Manfaat Buah Kesemek untuk Kecantikan, Si Buah Genit Berbedak Putih

manfaat buah kesemek
Buah Kesemek. Foto: Istimewa

Manfaat buah kesemek untuk kecantikan ternyata sudah terwakili dengan tampilan buah ini yang terlapisi bedak putih. Karena itu buah kesemek populer dengan sebutan si buah genit.

Buah ini pun sudah dikenal khasiatnya untuk kesehatan selain lebih sering digunakan untuk kecantikan. Buah kesemek (Persimmon) tak kalah populer dengan buah tropis lainnya, seperti mangga, sawo, pepaya, dan lainnya. Kulit berwarna oranye yang besarnya seperti buah jeruk namun dengan kulit halus.

Jenis Buah Kesemek

Sebelum membahas manfaat buah kesemek untuk kecantikan, sebaiknya cari tahu dulu informasi seputar buah yang rasanya sepat ini. Dirangkum dari berbagai sumber, ternyata ada dua jenis buah kesemek yang sering dikonsumsi, yaitu jenis sepat dan tidak sepat.

Untuk jenis kemesek yang sepat rasanya agak sepat dan saat dimakan kadang membuat lidah seperti lengket. Rasa sepat ini ternyata berasal dari zat tannin yang terdapat dalam buah ini.

Untuk menghilangkan rasa sepat, caranya tinggal merendam kesemek dalam air kapur sebelum dikonsumsi. Setelah direndam baru Anda bisa rasakan manfaat buah kesemek untuk kecantikan atau kesehatan tubuh.

Namun tahukah anda jika buah kesemek yang dipetik langsung dari pohonnya tidak memiliki bedak putih. Tampilan buah kesemek segar juga lebih menarik dengan kulit oranye yang halus.

Lapisan putih yang tampak seperti bedak ini hanya ditemukan saat kita membeli buah ini di swalayan atau toko buah. Lapisan putih ini muncul karena buah telah direndam dalam air kapur untuk menghilangkan rasa sepatnya.

Kandungan Nutrisi Buah Kesemek

Buah kesemek berasal dari Tiongkok dan sudah dikenal sejak jaman kuno hingga ribuan tahun lalu. Manfaat buah kesemek bukan hanya dari rasanya yang manis seperti madu, namun juga karena nutrisinya.

Dalam sebuah kesemek yang beratnya sekitar 168 gram terkandung beragam jenis nutrisi, seperti kalori, karbohidrat, dan protein. Buah ini juga mengandung tinggi serat, namun rendah lemak, sehingga baik untuk program diet.

Buah kesemek juga kaya vitamin A, C, E, K, vitamin B1, B2, dan B6. Buah ini juga kaya mineral, seperti magnesium, fosfor, kalium, mangan, tembaga, dan folat. Karena terdapat kandungan itulah membuat manfaat buah kesemek untuk kesehatan sudah teruji sejak dulu.

Yang menarik, kesemek juga terdapat zat penting lainnya seperti flavonoid, tanin, dan karotenoid. Senyawa ini berperan penting sebagai antioksidan yang ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Kesemek untuk Kecantikan

Dengan kandungan nutrisinya yang beragam, ada banyak khasiat buah kesemek baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Berikut ini beragam manfaat buah kesemek untuk kecantikan yang masih jarang diketahui.

Meningkatkan Kecerahan Kulit

Buah kesemek yang mengandung banyak vitamin A, E dan karoten sangat berkhasiat dalam mencerahkan kulit wajah. Untuk hasil efektif tinggal mengoleskan masker buah kesemek secara rutin.

Mengontrol Kadar Minyak di Wajah

Minyak yang berlebihan pada kulit bisa menyumbat pori-pori dan memicu jerawat dan bakteri. Mengusap wajah dengan parutan buah kesemek dan mentimun cukup efektif mengendalikan minyak dan membersihkan wajah.

Mengatasi Kerusakan Sel Kulit

Senyawa likopen dalam kesemek merupakan antioksidan yang ampuh melindungi kulit dari sinar UV dan radikal bebas. Makan buah ini setiap hari juga ampuh melembabkan kulit dan mengatasi kerusakan sel.

Menghilangkah Gariss Halus dan Keriput Wajah

Manfaat buah kesemek lainnya untuk perawatan wajah juga ampuh mencegah terbentuknya gari-garis halus dan keriput. Rajin menggunakan masker buah kesemek juga ampuh untuk membuat kulit lebih sehat.

Mencegah Penuaan Dini

Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan polifenol dalam kesemek ampuh mencegah kerusakan oksidatif sel kulit. Apalagi antioksidan dalam buah ini juga ampuh menangkal radikal bebas pada wajah dan kulit tubuh.

Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Kulit

Senyawa asam askorbat dalam buah kesemek mencukupi 80 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Antioksidan ini berfungsi merangsang produksi sel darah putih yang melindungi kulit dan tubuh dari jamur, bakteri, dan racun.

Itulah beragam manfaat buah kesemek untuk kecantikan yang sebaiknya anda gunakan setiap hari, baik dengan dibuat masker wajah maupun dengan cara dikonsumsi langsung. (R9/HR-Online)

Loading...