Dahsyatnya Manfaat Buah Mengkudu di Balik Bentuknya yang Bopeng

Manfaat buah mengkudu
Buah Mengkudu. Foto: Istimewa

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan ternyata banyak khasiatnya, meski bentuk buah ini begitu buruk dan penuh bopeng. Bahkan buah mengkudu juga berkhasiat dalam mengobati beragam penyakit mematikan.

Buah mengkudu (Morinda citrifolia) cukup populer dengan beragam nama daerah. Ada yang menyebut pace atau kemudu (Jawa), kodhuk (Madura), cangkudu (Sunda), tibah (Bali), atau keumeudee (Aceh).

Buah yang masuk dalam famili Rubiaceae ini berasal dari Asia Tenggara. Karena itulah buah ini juga populer dengan sebutan ungcoikan (Myanmar), noni (Betawi,Hawaii), ach (Hindi), atau nono (Tahiti).

Manfaat buah mengkudu sangat beragam. Makanya di berbagai daerah memanfaatkan buah ini untuk beragam kebutuhan. Masyarakat Aceh sering mengolah buah mengkudu untuk dirujak atau sayuran. Masyarakat Betawi juga memanfaatkan daun muda mengkudu untuk menyedapkan nasi goreng.

Kandungan Buah Mengkudu

Buah mengkudu sebenarnya telah lama dikenal sebagai herbal yang memiliki khasiat untuk mengobati beragam penyakit. Para peracik jamu di Jawa juga sering mengggunakan perasan buah mengkudu dalam ramuan jamunya.

Bangsa Hamai malah telah mengambil manfaat buah mengkudu sebagai herbal sejak 1500 tahun lalu. Mereka bahkan menyebutnya sebagai Hawaii magic plantkarena pada khasiat buah ini dalam pengobatan.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah mengkudu, seperti dikutip dari Wikipedia, termasuk buah makanan bergizi lengkap. Daging buahnya mengandung banyak air dengan aroma seperti bau keju busuk.

Aroma kurang sedap ini ternyata merupakan hasil pencampuran asam kaprilat (C8), asam kaproat (C6), asam kaprat (asam lemak dengan sepuluh atom karbon). Dua senyawa yang pertama bersifat antibiotik aktif.

Kandungan dari manfaat buah mengkudu yang utama adalah protein, vitamin, maupun mineral penting lainnya yang tersedia dalam jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh. Diantaranya ada selenium, terpenoid, scolopetin, xeronine, proxeronine, phenylalanine, magnesium, lycine, dll.

Mineral xeronine dan proxeronine dalam buah mengkudu merupakan alkaloid penting untuk mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif. Begitu juga terpenoid yang penting dalam pemulihan sel-sel tubuh.

Segudang Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Kandungan mineral dan senyawa penting yang berkhasiat herbal telah lama dimanfaatkan masyarakat. Nah, berikut ini beragam manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Meningkatkan Stamina dan Imunitas Tubuh

Mineral selenium dalam buah ini merupakan antioksidan yang ampuh. Minum jus buah ini bukan saja bermanfaat untuk stamina tubuh, namun juga meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Mengatasi Peradangan dan Alergi

Kandungan scolopetin dari manfaat buah mengkudu juga berkhasiat sebagai anti peradangan dan anti-alergi. Minum jus buah mengkudu berguna untuk mengasi gangguan penyakit tersebut.

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Masyarakat Hawai terbiasa minum Tahitian Noniatau jus mengkudu setiap hari selama sebulan untuk mengatasi tekanan darah tingginya. Namun agar rasanya lebih enak dan berkhasiat bisa ditambahkan madu.

Meredakan Osteoarthritis dan Rematik

Manfaat buah mengkudu lainnya adalah untuk mengatasi gangguan osteoarthritismaupun rematik. Minum jus mengkudusetiap hari setidaknya selama sebulan akan memberikan hasil yang efektif.

Mengatasi Penyakit Akibat Bakteri

Zat aktif dalam sari buah mengkudu juga bersifat anti bakteri yang ampuh membunuh bakteri penyebab infeksi. Jus buah ini juga ampuh mengatasi bakteri pathogen, seperti Salmonella montivideo, Escherichia coli, dll

Mengatasi Penyakit Kanker

Kandungan zat aktif dan mineral dalam buah mengkudu juga bersifat anti kanker. Minum jus buah mengkudu secara rutin berkhasiat dalam melawan sel-sel abnormal dan menangkal radikal bebas.

Selain itu khasiat buah mengkudu untuk kesehatan lainnya antara lain untuk mengobati sakit kepala, pilek, diabetes, mengontrol kolesterol, HIV, penyakit jantung, dan lainnya.

Namun mengonsumsi buah ini baik untuk kesehatan maupun mengobati penyakit sebaiknya tidak berlebihan atau dicampur bahan kimia. Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan akan lebih efektif dikonsumsi secara alami sesuai kondisi tubuh. (R9/HR-Online)

Loading...