Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita Terbaru5 Manfaat Alami Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan Anda

5 Manfaat Alami Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan Anda

Manfaat alami jamu beras kencur bisa dirasakan saat Anda mengkonsumsinya secara teratur. Manfaat jamu beras kencur sangat terkenal dan diburu oleh berbagai kalangan masyarakat. Jamu ini sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Tak heran, jamu ini selalu tersedia di penjual jamu tradisional. 

Manfaat yang didapat dari jamu beras kencur ini bermacam – macam. Penggunaan kencur dan campuran bahan alami membuat jamu ini sangat baik bagi kesehatan. Ada beberapa manfaat utama yang didapatkan saat Anda mengkonsumsinya secara teratur. 

Kenalan Yuk dengan Jamu Beras Kencur

Sebelum Anda mengetahui beberapa manfaat alami jamu beras kencur, ada baiknya untuk berkenalan dahulu dengan apa itu jamu beras kencur. Jamu beras kencur adalah salah satu minuman herbal yang alami dan menyehatkan tubuh Anda. Minuman ini termasuk kategori jamu herbal karena khasiatnya untuk meningkatkan nafsu makan. 

Jamu beras kencur menawarkan rasa manis dan segar sehingga menyegarkan tubuh Anda. Tentu saja, jamu ini juga aman dikonsumsi oleh anak – anak. Bahan pembuatan jamu ini adalah beras dan kencur. Kedua bahan tersebut mengandung banyak vitamin B yang bisa menstimulasi lambung untuk membuat rasa lapar. 

Bahan tambahan untuk membuat jamu beras kencur adalah gula kelapa atau gula merah dan juga asam jawa untuk menambah cita rasanya. Karena jamu ini memakai bahan utama beras kencur, maka ada beberapa manfaat alami jamu beras kencur itu sendiri. 

Manfaat jamu beras kencur didapat dari komponen senyawa alkaloid dan minyak atsiri. Beras kencur juga berguna untuk meningkatkan nafsu makan. Beras yang dipakai adalah beras merah atau coklat yang mengandung lebih banyak nutrisi bagi kesehatan tubuh Anda. 

Berbagai Manfaat Alami Jamu Beras Kencur 

Ada beberapa manfaat alami jamu beras kencur yang harus dipahami. Jamu tradisional ini sangat ampuh dan juga aman untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Manfaat dari jamu ini dipercaya untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan meningkatkan vitalitas tubuh Anda. 

Manfaat yang didapat dari jamu beras kencur ini adalah beberapa zat terkandung di dalam kencur itu sendiri. Sementara itu, bahan pelengkapnya seperti asam jawa dan beras juga mengandung komponen lengkap untuk menawarkan sejuta manfaat bagi kesehatan. 

Meningkatkan Nafsu Makan 

Mengkonsumsi jamu beras kencur biasanya karena nafsu makan yang turun. Tak heran jika banyak orang yang memilih manfaat alami jamu beras kencur ini sebagai penambah nafsu makan. Jamu ini sangat bermanfaat untuk dikonsumsi bagi dewasa dan anak – anak yang mempunyai tingkatan nafsu makan yang rendah. 

Mengkonsumsi jamu beras kencur secara teratur bisa meningkatkan nafsu makan bagi anak dan juga memelihara stamina tubuh. Kencur berguna untuk meningkatkan ketebalan dinding di dalam perut. Ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki riwayat maag. 

Meredakan Flu 

Manfaat alami jamu beras kencur lainnya adalah meredakan flu. Jamu ini menghasilkan efek hangat bagi tubuh. Efek hangat tersebut mampu mengatasi rasa mual dan meriang karena flu. Selain itu, jamu ini juga bisa mengatasi batuk yang menyertai flu. Adanya efek hangat juga mampu meredakan batuk dan sakit kepala. 

Meredakan Sariawan 

Tak hanya batuk dan flu saja, jamu beras kencur juga berguna untuk menyembuhkan sariawan. Kencur menawarkan sensasi hangat dan sifat anti bakteri di dalam kencur juga bisa mengatasi sariawan. Di dalam jamu beras kencur juga terkandung minyak atsiri untuk meluruhkan dahak dan membersihkan tenggorokan. 

Mencegah Kanker

Manfaat alami jamu beras kencur juga bisa dijadikan obat herbal yang ampuh untuk mencegah kanker. Kencur mengandung kandungan etil p metoksisinamat yang merupakan anti kanker.

Kandungan di dalam jamu ini mampu memperlambat proliferasi dari sel karsinoma hati. Tentu saja, ini mampu menghambat perkembangan kanker di dalam tubuh. 

Mengatasi Infeksi dan Diare

Manfaat alami jamu beras kencur lainnya adalah mengobati infeksi. Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan bakteri. Untuk meminimalkan serangan tersebut, Anda bisa mengkonsumsi jamu beras kencur secara rutin. Di dalam jamu ini terdapat kandungan anti bakteri untuk melawan infeksi. 

Kandungan kencur ternyata mengandung zat sitotoksik dan anti bakteri. Kedua zat tersebut mampu meredakan gejala diare. Sifat anti bakteri dan inflamasi di dalam kencur ini mampu membunuh bakteri di dalam tubuh. Hal ini bermanfaat untuk menyembuhkan diare lebih cepat. Jamu ini juga mampu mengatasi dehidrasi. Itulah beberapa manfaat alami jamu beras kencur. (R11/HR-Online)

- Advertisment -