Manfaat Brokoli Hijau, Ampuh Atasi Kanker dan Bikin Awet Muda

manfaat brokoli hijau
Sayuran brokoli. Foto: Istimewa

Sebenarnya manfaat brokoli hijau tak berbeda jauh dengan yang putih. Brokoli hijau populer dengan sebutan brokoli saja. Sedangkan yang putih disebut kembang kol. Kedua sayuran ini masih satu keluarga kubis-kubisan.

Meskipun tampilannya mirip, namun kedua sayuran ini berbeda, khususnya pada kandungan nutrisinya. Sekilas saja kita sudah bisa menebak warna hijau pada brokoli memperlihatkan gizinya yang lebih baik ketimbang kol putih.

Brokoli hijau (Brassica oleracea) sangat disukai sebagai sayuran yang enak dibuat sup ataupun oseng. Bahkan, manfaat brokoli hijau ini bagus untuk program diet. Sayuran kribo ini biasanya dijadikan salad atau minuman jus oleh orang yang sedang menjalankan program diet.

Namun masyarakat kita lebih banyak mengonsumsi kembang kol karena harganya yang lebih murah. Sedangkan brokoli lebih mahal dan umumnya dijuak di supermarket.

Kandungan Brokoli Hijau

Brokoli juga kaya nutrisi dan sumber pembangkit tenaga karena kandungan energinya. Kandungan gizi brokoli per 100 gram atau dalam satu mangkuk adalah 31 kalori, 6 gram karbohidrat, dan 2,6 gram protein.

Manfaat brokoli hijau juga karena kandungan vitamin C sebanyak 81,2 mg yang cukup tinggi. Juga ada vitamin A dan K, 0,3 gram lemak, 1,6 gram gula alami, dan 2,4 gram serat.

Brokoli hijau juga mengandung beta karoten namun tidak menyimpan kholine. Juga ada mineral seperti kromium, kalsium, dan zat besi.

Yang menarik, dalam sayuran hijau ini terkandung senyawa isotiosianat dan glukorafanin yang bersifat antikanker.

Selain itu terdapat juga zat phytochemical yang bersifat antioksidan. Maka jangan heran apabila manfaat brokoli hijau ini ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh dan melawan penyakit.

Dalam brokoli hijau juga terdapat nutrisi nabati yang lengkap seperti isothiocyanate, sulforaphane, indoles, dan tiosianat. Juga ada flavonoid seperti beta-karoten cryptoxanthin, lutein, dan zea-xanthin.

Namun, nutrisi dalam brokoli gampang memudar apabila dimasak dengan suhu tinggi. Bahkan saat memasak sayuran brokoli dengan merebus bisa menghancurkan separuh kandungan asam folat dan merusak gizi lainnya. Jika begitu manfaat brokoli hijau untuk mengatasi masalah kesehatan akan berkurang efeknya.

Cara terbaik mengolah brokoli adalah dengan dimakan dalam bentuk mentah untuk dibuat jus atau salad. Bisa juga dengan cara dikukus. Cara ini dinilai lebih sehat ketimbang dibuat sop.

Manfaat Brokoli Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan nutrisinya yang beragam dan banyak membuat brokoli juga populer dengan sebutan sayuran super. Berikut ini berbagai manfaat brokoli hijau untuk kesehatan dan kecantikan yang sebaiknya anda tahu.

Mencegah dan Menyembuhkan Kanker

Brokoli hijau mengandung banyak zat aktif utamanya senyawa phytochemical yang bersifat antikanker. Sayuran ini efektif mengatasi berbagai jenis kanker, seperti kanker paru paru, kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar, dan lainnya.

Membantu Menyembuhkan Diabetes

Brokoli juga kaya dengan kromium yang berguna dalam mengatur insulin. Selain aman dikonsumsi, brokoli juga baik untuk mengontrol gula darah dan membantu meredakan penyakit diabetes.

Mengendalikan Tekanan Darah dan Kolesterol

Manfaat brokoli hijau lainnya dari tingginya kandungan antioksidan dan serat yang ampuh mengendalikan kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah. Konsumsi brokoli segar sebagai salad atau jus untuk manfaat yang optimal.

Mencegah Risiko Gangguan Jantung

Brokoli hijau juga mengandung karotenoid lutein yang berkhasiat dalam mencegah terjadinya penebalan arteri jantung. Hal ini penting untuk mencegah risiko penyakit jantung ataupun stroke.

Mempercepat Diet Menurunkan Berat Badan

Manfaat brokoli hijau untuk diet karena besarnya kandungan serat yang sangat baik untuk mencegah sembelit, melancarkan pencernaan, dan mempercepat penurunan berat badan. Karena itu baik memasukkan brokoli dalam menu diet.

Menghaluskan Kulit dan Bikin Awet Muda

Kandungan antioksidan dan sulforaphane dalam brokoli berguna menangkal radikal bebas, membuat kulit dan wajah lebih cerah dan segar, mencegah penuaan dini, dan menjaga kesehatan kulit.

Itulah berbagai manfaat brokoli hijau yang ampuh dalam mencegah dan mengatasi kanker sekaligus membuat wajah selalu awet muda. (R9/HR-Online)

Loading...