Manfaat Putih Telur untuk Wajah dan Cara Membuat Maskernya

manfaat putih telur untuk wajah
Ilustrasi telur. Foto: Istimewa

Manfaat putih telur untuk wajah mungkin tak sepopuler buah mentimun atau bengkoang. Selain baunya yang agak amis untuk perawatan wajah, bagian putih telur umumnya lebih disukai untuk dikonsumsi. Telur dari unggas khususnya ayam merupakan yang paling banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia.

Selain telur ayam, telur unggas juga banyak dikonsumsi adalah telur bebek, telur burung puyuh, dan lainnya.

Sebagai produk hewani, telur diketahui mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan kandungan gizi telur boleh dikata sangat lengkap untuk kebutuhan harian tubuh. Karenanya manfaat putih telur untuk wajah masih kurang populer. Telur hanya diketahui umum sebagai makanan sehat untuk konsumsi.

Sebagai makanan sehat, telur mengandung berbagai nutrisi diantaranya protein, karbohidrat, dan berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, B2, B5, B12, B9, D, E, K, dan beragam asam amino yang berguna untuk tubuh.

Yang menarik, dalam telur, khususnya dari telur ayam juga terkandung omega 3 yang sangat penting untuk konsumsi anak-anak guna tumbuh kembang dan meningkatkan kecerdasan anak. Lantas, apa manfaat putih telur untuk wajah dan kecantikan? Mari kita simak penjelasannya.

Manfaat Putih Telur untuk Wajah dan Kecantikan

Selain bagian kuningnya yang kaya gizi, bagian putih telur juga tak kalah manfaatnya. Baik untuk kesehatan maupun untuk perawatan kecantikan.

Bagian putih telur juga diketahui banyak mengandung vitamin dan protein yang dapat menyuplai kebutuhan energi tubuh. Anda pun bisa menjalankan dan beraktivitas sehari-hari tanpa perlu takut kekurangan nutrisi.

Yang menarik, bagian putih telur juga bermanfaat dalam mendukung program diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena putih telur dapat mengurangi dan menekan nafsu makan.

Dibandingkan bagian kuningnya, khasiat putih telur untuk perawatan kecantikan memang jauh lebih besar. Berikut ini berbagai manfaat putih telur untuk wajah cantik anda.

Mengontrol Kadar Minyak pada Kulit Wajah

Putih telur kaya dengan vitamin E yang bermanfaat untuk mengurangi dan mengontrol kadar minyak pada wajah. Produksi minyak yang berlebih pada wajah bisa mengundang bakteri jika tak segera dibersihkan.

Dengan membuat masker wajah dari putih telur maka akan membuat kulit wajah lebih mampu mengontrol kadar minyaknya. Bahkan dengan masker ini sirkulasi pada pori wajah akan lebih terjaga.

Untuk Melindungi dan Melembutkan Kulit

Manfaat putih telur untuk wajah lainnya karena kandungan proteinnya yang berguna untuk melancarkan regenerasi sel-sel kulit wajah. Hal ini akan membuat wajah terlihat cerah dan halus. Bahkan protein ini juga berguna mengecilkan pori-pori kulit wajah.

Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Selain itu manfaat masker putih telur dan madu juga bisa menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang terdapat pada wajah. Hal ini karena putih telur yang kaya nutrisi yang baik untuk mencerahkan wajah.

Mengatasi Kantung Mata dan Lingkaran Hitam pada Mata

Manfaat putih telur untuk wajah juga berkhasiat menghilangkan lingkaran hitam yang muncul di sekitar mata. Coba saja oleskan putih telur di sekitar mata sebelum tidur. Asal dilakukan secara rutin, cara ini akan memberikan hasil yang cukup efektif.

Langkah Praktis Cara Membuat Masker Putih Telur Biasa

Menyangkut tentang manfaat putih telur untuk wajah dan cara pemakaiannya anda bisa membuatnya menjadi masker wajah. Cara membuat masker putih telur biasa juga cukup mudah, berikut ini langkahnya.

  1. Sebaiknya pilih dan gunakan putih telur dari ayam kampung agar hasilnya efektif. Ambil bagian putihnya dan masukkan dalam mangkuk. Sedangkan bagian kuningnya diminum langsung untuk menjaga kesehatan atau menambah stamina.
  2. Setelah itu bagian putihnya dicampur dengan jeruk nipis dan madu lalu diaduk sampai berbusa. Busa yang membentuk krim ini bisa digunakan sebagai masker untuk perawatan wajah.
  3. Oleskan saja krim putih telur itu secara merata pada wajah anda yang sebelumnya telah dibersihkan dahulu. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk hasil optimal.

Demikianlah manfaat putih telur untuk wajah dan cara pemakaiannya yang semoga bermanfaat untuk anda. (R9/HR-Online)