Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Jagung Manis Bikin Wajah Makin Cantik

Manfaat Jagung Manis Bikin Wajah Makin Cantik

Manfaat jagung manis yang utama tentunya rasanya yang manis dan dapat menghalau  lapar. Jagung manis paling populer diolah dengan direbus dan menjadi makanan yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Jagung telah dikenal sebagian besar penduduk bumi dan menjadi bahan pangan utama di berbagai negara.

Jagung juga menjadi bahan utama bagi industri untuk dijadikan tepung maizena dan sumber minyak pangan yang vital.

Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, membuat manfaat jagung manis selalu menjadi bahan pangan utama. Selain rasanya yang manis dan enak, jagung juga kaya dengan kandungan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Beragam Manfaat Jagung Manis untuk Kesehatan

Kandungan nutrisinya yang lengkap membuat jagung manis sangat baik dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beragam manfaat jagung manis untuk kesehatan.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jagung manis mengandung carotenoid yang sangat berguna untuk menurunkan risiko dan mencegah terjadinya penyumbatan arteri. Konsumsi rutin jagung manis akan menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung anda.

Mengobati Penyakit Kanker

Jagung juga bersifat antioksidan yang sangat baik dalam mencegah maupun mengatasi sel kanker. Buat anda yang menderita kanker hati dan kanker payudara sangat disarankan mengonsumsi jagung manis karena cukup ampuh.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat jagung manis yang kaya serat ini berkhasiat mengatasi berbagai gangguan pencernaan dan sekaligus melancarkannya. Pencernaan yang lancar akan menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit.

Menyembuhkan Penyakit Anemia

Jagung manis yang memiliki kandungan asam folat, zat besi, dan vitamin B12 sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit anemia. Rebus saja jagung manis dan jadikan cemilan makanan yang enak.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan carotenoid dalam jagung ternyata juga baik untuk mengatasi gangguan mata sekaligus mencegah penyakit mata. Makan rutin buah jagung manis juga berguna untuk meningkatkan ketajaman penglihatan.

Mencegah Cacat Bayi Saat Lahir

Manfaat jagung manis juga bisa membantu kesehatan ibu hamil. Selain mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil, nutrisi asam folat dalam jagung berguna meningkatkan kesehatan janin dan mencegah risiko kelahiran cacat pada bayi.

Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit dan Wajah

Banyak produk kosmetik yang memanfaatkan minyak jagung karena khasiatnya dalam proses regenerasi kulit. Manfaat jagung manis rebus pun apabila dikonsumsi secara rutin bisa membantu perawatan wajah. Apalagi bila ditambah dengan perawatan masker jagung akan membuat wajah cantik dan awet muda.

Kandungan Jagung Manis

Kandungan utama jagung (Zea mays ssp. mays) adalah karbohidrat sebanyak 80 persen dalam bentuk campuran amilosa dan amilopektin. Selain itu juga ada protein dan kalori.

Sebenarnya ada banyak jenis jagung sehingga manfaat jagung manis dengan jenis lain juga berbeda. Namun seperti dikutip dari USDA AS, kandungan nutrisi umumnya jagung termasuk lengkap dan beragam.

Jagung juga kaya vitamin A, C, E, vitamin K, asam pantotenat, asam folat, thiamin, riboflavin, niacin, dan pyridoxine. Meski mengandung lemak namun tidak terdapat kolesterol didalamnya. Kandungan seratnya juga cukup tinggi.

Kandungan mineral dalam jagung juga lengkap, seperti kalsium, kalium, magnesium, sodium, selenium, zat besi, mangan, zinc, karoten, tembaga, lutein – zeaxanthin, dan cryptoxanthin-AY.

Cara Efektif Mengonsumsi Jagung Manis

Dibalik manfaat jagung manis yang kaya nutrisi ini, juga bersifat antioksidan. Kandungan lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid utama yang berkhasiat sebagai anti-oksidan. Karena itu penting memperhatikan cara konsumsinya agar tidak merusak nutrisinya.

Cara paling mudah mengolah jagung manis tanpa merusak kandungannya adalah dengan mengukus atau merebusnya. Jagung juga bisa dikonsumsi sebagai masakan sayuran yang enak dan bergizi

Demikianlah berbagai manfaat jagung manis untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin. (R9/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img