Manfaat Buah Kiwi Tak Hanya Bikin Cantik, Tapi Ampuh Juga Atasi Kanker

manfaat buah kiwi
Buah kiwi. Foto: Istimewa

Manfaat buah kiwi cukup populer di kalangan kaum wanita. Buah kiwi sering dijadikan menu penting program diet menurunkan berat badan.

Makanan ini juga sering digunakan sebagai bahan masker perawatan wajah. Namun, selain sangat baik untuk kecantikan, manfaat buah kiwi juga ampuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh maupun mengatasi sejumlah keluhan penyakit.

Mengkonsumsi buah ini secara rutin juga baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Kiwi (Actinidia deliciosa) merupakan jenis buah yang masuk dalam keluarga buah beri. Buah ini diketahui berasal dari Cina sehingga dikenal pula sebagai gosberi Cina. Bentuknya bulat oval dengan kulitnya berwarna agak kecoklatan.

Daging buah kiwi memiliki warna hijau kekuningan yang dihiasi dengan biji kecil berwarna hitam. Daging buah ini memiliki rasa tekstur lembut dan menyegarkan karena kaya serat dan banyak mengandung air.

Kandungan Nutrisi Buah Kiwi

Buah kiwi juga populer dengan sebutan “nutritional all star” karena kandungan nutrisinya yang lengkap dengan kadar tinggi. Karena itu manfaat buah kiwi tak hanya untuk kecantikan, namun juga ampuh untuk kesehatan.

Buah kiwi diketahui mengandung vitamin A, C, E, dan vitamin K. Kandungan mineralnya pun banyak seperti kalsium, kalium, folat dan asam amino. Buah ini mengandung banyak air dan serat yang tinggi.

Dibalik manfaat buah kiwi ternyata terkandung vitamin C yang sangat tinggi. Bahkan, jauh lebih tinggi ketimbang buah jeruk. Yang menarik, kulit buahnya juga kaya vitamin C, bahkan nilainya tiga kali lipat dibanding daging buahnya.

Aneka Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

Beragam dan tingginya nutrisi dalam buah kiwi membuatnya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, perawatan kulit wajah dan tubuh, maupun untuk mendukung program diet dalam menurunkan berat badan.

Ada banyak manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh. Buah kiwi yang kaya antioksidan ini merupakan herbal yang ampuh sebagai antikanker, antialergen, dan antiperadangan. Buah ini juga baik mengatasi bakteri penyebab keracunan makanan.

Buah kiwi kaya ion potassium yang berkhasiat mengatasi hipertensi. Hasil penelitian Mette Svendsen dari Oslo University Hospital Norwegia membuktikan minum jus kiwi tiga kali sehari ampuh mengobati tekanan darah tinggi.

Manfaat buah kiwi yang diolah menjadi minuman segar bagus untuk menyuplai energi penting dalam mendukung aktivitas anda. Karena buah ini mengandung magnesium yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh. Minuman tersebut biasanya disajikan bersama menu sarapan.

Kiwi juga berkhasiat mencegah risiko penyakit jantung. Makan dua atau tiga buah kiwi setiap hari, dipercaya akan membuat darah lebih cair, menurunkan kadar lemak darah (trigliserida) sampai 15 persen, maupun mencegah pembekuan darah.

Kualitas DNA tubuh juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi buah kiwi setiap hari. Hal itu seperti dibuktikan hasil penelitian Rowett Research dari Inggris. Karena itu manfaat buah kiwi sangat ampuh untuk pengobatan kanker akibat kerusakan genetik.

Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan Wanita

Buah kiwi sering digunakan untuk kecantikan lantaran memiliki kandungan vitamin C dan E, kalium dan asam lemak esensial yang berguna untuk mencerahkan dan menyehatkan kulit. Kandungan ini juga ampuh menangkal penuaan dini.

Manfaat buah kiwi juga ampuh dalam menangkal radikal bebas dan racun serta penting dalam proses regenerasi kulit. Selain bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus, anda juga bisa menggunakanya sebagai masker wajah.

Buah ini rupanya mengandung folat cukup tinggi dan bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Folat berfungsi penting untuk perkembangan otak janin, menjaga pertumbuhan janin dan mencegah kecacatan syaraf bayi saat kelahirannya.

Demikianlah beragam manfaat buah kiwi untuk kesehatan maupun kecantikan yang sebaiknya menjadi bagian penting dalam menu harian anda. Anda bisa membuatnya sebagai jus buah, dimakan langsung atau untuk masker wajah. (R9/HR-Online)

Loading...
Loading...