terus-menerus di sekitar puting payudara
  • Puting tertarik ke dalam
  • Kulit pada bagian payudara menjadi mengerut
  • Terjadi pembengkakan dan penebalan pada kulit payudara

Tidak hanya mewaspadai gejala dan melakukan penanganan saat gangguan kesehatan sudah timbul. Anda juga harus waspadai pemicu kerusakan DNA dan penyebab kanker payudara. Ada banyak ahli medis yang mengatakan jika gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi beberapa jenis makanan penyebab kanker payudara harus dihindari.

Lalu, sudahkah Anda tahu apa saja makanan tersebut? Faktanya ada banyak jenis makanan dan minuman yang dicurigai kuat menjadi penyebab utama sel kanker berkembang di payudara. Kebanyakan diantaranya merupakan sumber pangan yang tidak sehat.

Jenis Minuman dan Makanan Penyebab Kanker Payudara

Daging merah

Daging merah termasuk jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang cukup tinggi jika dibandingkan daging putih yang dimiliki unggas dan ikan. Tidak hanya membuat kadar kolesterol darah terus meningkat, mengonsumsi daging merah dalam jangka panjang juga menjadi penyebab obesitas dan salah satu faktor yang memicu pembentukan sel kanker.

Wanita yang kerap mengonsumsi makanan penyebab kanker payudara ini cenderung memiliki lemak berlebih dan cenderung memproduksi estrogen lebih banyak dari jumlah semestinya. Jumlah estrogen berlebihan menjadi indikasi pemicu pertumbuhan sel kanker.

Gula

Berikutnya, ada gula sebagai makanan yang disinyalir menyebabkan kanker payudara. Memang tidak langsung menyebabkan kanker, namun asupan gula berlebih menjadi pemicu kanker payudara melalui penambahan berat badan.

Dalam sebuah penelitian di BMJ diketahui jika makanan manis dengan kadar gula darah tinggi mampu mempengaruhi kerja insulin. Itu sebabnya gula masuk dalam daftar makanan penyebab kanker payudara.

Sebab, gangguan ini akan mengakibatkan resistensi  insulin, di mana tubuh tidak mampu merespons insulin sehingga semakin banyak jumlah glukosa yang masuk melalui pembuluh darah.

Proses ini akan membuat tubuh memproduksi hormon estrogen dan androgen dalam jumlah banyak dan membuat risiko terkena kanker payudara semakin meningkat.

Makanan yang dibakar

Makanan penyebab kanker payudara berikutnya ialah makanan yang dibakar. Membakar daging menggunakan suhu tinggi untuk waktu yang lama dikatakan akan membentuk senyawa heterocyclic amine (HCA) dan policyclic aromatic hydrocarbon (PAH) yang merupakan zat karsinogen pemicu pertumbuhan sel kanker.

Keduanya tidak langsung menyebabkan kanker, melainkan memberi dampak setelah membuat kerusakan pada DNA. Untuk membebaskan makanan dibakar dari jenis makanan penyebab kanker payudara, Anda bisa merebus atau mengukusnya terlebih dahulu.

Makanan kalengan

Makanan kalengan juga menjadi salah satu penyebab pertumbuhan sel kanker payudara. Sisi bagan kaleng biasanya dilapisi bisphenol-A yang merupakan bahan kimia perusak DNA tubuh manusia. Selain itu, makanan kalengan juga mengandung gula, garam dan pengawet yang banyak sehingga Anda harus menghindarinya.

Minimal Anda bisa mengonsumsi 1 makanan kaleng untuk 1 minggu untuk menghindari risiko terkena kanker  payudara. Mulailah hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat pula, serta katakan tidak pada semua jenis makanan penyebab kanker payudara. (R11/HR-Online)

Loading...
Loading...