Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Bayi Lahir Cacat

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil
Kacang hijau. Foto: Istimewa

Belakangan informasi tentang manfaat kacang hijau untuk ibu hamil banyak berseliweran di dunia maya. Namun informasi tersebut kerap tumpang tindih dengan kabar sejumlah mitos yang menyertainya.

Kacang hijau tentunya sudah banyak dikenal sebagai makanan kaya dengan nutrisi yang penting untuk tubuh. Apalagi rasanya yang enak untuk dibuat bubur atau diolah menjadi aneka makanan lainnya.

Popularitas kacang hijau juga setara dengan mie instan yang begitu populer dan menjadi menu utama di warung-warung burjo (bubur kacang hijau) yang tumbuh subur di berbagai daerah di tanah air.

Kandungan Nutrisi dalam Kacang Hijau

Kacang hijau flksibel sebagai bahan makanan yang bisa diolah menjadi aneka makanan. Selain dibuat bubur, kacang hijau juga untuk isian onde-onde, bakpia, bahan puding, es kacang hijau, dan makanan ringan lainnya.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil juga karena tingginya kandungan nutrisinya. Dalam secangkir (7 ons atau 202 gram) kacang hijau rebus terkandung  212 kkal kalori, karbohidrat (38,7 gram), dan protein (14,2 gram).

Juga ada mineral mangan sebesar 30% dari Reference Daily Intake (RDI), magnesium (24% RDI), fosfor (20% RDI), tembaga (16% RDI), besi (16% RDI), kalium (15% RDI), seng (11% RDI), dan selenium.

Sedangkan vitaminnya ada B9 (folat) sebesar 80% dari Reference Daily Intake (RDI), B1 (22% RDI), vitamin B2, B3, B5, dan B6. Kacang hijau juga kaya serat (15,4 gram) dan rendah lemak (0,8 gram).

Besarnya manfaat makanan ini untuk ibu hamil karena sebagai sumber protein nabati terbaik untuk kesehatan tubuh. Kacang hijau kaya akan asam amino esensial, seperti lisin, leusin, fenilalanin, valin, isoleusin, arginin, dan lainnya.

Beragam Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Dengan beragam kandungan nutrisinya, lantas apa saja khasiat kacang hijau khususnya untuk ibu hamil? Yuk simak penjelasannya.

Meredakan Gejala Morning Sickness

Morning sickness atau mual muntah pada pagi hari merupakan gejala umum awal kehamilan. Dengan mengonsumsi kacang hijau yang kaya dengan vitamin B berguna untuk meredakan morning sickness dan melancarkan pencernaan.

Mencegah Anemia Ibu Hamil

Ibu hamil yang menderita anemia atau rendahnya jumlah sel darah merah sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan pendarahan hingga keguguran. Kacang hijau yang kaya zat besi berfungsi meningkatkan hemoglobin darah dan mencegah anemia.

Mencegah Kelahiran Prematur

Zat besi dalam kacang hijau sangat dibutuhkan untuk perkembangan plasenta dan janin. Apalagi saat kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga kebutuhan zat besi ibu hamil sangat besar, mencapai 25 mg perhari.

Mencegah Bayi Lahir dengan Kondisi Cacat

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil lainnya adalah kandungan asam folat yang penting mencegah kelahiran cacat pada bayinya. Sejumlah penelitian membuktikan asupan asam folat selama hamil dapat mencegah cacat kelahiran bayi.

Ibu hamil yang mengonsumsi asam folat setidaknya 400 mcg perhari sangat berguna untuk mencegah bayi lahir dengan kelainan otak dan saraf serta kecacatan pada sumsum tulang belakang.

Membantu Mengoptimalkan Otak Bayi

Zat thiamin atau vitamin B1 yang tinggi dalam kacang hijau menjadi sumber energi selama kehamilan sekaligus menjaga kesehatan janin. Thiamin berguna dalam membantu perkembangan otak bayi dan menjaga kesehatan ibu.

Meskipun kacang hijau sangat penting, namun sebaiknya hindari minum sari kacang hijau kemasan untuk ibu hamil. Agar manfaat kacang hijau untuk ibu hamil optimal juga jangan mengonsumsi secara berlebihan. (R9/HR-Online)

Loading...