Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Ciplukan yang Bikin Harganya Melambung

Manfaat Buah Ciplukan yang Bikin Harganya Melambung

Tak ada yang mengira jika manfaat buah ciplukan membuat orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkannya. Padahal buah ciplukan selama ini hanya terbuang karena tidak termanfaatkan. Ciplukan atau ceplukan merupakan nama sejenis buah yang saat masak akan tertutup oleh kelopak bunganya.

Tak jarang orang yang salah kaprah dan menyebut yang menyimuti buah kuning itu sebagai daun. Selain popouler dengan sebutan ceplukan, buah ini juga dikenal dengan beberapa nama, seperti kopok-kopokan (Bali), nyurnyuran (Madura), ataupun cecendet atau cecenet (Sunda). Orang Barat menyebutnya golden berry.

Ciplukan Tumbuh di Semak-semak

Tanaman ini umumnya memang tumbuh liar sehingga banyak orang yang menganggapnya sebagai semak yang tidak berguna. Apalagi herbal ini banyak tumbuh di semak-semak di kebun atau di berbagai tempat.

Selain buahnya, hampir semua bagian tumbuhan ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Rasa buah ciplukan yang manis asam dengan sedikit getir juga disukai anak-anak.

Namun siapa sangka jika buah mungil ini saat ini dihargai hingga ratusan ribu rupiah per-kg. Bahkan di berbagai e-commerce mulai ramai dijual buah ini dengan harga mencapai puluhan ribu rupiah per-kg.

Kandungan Buah Ciplukan

Besarnya manfaat buah ciplukan karena kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan. Diantaranya kandungan alkaloid, asam sitrat, asam malat, fisalin, kriptoxantin, tanin, vitamin C, dan gula buah.

Dikutip dari berbagai sumber, dalam satu porsi buah ciplukan yang setara 140 gram terdapat kandungan 74 kalori, karbohidrat sebanyak 15,7 gram, dan protein (2,7 gram),6 gram serat, dan 1 gram lemak.

Juga ada 5% riboflavin, 28% niasin, 8% zat besi dan fosfor, 14% tiamin, 7% vitamin A, dan 21% vitamin C. Kandungan vitamin C buah ini jauh lebih tinggi ketimbang anggur.

Sebuah riset menyimpulkan bahwa kandungan antioksidan tinggi dalam buah ini memberikan manfaat buah ciplukan dalam menekan pertumbuhan sel kanker usus besar dan kanker payudara.

Bahkan penelitian University of Bonn Jerman juga menemukan kandungan antioksidan dalam kulit buah ini mencapai tiga kali lipat lebih tinggi ketimbang jenis buah lainnya.

Khasiat dan Manfaat Buah Ciplukan

Kandungan nutrisi dan zat aktifnya membuat buah ceplukan berguna sebagai anti virus, anti bakteri, anti hiperglikemi,anti oksidan, anti inflamasi, sitotoksik, analgesik, serta sebagai imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator).

Buah ini juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menetralkan racun, anti tumor dan anti kanker, meredakan batuk, peluruh air seni (diuretic), dan untuk meningkatkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh.

Buah ciplukan diketahui juga mengandung vitamin K yang tinggi. Ini bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan kulit dan tulang, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan risiko terkena jantung koroner (PJK).

Manfaat buah ciplukan lainnya yang tak kalah penting adalah untuk meredakan diabetes mellitus, menyembuhkan penyakit ayan, menyembuhkan influenza dan sakit tenggorokan, serta mengatasi borok dan bisul.

Ciplukan juga diketahui mengandung senyawa withanolides berguna untuk meredakan peradangan yang menyebabkan radang usus maupun menekan risiko kanker usus besar.

Tingginya antioksidan dalam buah ini sangat baik untuk menguatkan imunitas tubuh. Mengkonsumsi buah secara rutin juga baik untuk menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dan wajah dari paparan matahari.

Daging buahnya yang berwarna kuning oranye juga kaya karotenoid, beta karoten, dan zat lutein. Zat ini berfungsi menangkal bahaya degenerasi makula yang bisa menyebabkan kebutaan pada orang lanjut usia.

Efek Samping dan Bahaya Ciplukan

Manfaat buah ciplukan yang optimal adalah saat telah matang dan berwarna kuning keemasan. Sebaiknya buah ini tidak dikonsumsi saat mentah atau hijau karena bisa beracun.

Racun ini biasanya mengandung solanin yang bisa menyebabkan diare atau perut kram. Hindari juga makan buah ini secara berlebihan karena bisa menyebabkan gangguan jantung.

Untuk mendapatkan manfaat buah ciplukan secara optimal anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dimakan langsung dalam bentuk buah segar atau pun dijadikan jus buah yang nikmat. (R9/HR-Online)