Kenali Manfaat dan Efek Sulam Bibir Sebelum Mencoba!

manfaat dan efek sulam bibir
Ilustrasi sulam bibir. Foto: Istimewa

Buat anda yang tertarik dengan trend yang satu ini sebaiknya kenali manfaat dan efek sulam bibir sebelum melakukannya. Tak sedikit wanita yang belakangan begitu tergiur dengan sulam menyulam bibir ini. Istilah sulam menyulam selama ini kita kenal dalam dunia fashion dan kerajinan.

Seperti menyulam benang untuk menjadi kain, menyulam kerajinan, dan sejenisnya. Lantas bagaimana caranya menyulam bibir?

Trend sulam bibir muncul beriringan dengan trend sulam alis yang banyak digandrungi para artis terkenal. Tak sedikit pula para tokoh wanita yang ikut-ikutan dengan trend ini dan menyulam bibirnya.

Bukan hanya kalangan selebritis yang menyukai mode baru ini, tak sedikit sosialita dan wanita dari berbagai profesi yang terpesona dengan trend ini. Jadilah wanita lain pun ikut-ikutan dengan gaya baru ini.

Cara Kerja Sulam Bibir

Sulam bibir merupakan teknik mengubah warna dan bentuk bibir yang mirip dengan teknik pada tato semi permanen. Lantas apa sih manfaat dan efek sulam bibir ini?

Pada praktek sulam bibir ini dilakukan dengan menyuntikkan tinta pada bagian bibir dengan warna sesuai yang dipesan. Begitu juga dengan bentuk bibir dilakukan dengan pola tertentu.

Bentuk bibir pun bisa dibuat agar terlihat lebih tebal, lebih lebar, atau malah lebih kecil. Hasil sulam bibir bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Mengetahui manfaat dan efek sulam bibir, agar si calon pengguna tidak gegabah saat memilih layanan kecantikan ini. Perlu dicatat bahwa sulam bibir harus dilakukan oleh terapis ahli yang bersertifikat.

Bahan yang digunakan akan membuat bibir terlihat lebih menarik. Namun hasil penyulaman ini umumnya akan terbentuk lebih sempurna setelah beberapa hari.

Dalam aplikasinya, terapi menggunakan alat berbentuk pensil yang digerakkan tenaga beterai atau dinamo. Alat ini mirip pada tato semi permanen. Mungkin karena itu ada yang menyebut teknik ini sebagai tato bibir.

Buat orang yang ingin melakukan sulam bibir akan dikenakan biaya antara Rp 1,5 -5 juta. Biaya ini bisa lebih mahal tergantung faktor lain, seperti tingkat kesulitan, kualitas, hingga pengalaman terapis.

Mempertimbangkan Manfaat dan Efek Sulam Bibir

Trend sulam bibir tampaknya semakin diminati. Tak sedikit wanita yang rela merogoh koceknya beberapa juta asalkan bisa memiliki bibir seperti yang diinginkannya. Namun apa sih manfaat dan efek sulam bibir ini?

Nah, buat anda yang tertarik dengan gaya baru ini sebaiknya mempertimbangkan berbagai hal tentang sulam bibir sebelum mencobanya. 

Hasilnya Tidak Sekali Jadi

Sulam bibir adalah teknik atau prosedur kosmetik semi permanen yang kebanyakan dilakukan tidak sekali jadi. Bahkan ada yang mesti diulang beberapa kali agar hasilnya seperti yang diharapkan.

Pengulangan yang dilakukan ini biasanya akan berimbas pada biaya tambahan yang mesti dikeluarkan “klien”. Karena itu jika anda ingin melakukannya pastikan transaksinya yang jelas agar tidak menyesal.

Efek Samping Yang Timbul

Bahan yang digunakan dalam sulam bibir biasanya berupa pigmen warna organik seperti yang digunakan pada tato semi permanen. Bahan ini umumnya tidak berbahaya untuk kulit maupun tubuh.

Baik manfaat dan efek sulam bibir yang muncul setelah melakukan “terapi” ini biasanya berupa bibir yang seperti memar. Hal ini merupakan reaksi wajar dari anestesi dan biasanya akan reda sesudah beberapa jam.

Dalam praktek sulam bibir umumnya juga tidak menimbulkan dampak seperti bengkak bibir. Kalaupun ada kasus pembengkakan pada bibir biasanya karena jenis kulitnya yang sensitif.

Larangan dan Rekomendasi

Sulam bibir tidak disarankan untuk wanita dengan kondisi tertentu, seperti penderita diabetes mellitus, wanita hamil, wanita yang sedang menstruasi, ataupun wanita dengan kulit sensitif.

Buat anda yang ingin mengikuti praktek menyulam bibir ini sebaiknya kenali legalitas klinik kecantikan maupun kredibilitas terapisnya. Sebaiknya ketahui juga teknik, bahan, ataupun jenis dan kualitas alat yang digunakan.

Kalaupun anda tetap ingin melakukan sulam bibir sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli. Pahami juga manfaat dan efek sulam bibir untuk menghindari kemungkinan yang tak diinginkan. (R9/HR-Online)