Manfaat Sarang Semut yang Ampuh Hancurkan Tumor

manfaat sarang semut
Pohon sarang semut. Foto: Istimewa

Khasiat dan manfaat sarang semut untuk kesehatan tampaknya belum banyak diketahui orang. Padahal sarang semut merupakan herbal ajaib yang ampuh mengatasi berbagai penyakit mematikan, termasuk tumor. Sarang semut adalah sejenis tanaman unik yang berasal dari Papua.

Karena itu pula tanaman ini populer dengan sebutan sarang semut Papua. Tanaman ini masuk dalam genus myrmecodia yang maknanya ‘dikerumuni semut’ atau ‘mirip semut’. Hal ini karena semut senang sekali membangun koloni pada tanaman ini, khususnya di bagian umbinya.

Selain di Papua, herbal ini juga banyak ditemukan di sejumlah tempat, dari Asia Tenggara sampai Australia. Tanaman ini hidupnya seperti benalu dengan menempel pada dahan atau batang tumbuhan.

Bagian akar umbi herbal ini menjuntai atau menggantung di sekitar cabang tanaman yang ditempeli. Nah, manfaat sarang semut yang utama adalah bagian umbi ini yang terkandung senyawa aktif hasil simbiosis semut dan tanamannya.

Pohon sarang semut. Foto: Istimewa

Kandungan dan Manfaat Sarang Semut untuk Kesehatan

Senyawa aktif pada bagian umbi sarang semut inilah yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan. Zat ini antara lain berupa tokoferol (vitamin E), tannin, alfa-tokoferol, dan polifenol (berupa asam fenolik dan flavonoid).

Kandungan lain yang terdapat pada sarang semut adalah beragam jenis mineral seperti fosfor, kalsium, magnesium dan mineral lainnya. Senyawa aktif dan mineral ini bersifat antioksidan, antikanker, dan mengobati penyakit.

Berikut ini berbagai manfaat sarang semut yang ampuh untuk menyembuhkan beragam penyakit, seperti:

Pengobatan Tumor dan Kanker

Kandungan flavonoid dalam sarang semut berfungsi dalam melawan tumor atau kanker. Diantaranya sebagai antiproliferasi, inaktivasi karsinogen, menginduksi apoptosis dan diferensiasi, penghambatan siklus sel tumor, serta sebagai inhibisi angiogenesis.

Jenis kanker yang dapat diobati oleh herbal ini juga mencakup hampir semua jenis kanker. Baik kanker otak, kanker paru, kanker prostat, kanker hati, kanker usus, kanker darah (leukemia), kanker rahim, dan kanker payudara.

Bahkan kanker kulit maupun kanker tenggorokan dan rongga mulut juga dapat disembuhkan dengan zat aktif dari sarang semut ini.

Menyembuhkan Jantung Koroner dan Stroke

Manfaat sarang semut lainnya juga ampuh menyembuhkan gangguan fungsi ginjal, penyakit jantung koroner, stroke, TBC paru, maag, migrant, rematik (encok), wasir (ambeien) dan berbagai penyakit lainnya.

Melancarkan Peredaran Darah

Sarang semut yang kaya dengan senyawa kimianya juga berkhasiat dalam melancarkan peredaran darah maupun meredakan dan mengatasi haid dan keputihan.

Meningkatkan Stamina Tubuh

Kandungan tokoferol dan flavonoid dalam sarang semut yang cukup tinggi juga berguna untuk mengembalikan tenaga dan meningkatkan stamina tubuh. Termasuk untuk meningkatkan gairah pasutri.

Meningkatkan Produksi ASI

Manfaat sarang semut untuk wanita juga besar. Selain melancarkan dan meningkatkan produksi ASI, herbal ini pun ampuh memulihkan kesehatan dan merapatkan bagian kewanitaan ibu pasca melahirkan.

Cara Mengolah Sarang Semut

Bentuk sarang semut yang unik mungkin agak sulit bagi sebagian orang dalam mengolahnya. Apalagi untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Karena memang belum banyak dijual di pasaran.

Nah, untuk cara mengolah sarang semut sebenarnya cukup mudah. Namun sebelum diolah, sarang semut perlu dikeringkan terlebih dahulu. Jemur saja sarang semut di bawah matahari hingga kering.

Untuk mendapat khasiat dan manfaat sarang semut yang maksimal, setelah kering dijemur lalu dibersihkan dengan menggunakan air hingga benar-benar bersih. Baru kemudian sarang semut dipotong menjadi bentuk kecil-kecil agar lebih mudah dihaluskannya.

Nah, dari potongan sarang semut inilah yang kemudian diblender sampai lembut. Anda bisa juga menghaluskannya dengan cara manual dengan digeprek. Setelah itu masukkan dan simpan dalam wadah agar siap digunakan.

Untuk membuat ramuannya, 200 gram sarang semut yang telah dihaluskan itu direbus dengan 3 liter air sampai mendidih. Setelah dingin lalu airnya disaring dan siap diminum.

Manfaat sarang semut untuk meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh, sebaiknya minum 1 hingga 2 gelas sehari. Sedangkan untuk menyembuhkan penyakit bisa minum 3 sampai 8 gelas sehari. (R9/HR-Online)