Manfaat Daun Pepaya untuk Lawan Kanker

Manfaat Daun Pepaya untuk Lawan Kanker
Pepaya tak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, namun daunya pun bisa dimanfaatkan sebagai alternatif untuk melawan kanker.Foto:Jujang/HR

Manfaat daun pepaya ternyata sangat banyak, salahsatunya untuk melawan kanker. Berbagai sumber menyebut, bahwa daun pepaya mengandung antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas yang bisa memicu sel kanker.

Selama ini kebanyakan masyarakat hanya memanfaatkan buah pepaya nya saja, karena dipercaya mengandung vitamin dan mineral untuk mengatasi masalah sembelit. Namun ternyata, daunnya pun bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Di berbagai negara, daun pepaya ternyata digunakan sebagai obat kanker alternatif. Bahkan dokter dan peneliti internasional dari Jepang dan Amerika Serikat telah melakukan penelitian yang luas tentang efek dan manfaat daun pepaya untuk kanker.

Hasil penelitian mereka pun telah dipublikasikan dalam Journal of Ethnopharmacology pada 17 Februari tahun 2010. Dalam journal tersebut, mereka menyimpulkan bahwa daun pepaya memiliki sifat melawan kanker atau tumor. Disebutkan pula bahwa efek anti-kanker daun pepaya kering terbukti mampu melawan kanker serviks, kanker hati, kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker pankreas.

Peneliti lainya, Nam Dang, M.D., Ph.D., dari University of Florida menyatakan, komponen dalam ekstrak teh rebusan daun pepaya terbukti mampu membunuh sel kanker secara langsung. Dia pun berkesimpulan bahwa manfaat daun pepaya mampu memperlambat pertumbuhan semua jenis kanker atau tumor. Semakin tinggi dosisnya, semakin kuat dampaknya.

Cara Pengolahan Daun Pepaya

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari manfaat daun pepaya, anda mesti secara rutin mengkonsumsinya. Lalu bagaimana cara pengolahan daun pepaya agar bisa dikonsumsi?

Salahsatu pengolahan daun pepaya yang cukup mudah yakni dengan membuat teh daun pepaya. Berikut cara pengolahanya:

1. Ambil mengambil daun pepaya yang masih muda dan jangan terlalu tua.

2. Cuci daun pepaya hingga bersih menggunakan air lalu ditiriskan

3. Keringkan Daun pepaya bisa dijemur dibawah terik matahari atau menggunakan oven.

4. Setelah dikeringkan,langkah selanjutnya tumbuk daun pepaya hingga halus.

5. Setelah itu, daun pepaya yang sudah ditumbuk tinggal diseduh menggunakan air panas.

Untuk merasakan manfaat teh daun pepaya, anda perlu rutin mengkonsumsinya 2 kali sehari. Karena khasiat teh daun pepaya ini memerlukan jangka waktu tertentu, anda harus bersabar dan tetap berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Demikian rangkuman tentang manfaat daun pepaya untuk melawan kanker yang bisa kami tuangkan. Semoga bermanfaat.(Jujang/R8/HR Online)

Loading...