Manfaat Air Mawar untuk Wajah Cantik, Gampang Bikinnya

Manfaat air mawar
Ilustrasi Bunga Mawar. Foto: Istimewa

Untuk memperoleh manfaat air mawar yang luar biasa anda tak perlu harus membeli mahal. Cara membuat air mawar cukup mudah dan juga murah.

Terlebih khasiatnya yang akan membuat anda takjub sendiri. Tak sedikit perusahaan kosmetik yang menggunakan bunga mawar dalam menghasilkan beragam jenis produk kecantikan. Hal ini karena kandungan mineral bunga ini yang sangat luar biasa.

Air sari mawar bukan hanya berguna untuk pengharum tubuh seperti banyak digunakan dalam produk kecantikan. Ada banyak khasiat air mawar yang telah digunakan para wanita bangsawan sejak abad pertengahan.

Sejumlah penelitian menemukan manfaat air mawar yang telah dipraktekkan para ratu dan permaisuri pemimpin dunia. Baik untuk berendam maupun perawatan muka agar selalu awet muda.

Tahapan Cara Membuat Air Mawar

Buat anda yang ingin tahu cara membuat air mawar bisa mencoba beberapa langkah yang akan diulas di bawah ini.

Berikut adalah cara membuat air mawar untuk kecantikan wajah:

  1. Sebelumnya pilih bunga mawar segar dan tidak layu. Anda bisa membelinya di pasar tradisional.
  2. Setelah itu cabuti atau ambil bagian kelopaknya saja.
  3. Selanjutnya siapkan panci dan isi dengan air dingin secukupnya.
  4. Masukkan kelopak bunga mawar ke dalam panci dan panaskan dengan api kecil saja hingga mendidih agar hasil dari manfaat air mawar maksimal.
  5. Setelah itu saring airnya dan tuangkan ke dalam botol dan untuk digunakan untuk perawatan muka. Anda juga bisa menggunakannya untuk mandi atau berendam.

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Lantas apa saja sih manfaat air mawar untuk wajah dan kulit? Yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Sari air mawar juga diketahui mengandung antioksidan yang berguna dalam proses regenerasi sel-sel kulit dan melindungi kulit dari radikal bebas dan paparan polutan.

Antioksidan yang terkandung dalam manfaat air mawar juga berguna meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit kulit. Sehingga kulit tubuh dan wajah pun akan terlihat lebih kencang dan lebih kenyal.

Membuat Wajah Lebih Cerah

Air mawar juga mengandung vitamin E dan A yang berguna dalam proses eksfoliasi kulit. Hal ini akan membuat kulit yang telah mati mengelupas secara alami dan membuat wajah terlihat lebih cerah dan bersinar.

Meredakan Iritasi Kulit

Manfaat air mawar lainnya dari sifat dingin dalam herbal ini yang berguna untuk meredakan peradangan yang terjadi pada iritasi kulit. Cara menggunakannya dengan mengusapkan air mawar pada kulit yang gatal dan iritasi.

Mengatasi Kemerahan Pada Kulit

Kulit wajah juga bisa terasa perih dan menjadi merah karena berbagai sebab. Baik karena gatal-gatal, terpapar matahari terlalu lama, ataupun tersiram air panas. Mengusapkan air mawar yang dingin akan meredakannya.

Mengatasi Luka Jerawat

Manfaat air mawar juga mengandung antiseptik yang berkhasiat untuk meredakan dan mengatasi jerawat. Selain membasmi bakteri penyebab jerawat, membasuh wajah dengan air mawar akan membantu menghaluskan wajah.

Melembabkan dan Mencerahkan Bibir

Manfaat air mawar untuk bibir juga cukup ampuh. Ini karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang berkhasiat mengatasi bibir pecah dan kusam. Kandungan vitamin E-nya juga ampuh membuat bibir lebih lembab.

Untuk menggunakannya cukup dengan mengusapkan air mawar pada wajah dan bibir sebelum tidur. Lakukan setiap hari dan lihatlah perubahan yang akan anda rasakan dan alami.

Demikianlah berbagai manfaat air mawar dan cara penggunaanya yang semoga bermanfaat untuk perawatan wajah dan kulit tubuh. Dengan perawatan rutin akan membuat anda selalu terlihat muda dan cantik. (R9/HR-Online)