Manfaat Belimbing Wuluh, Si Buah Asam untuk Kesehatan

manfaat belimbing wuluh
Belimbing wuluh. Foto: Istimewa

Manfaat belimbing wuluh sepertinya tidak diketahui oleh banyak orang. Buah ini merupakan buah dengan rasa asam yang sangat kuat sehingga banyak dihindari. Tak jarang buah ini hanya digunakan sebagai bahan masakan. Buah ini masih dekat dengan tanaman belimbing. 

Banyak orang memakai belimbing wuluh untuk bahan dan bumbu masakan dan obat tradisional. Manfaat belimbing wuluh ini didapat dari berbagai nutrisinya seperti vitamin A, vitamin C, serat, folat, dan lain – lain. Manfaat belimbing ini didapat dengan mengkonsumsinya secara langsung ataupun dibuat menjadi minuman herbal.

Inilah Beberapa Manfaat Belimbing Wuluh 

Mencegah Diabetes 

Manfaat belimbing wuluh apabila dikonsumsi secara teratur berkhasiat mencegah dari serangan diabetes. Konsumsi jus belimbing wuluh bisa meningkatkan jumlah produksi hormon insulin di dalam tubuh, sehingga bisa mencegah diabetes. Dengan mengkonsumsi buah asm ini bisa memperlambat proses penyerapan gula di dalam darah. 

Belimbing wuluh ini bisa mengobati diabetes tipe 2. Belimbing wuluh mengandung kadar indeks glikemik yang rendah sehingga tak akan menaikkan kadar gula di dalam darah. Konsumsi belimbing wuluh bisa dilakukan secara teratur dengan merebusnya atau mengolahnya menjadi jus. 

Menurunkan Berat Badan 

Manfaat belimbing wuluh lainnya adalah membantu menurunkan berat badan. Belimbing wuluh ini sangat cocok bagi para obesitas karena bisa membantu program diet. Kandungan serat yang tinggi ternyata mampu mengontrol berat badan. Anda menjadi lebih mudah kenyang dalam waktu lebih lama. 

Tak hanya itu saja, dalam belimbing wuluh juga terdapat kandungan efektif untuk mengurangi kadar lemak di dalam tubuh yang menjadi penyebab terjadinya obesitas. Belimbing wuluh ini sangat bagus untuk proses metabolisme dan pencernaan tubuh. Konsumsi belimbing wuluh bisa mengurangi berat badan secara teratur. 

Untuk mendapatkan manfaat belimbing wuluh yang maksimal, maka Anda bisa mengkonsumsi setiap hari. Belimbing wuluh ini diolah dengan cara di jus, merebus dan meminum air rebusannya, ataupun mencampurkannya di dalam menu masakan. 

Menurunkan Tekanan Darah 

Manfaat belimbing wuluh lainnya adalah mampu menurunkan tekanan darah. Belimbing wuluh bisa digunakan secara herbal untuk mengontrol hipertensi. Di dalam buah belimbing wuluh, terdapat kandungan serat, zat besi, kalsium, seng, dan magnesium yang berguna untuk proses penyembuhan penyakit darah tinggi

Belimbing wuluh ini juga rendah sodium yang sangat baik bagi penderita hipertensi. Kandungan kalium di dalam belimbing wuluh juga berguna untuk mengatasi ketegangan dan melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Hal ini mampu mengurangi tekanan di sistem kardiovaskular tubuh sehingga akan mencegah penyakit hipertensi. 

Untuk memperoleh khasiat dari manfaat belimbing wuluh, Anda bisa mengkonsumsinya setiap pagi hari. Pastikan konsumsi ini dilakukan secara rutin. Anda bisa meminum air rebusan belimbing wuluh ataupun dibuat jus. 

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh 

Belimbing wuluh amat kaya vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh. Vitamin ini mampu memproteksi tubuh dari serangan berbagai bakteri dan virus. Vitamin C di dalam belimbing wuluh juga berguna untuk mencegah serangan risiko beberapa penyakit lainnya. 

Manfaat belimbing wuluh ini bisa didapat dengan mengkonsumsinya setiap hari. Di dalam belimbing wuluh, juga kaya antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel tubuh. Dengan mengkonsumsi belimbing wuluh, kekebalan tubuh meningkat dan beberapa penyakit umum bisa diatasi. 

Mencegah Anemia 

Belimbing wuluh ini juga kaya zat besi. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk mencegah serangan anemia. Bila Anda kekurangan zat besi, maka akan menimbulkan gejala anemia yang mengganggu kesehatan Anda. Manfaat belimbing wuluh untuk menyembuhkan anemia sangatlah nyata. 

Zat besi di dalam belimbing wuluh ini berguna untuk menambah produksi hemoglobin di dalam darah dan mengikat nutrisi dan oksigen yang dialirkan ke dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi belimbing wuluh secara teratur untuk mencegah gejala anemia. 

Meredakan Batuk 

Manfaat belimbing wuluh juga bisa digunakan apabila Anda menderita batuk yang tak kunjung sembuh. Salah satu manfaat dari buah ini bisa menyembuhkan batuk bahkan membantu mengobati yang sudah kronis sekalipun. Buah ini mengandung sifat anti inflamasi yang menyembuhkan batuk akibat kekebalan tubuh menurun. 

Kandungan vitamin C di dalam belimbing juga sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah serangan berbagai virus dan bakteri. Anda bisa mengkonsumsi jus ataupun air rebusan belimbing wuluh untuk memperoleh manfaat belimbing wuluh. (R11/HR-Online)