Manfaat Batang Pohon Pisang untuk Kesehatan, Salah Satunya Berkhasiat Turunkan Berat Badan

manfaat batang pohon pisang
Batang pohon pisang yang sudah dikemas dan dijual di Pasar Swalayan. Foto: Istimewa

Manfaat batang pohon pisang untuk kesehatan tak kalah ampuhnya dengan buahnya. Selama ini batang pohon pisang lebih banyak dibuang dan tidak termanfaatkan dengan baik. Kita tentunya lebih senang makan buah pisang yang enak dan mengenyangkan, ketimbang makan gedebog pisang.

Ya, gedebog merupakan istilah untuk menunjuk batang pohon pisang. Selain dikenal dengan istilah gedebog, batang pisang ini belakangan sedang populer dan menjadi barang mahal di Amerika Serikat. Gedebog yang dalam Bahasa Inggris disebut Banana Stem memiliki harga jual yang lumayan tinggi.

Seperti di Hornbill Asian Market, Amerika Serikat, sepotong Banana Stem dijual seharga US $5,95 atau setara Rp 84.000. Padahal, kalau di tempat kita, gedebog pisang tak berharga dan sering dibuang.

Mahalnya harga gedebog pisang di Amerika tentunya membuat kita bertanya-tanya. Apa sih manfaat batang pohon pisang? Adakah khasiat gedebog pisang untuk kesehatan tubuh?

Beragam Manfaat Batang Pohon Pisang untuk Kesehatan

Mungkin benar apa yang pernah dikatakan salah seorang syaikh terkemuka dari Saudi Arabia bahwa Indonesia merupakan “Surganya Dunia”. Sayangnya, kita yang orang Indonesia justru sering merasa tidak sedang hidup di surga.

Pohon pisang merupakan salah satu jenis pohon yang sangat mudah tumbuh di tanah air. Hampir di semua daerah bisa ditemukan pohon ini. Bagian pohon ini yang lebih sering dimanfaatkan adalah buahnya.

Berikut ini manfaat batang pohon pisang untuk kesehatan yang disarikan dari berbagai sumber.

Mengontrol Tekanan Darah dan Kolesterol

Batang pohon pisang diketahui mengandung vitamin B6 dan zat besi yang cukup tinggi. Hal ini sangat berkhasiat dalam meningkatkan jumlah hemoglobin darah, sehingga baik untuk mengontrol tekanan darah.

Manfaat batang pohon pisang pun dipercaya ampuh dalam mengontrol tekanan darah tinggi maupun kadar kolesterol. Hal itu karena di dalam batang pisang terdapat kandungan kalium.

Untuk mengolah batang pisang menjadi obat herbal, bisa dengan cara dibuat minuman Jus. Kemudian konsumsi secara rutin agar memberikan hasil yang baik.

Mengatasi Asam Lambung

Gedebog pisang juga bisa dibuat jus untuk mengatasi sakit lambung. Ramuan alami ini ampuh mengendalikan kadar asam dalam tubuh. Minum jus ini untuk perut perih atau panas akibat gangguan asam lambung.

Mengatasi Batu Ginjal dan Infeksi Kandung Kemih

Buat anda yang mengalami infeksi kandung kemih, cobalah minum jus gedebog pisang dengan kapulaga. Jus gedebog pisang dengan jeruk nipis kabarnya juga ampuh mengatasi batu ginjal.

Melancarkan Pencernaan dan Detoksifikasi

Batang pohon pisang juga bermanfaat sebagai detoksifikasi guna mengeluarkan racun dari tubuh. Gedebog juga kaya serat sehingga ampuh untuk melancarkan pencernaan.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat batang pohon pisang juga berkhasiat untuk mendukung program diet dan menurunkan berat badan. Karena batang pisang mengandung serat yang cukup tinggi. Bahkan kalori gedebog pisang tak akan menyebabkan membengkaknya berat badan.

Minum jus batang pohon pisang yang kaya mineral juga berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Jus ini juga baik untuk mengontrol lemak dalam tubuh.

Membersihkan darah kotor

Darah kotor merupakan pemicu atau bisa menyebabkan banyak penyakit. Tak sedikit gangguan kesehatan seperti alergi kulit, jerawat, ataupun gatal-gatal pada kulit disebabkan darah kotor.

Nah, untuk mengatasinya, bikin saja jus dari gedebog dengan ditambahkan madu. Batang pisang ternyata mengandung mineral penting yang ampuh dalam membersihkan darah kotor.

Demikianlah beragam manfaat batang pohon pisang untuk kesehatan yang bisa dimanfaatkan layaknya toga, tanaman obat keluarga. Jika anda memiliki potong pisang dalam jumlah banyak, kenapa tak mencoba mengekspornya ke Amerika Serikat? (R9/HR-Online)

Loading...