Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Binahong, Herbal Ajaib yang Sering Disepelekan

Manfaat Daun Binahong, Herbal Ajaib yang Sering Disepelekan

Manfaat daun binahong bagi masyarakat kita mungkin tak sepopuler daun sirih, lidah buaya, atau yang lainnya. Namun siapa sangka jika daun binahong sangat ampuh untuk mengatasi banyak penyakit. Binahong (Bassela rubra linn) merupakan herbal yang telah dikenal masyarakat Cina sejak ribuan tahun silam.

Mereka menyebut tanaman ini sebagai Dheng San Chi dan sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Binahong termasuk jenis tanaman merambat yang hampir seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan.

Selain manfaat daun binahong yang dikenal manjur, bagian umbi dan batangnya juga diketahui banyak khasiatnya untuk kesehatan dan mengobati penyakit.

Ramuan yang dibuat dengan merebus bagian umbi binahong dan dicampur dengan sedikit madu serta diminum secara teratur, baik untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mempercepat penyembuhan luka pasca operasi.

Kandungan Daun Binahong

Dibandingkan bagian lain, manfaat daun binahong ternyata lebih banyak mengandung nutrisi dan zat aktif yang berguna untuk kesehatan. Diantaranya yang utama adalah protein, asam arkobat, zat antioksidan, dan total fenol.

Antioksidan ini berasal dari alkaloidnya. Sedangkan jenis protein dalam daun ini adalah saponin yang dibutuhkan dalam pembentukan kolagen yang penting untuk kulit dan tulang. Herbal ini juga kaya minyak asiri.

Sebuah penelitian menemukan manfaat daun binahong dalam meredakan peradangan pada penderita hematoma. Bahkan konsumsi daun ini beberapa hari mampu membentuk jaringan baru dengan cepat.

Penelitian lain dari Abou Zeid yang dimuat di Bulletin of The National Research Centre, Kairo tahun 2007 menemukan efek farmakologis daun binahong sebagai pereda nyeri atau antipiretik.

Selain itu herbal ini juga berfungsi sebagai penurun panas (analgesik), antiradang, mencegah lemak dalam darah berlebihan (antihiperlipidimik) serta ampuh dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan maupun membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Berikut ini khasiat dan cara mengolah daun binahong yang sebaiknya anda tahu.

Meningkatkan Imunitas dan Stamina Tubuh

Kandungan antioksidan dalam daun binahing berkhasiat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus meningkatkan stamina tubuh. Minum saja rebusan selembar daun ini dengan dua gelas air secara rutin.

Menyembuhkan Asam Urat

Manfaat daun binahong untuk asam urat karena kandungannya yang mampu menurunkan dan mengontrol kadar purin dalam tubuh. Minum rebusan herbal ini saat kambuh dan akan meredakan nyeri sendi dari efek asam urat.

Meredakan Luka dan Bengkak

Masyarakat China sering menggunakan daun binahong untuk menyembuhkan luka dan bengkak tubuh. Caranya dengan mengunyah atau menumbuk daun ini hingga halus dan tempelkan pada tubuh yang mengalami luka atau bengkak.

Mengusir Jerawat

Manfaat daun binahong untuk jerawat juga cukup ampuh karena mampu membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus mengatasi komedo dan flek hitam. Tumbuk saja daun binahong  dan tempelkan pada jerawat.

Mengatasi Rheumatik dan Pegal Linu

Herbal daun binahong juga ampuh untuk mengatasi sejumlah gangguan nyeri pada urat, pegal linu, maupun penyakit rematik. Zat aktif dalam daun ini cukup efektif untuk meredakan gangguan ini.

Untuk cara mengolah hingga mendapat manfaat daun binahong  yang maksimal, baiknya dengan cara menumbuk hingga lembut dan menempelkannya pada tubuh yang sakit. Agar lebih efektif, anda juga bisa merebus daun ini dan diminum dengan dicampur madu.

Mencerahkan Kulit Wajah Cantik

Kandungan saponin yang penting dalam pembentukan kolagen sangat berguna untuk regerenerasi sel-sel kulit dan wajah. Manfaat daun binahong untuk wajah cerah dan cantik bisa dengan dibuat masker atau diminum rebusannya.

Menyembuhkan Gangguan Ginjal

Zat aktif dalam herbal ini juga berkhasiat dalam meredakan gangguan pada ginjal. Dengan meminum rebusan 7 lembar daun binahong dengan 2 gelas air sampai tersisa separonya. Agar hasilnya maksimal lakukanlah secara rutin.

Demikianlah beragam manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan yang selama ini lebih sering disepelekan masyarakat. (R9/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru