Manfaat Jus Wortel, Minuman Penuh Khasiat yang Menakjubkan

manfaat jus wortel
Ilustrasi Jus Wortel. Foto: Istimewa

Manfaat jus wortel selama ini lebih dikenal untuk kesehatan mata. Karena kandungan vitamin A dalam sayuran ini sangat tinggi. Namun khasiat jus wortel untuk kesehatan ternyata jauh lebih menakjubkan.

Wortel (Daucus carota L.) merupakan jenis sayuran berwarna yang populer sebagai sayuran super. Hal ini karena kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan vitamin A dalam sayuran ini bisa memenuhi kebutuhan harian orang dewasa hingga mencapai 210 persennya. Bahkan kandungan vitamin C buah ini berguna sebagai antioksidan yang dimanfaatkan untuk terapi detoks. Karena kandungan itulah yang membuat manfaat jus wortel untuk kesehatan sangat luar biasa.

Yang tak kalah menarik, keberadaan tumbuhan ini juga memberikan berkah untuk tanaman di sekitarnya. Sebab saat berbunga tanaman wortel menghasilkan aroma yang dapat memancing datangnya tawon predator untuk membunuh hama-hama yang menyerang dan merusak tanaman di sekitarnya.

Kandungan Nutrisi Jus Wortel

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat jus wortel untuk kesehatan dan pengobatan, baiknya ketahui dulu kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran ini. Buah wortel kaya dengan kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Diantaranya vitamin C, B1, B2, B3, B6, B9, E, dan vitamin K.

Selain itu wortel juga kaya serat yang sangat berguna untuk diet. Kandungan mineralnya juga beragam dari kalsium, kalium, magnesium, fosfor, sodium, zat besi, seng, mangan, dan folat.

Apabila belum yakin dengan manfaat jus wortel yang bisa mengatasi berbagai penyakit, baiknya Anda pelajari dulu secara detail mengenai nutrisi apa saja yang terkandung dalam sayuran ini.

Perlu diketahu bahwa kandungan nutrisi dalam satu gelas jus wortel, menurut  Department of Agriculture National Nutrient Database Amerika Serikat, sebanyak 94 kalori, protein (2,24 gram), karbohidrat (21,90 gram), dan lemak (0,35 gram).

Selain itu juga ada vitamin A (2,256 mikrogram), tiamin (0,217 mg), vitamin B6 (0,512 mg), vitamin C (20,1 mg), vitamin K (36,6 mikrogram), potassium (689 mg), dan serat (1,90 gram).

Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan dan Kebugaran

Selain manfaat jus wortel untuk mata masih ada banyak khasiat lainnya dari sayuran ini yang sangat menakjubkan. Apa saja itu? Berikut ini diantaranya:

Mengendalikan Kolesterol dan Mengatasi Stroke

Sebuah penelitian menemukan adanya kandungan calcium pectate dalam wortel yang merupakan serat yang mudah larut. Kandungan berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol dan juga mengatasi stroke.

Riset itu dilakukan pada orang yang mengkonsumsi 200 gram wortel mentah atau jus wortel selama 3 minggu. Hasilnya, kolesterol turun 11%, risiko stroke berkurang 68%, dan mencegah risiko cacat atau kematian akibat stroke.

Mengatasi Penyakit Kanker

Manfaat jus wortel lainnya adalah untuk menangkal dan mengatasi kanker. Beragam jenis kanker, dari kanker payudara, kanker paru, kanker lambung, kanker pankreas, hingga kanker usus bisa disembuhkan dengan minum jus ini.

Mencegah Radikal Bebas dan Menyembuhkan Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan dalam wortel yang cukup tinggi sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menurunkan kadar kolesterol darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Manfaat Jus wortel juga berkhasiat untuk membuang racun dari ginjal. Dengan begitu ginjal dapat berfungsi lebih optimal. Karena wortel mengandung betakaroten, yaitu jenis antioksidan terbaik untuk membuang racun.

Meningkatkan Fungsi Otak

Beta-karoten dalam jus wortel juga berkhasiat dalam meningkatkan daya ingat dan meningkatkan fungsi otak. Polusi dan radikal bebas yang menyebabkan penurunan fungsi otak bisa disingkirkan sehingga otak pun makin encer.

Meningkankan Kualitas ASI

Manfaat jus wortel untuk wanita juga khasiatnya dalam meningkatkan kualitas ASI. Bahkan jus wortel sangat disarankan dikonsumsi ibu yang sedang hamil untuk kesehatan calon bayinya.

Mencerahkan Kulit dan Anti Penuaan Dini

Selain diminum, jus wortel juga bisa dibuat masker yang ampuh membersihkan kulit wajah dan mencegah penyakit kulit. Hal ini akan membuat wajah menjadi lebih cerah, lebih kencang, dan mencegah penuaan dini.

Meningkatkan Kesuburan

Mengkonsumsi jus wortel secara rutin ternyata juga memberikan khasiat untuk pasangan menikah yang mendapatkan anak. Nutrisi wortel sangat baik dalam meningkatkan kesuburan sehingga berpeluang untuk mendapatkan anak.

Demikianlah beragam manfaat jus wortel, minuman penuh khasiat yang menakjubkan dan sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan. (R9/HR-Online)

Loading...