spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruManfaat Sari Kurma Jauh Lebih Manis dari Rasanya

Manfaat Sari Kurma Jauh Lebih Manis dari Rasanya

- Advertisement -

Tahukah anda jika manfaat sari kurma semanis rasanya. Buah kurma mengandung zat gula sederhana yang mudah dicerna dan cepat memulihkan energi tubuh. Karena itulah buah ini cocok untuk menu berbuka puasa. Sementara sari kurma merupakan minuman herbal yang dibuat dari buah kurma.

Mengkonsumsi sari kurma tak ada bedanya dengan makan buah kurma. Jika sulit mendapatkan sari buah kurma, tak ada salahnya mengkonsumsi buahnya.

Kurma merupakan buah berkah yang sangat populer saat bulan puasa Ramadhan. Bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, sangat dianjurkan untuk berbuka dengan buah yang manis rasanya ini.

Anjuran itu rupanya tidak hanya sebagai sunah semata, tetapi manfaat sari kurma maupun buahnya berdasarkan medis pun memang berkhasiat untuk memulihkan stamina tubuh setelah seharian berpuasa.

Kurma (Phoenix dactylifera) adalah tanaman palm yang berasal dari Teluk Persia dan dijadikan makanan utama sejak lama. Bahkan Bangsa Mesir Kuno telah minum anggur kurma sejak tahun 4000 SM.

Cek harga Sari Kurma di Shopee dan Cek di Lazada

Kandungan Sari Buah Kurma

Buah kurma berbentuk lonjong dengan daging buah tebal dan biji yang keras. Ada beberapa jenis buah kurma berdasarkan kandungan glukosa, sukrosa, maupun fruktosanya. Yaitu dari yang kering, semi kering, dan lunak.

Manfaat sari kurma terutama dari nutrisinya yang penting untuk kesehatan. Menurut USDA National Nutrient Database for Standard Reference AS, dalam 100 gram kurma mengandung 251 kkal energi, karbohidrat (66,78 gram), dan protein (2,81 gram).

Juga ada kandungan gula (56,38 gram), lemak jenuh (0,0028 gram), total lemak (0,35 gram), dan serat (7,1 gram), PUFA (0,017 gram), MUFA (0,0032 gram), dan kandungan air (18.27 gram).

Menurut riset, manfaat sari kurma untuk kesehatan lantaran terdapat kandungan mineral pada buah kurma. Diantaranya magnesium (38 mg), kalsium (35 mg), kalium (484 mg), fosfor (55 mg), zat besi (0,91 mg), sodium (2 mg), dan seng (0,26 mg).

Selain itu, buah kurma juga kaya vitamin A, C, E, K, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoxin), B9 (folat), beta karoten, serta lutein dan zeaxantin.

Manfaat Sari Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Seperti buah kurma, hasil ekstraknya berupa sari kurma juga memberikan manfaat besar untuk tubuh. Berikut ini beragam manfaat sari kurma untuk kesehatan tubuh yang seiknya anda tahu.

Memulihkan Stamina Tubuh

Zat gula sederhana dalam kurma adalah fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna. Makan buah atau sari kurma saat berbuka bisa menjadi sumber energi yang cepat memulihkan stamina tubuh.

Membantu Program Diet

Sari buah kurma banyak mengandung serat dan sumber kalium yang sangat baik untuk menu diet dalam menurunkan berat badan. Makan 5 butir buah kurma akan memberikan energi hingga 115 kalori.

Mencegah Stroke dan Hipertensi

Manfaat sari kurma lainnya adalah kemampuannya dalam mengontrol dan mengendalikan tekanan darah (hipertensi) maupun mencegah stroke. Buah ini juga mampu menenangkan pikiran sehingga bisa menekan depresi.

Untuk Membersihkan Usus

Sari kurma juga mengandung senyawa tannin yang cukup tinggi. Zat ini bermanfaat dalam membersihkan usus sekaligus sebagai astringent untuk mengtasi gangguan pada usus.

Mengontrol Gula Darah

Penderita diabetes biasanya dilarang mengkonsumsi gula. Namun manfaat sari kurma ini malah sebaliknya. Jenis gula dalam sari kurma adalah jenis gula sederhana yang justru baik untuk mengendalikan dan mengontrol kadar gula darah. Kandungan ini juga berkhasiat menekan kadar kolesterol LDL darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Mengatasi Penyakit Kanker

Sari buah kurma juga berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh dalam meningkatkan imunitas tubuh dan menangkal radikal bebas. Buah ini juga baik dikonsumsi untuk mengatasi penyakit kanker.

Menyembuhkan Demam dan Pilek

Kandungan energi yang tinggi dan sifat antioksidan buah ini berguna untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, mengatasi demam, dan pilek. Kurma juga ampuh mengatasi penyakit selesma bronkial maupun mengatasi keracunan alkohol dalam tubuh.

Itulah berbagai manfaat sari kurma yang sama dengan khasiat buahnya. Dengan mengonsumsi secara rutin akan membuat stamina tubuh lebih sehat dan jauh dari segala jenis penyakit. (R9/HR-Online)

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -