Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil
Buah melon memiliki banyak kandungan baik didalamnya, yang bermanfaat untuk ibu hamil.

Manfaat buah melon ternyata sangat baik untuk ibu hamil. Melon mengandung gizi cukup tinggi dan kaya akan nutrisi yang baik untuk perkembangan janin dan sang ibu yang tengah mengandung.

Hamil merupakan salahsatu hal yang didambakan setiap wanita yang sudah berumahtangga. Saat hamil, sang Ibu perlu menjaga kesehatan tubuhnya dengan mengkonsumsi buah-buahan secara teratur. Salahsatu buah-buahan yang disarakan untuk ibu hamil yaitu buah melon.

Departemen Pertanian Amerika Serikat, menyebut bahwa manfaat buah melon sangat baik bagi wanita, baik yang sedang hamil ataupun tidak. Salahsatu buah yang disarankan untuk dikonsumsi wanita adalah buah melon.

Nah, bagi ibu hamil, melon sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Kandungan vitamin yang ada pada melon bisa menjadi pilihan buah yang baik untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal darimanfaat buah melon, Ibu hamil harus mengupas habis kulit melon dan memastikan buahnya dalam kondisi yang masih segar. Hal itu penting agar tidak ada bakteri listeria yang menempel dalam melon, karena dapat membahayakan kesehatan sang janin.

Berikut Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil

Selain mengandung serat yang cukup tinggi, nutrisi yang terkandung dalam melon sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Berikut kami uraikan beberapa manfaat buah melon untuk ibu hamil:

1. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah melon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi melon sistem kekebalan tubuhnya akan meningkat, sehingga tidak rentan terserang penyakit. Jika ibu hamil rutin mengkonsumsi 500 gram melon perhari, maka kebutuhan vitamin C harian ibu hamil akan terpenuhi dengan baik.

2. Manfaat Buah Melon Untuk Cegah Dehidrasi

Buah melon mengandung air yang cukup tinggi ,sehingga mengkonsumsi melon selama hamil dapat membantu mencegah dehidrasi.

3. Melon Untuk Mengatasi Sembelit

Ibu hamil tentu kerap mengalami gangguan kesehatan, salahsatunya sembelit. Sembelit merupakan  gangguan pencernaan. Bagi ibu hamil yang mengalami sembelit, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah melon yang kaya akan kandungan serat alami.

4. Dapat Mencegah Anemia

Manfaat buah melon ternyata baik untuk mencegah anemia. Zat besi alami yang terkandung dalam buah melon ternyata dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan. Zat besi pada melon tak hanya mampu mencegah anemia selama kehamilan, namun juga mampu membangun otot-otot janin.

Dengan asupan zat besi yang cukup, maka risiko untuk alami keguguran dan kelahiran premature dapat berkurang.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan Kalium yang terdapat pada melon memiliki fungsi yang cukup penting dalam mengatur sistem tekanan darah. Apabila teratur mengkonsumsi melon, maka tekanan darah ibu hamil akan terkontrol dengan baik.

Selain itu kandungan kalium pada melon juga dapat membantu mengatasi kram kaki yang kerap dikeluhakan ibu hamil.

Manfaat Buah Melon untuk Perkembangan Janin

1.Melon Baik Untuk Kesehatan Janin

Selain mengandung vitamin C, buah melon juga mengandung asam folat dan zinc yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinya. Asam folat adalah salah satu vitamin yang diperlukan ibu hamil agar janin dalam kandungan tumbuh dengan baik baik.

2. Mendorong Perkembangan Kognitif Janin Dalam Kandungan

Vitamin A yang terkandung dalam buah melon ternyata cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Berbagai sumber menyebut, vitamin A menjadi salahsatu asupan penting yang mendukung pertumbuhan fungsi kognitif bayi serta menangkal cacat bawaan.

Sekian rangkungan manfaat buah melon untuk ibu hamil yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat! (Jujang/R8/HR Online)