Manfaat Sawi Hijau yang Jarang Diketahui, Bisa Cegah Kanker Usus

Manfaat Sawi Hijau yang Jarang Diketahui, Bisa Cegah Kanker Usus
Manfaat sawi hijau yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Jenis sayuran hijau ini sering digunakan sebagai pelengkap pada sajian bakso dan mie ayam. Photo : Ilustrasi.

Manfaat sawi hijau yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Jenis sayuran hijau ini sering digunakan sebagai pelengkap pada sajian bakso dan mie ayam.

Tidak hanya jadi pelengkap saja, manfaat sawi hijau juga baik untuk kesehatan tubuh karena memiliki banyak kandungan nutrisi penting buat tubuh. Bahkan bisa untuk mencegah penyakit kanker usus.

Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (01/10/2019), beragam manfaat sawi hijau ini diketahui karena sayuran tersebut mengandung mineral, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, E dan vitamin K, zat besi, sodium, kalium, serta fosfor.

Manfaat Sawi Hijau Bisa Mengatasi Berbagai Penyakit

Mencegah Kanker Usus

Sawi hijau memiliki sifat anti peradangan yang mampu mencegah munculnya penyakit kanker usus.

Kandungan vitamin C sebagai antioksidan yang terkandung di dalamnya sangat berperan untuk mencegah kerusakan sel, sehingga mampu menghambat tumbuhnya sel kanker.

Mengatasi Peradangan Kulit

Penyakit peradangan kulit atau proriasis membuat kulit menebal, kering, bersisik, gampang mengelupas, dan menimbulkan munculnya ruam merah pada kulit.

Kekebalan tubuh dan faktor keturunan diduga menjadi penyebab terjadinya peradangan kulit. Untuk mengatasinya bisa dengan cara rutin mengonsumsi sayuran hijau tersebut.

Atasi Masalah Pernapasan

Sawi hijau mengandung vitamin C yang memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh. Selain bisa tingkatkan imunitas, kandungan vitamin C juga mampu redakan penyakit asma dan masalah sinus.

Masalah gangguan pernapasan akan mereda dengan rutin mengonsumsi sawi hijau setiap hari. Bisa ditambahkan pada menu masakan maupun dijadikan lalapan.

Menjaga Kelembaban Kulit

Kulit yang tidak terlalu kering dan tidak juga terlalu banyak minyak merupakan kulit yang sehat karena kelembabannya terjaga dengan baik.

Agar kelembaban kulit terjaga dibutuhkan asupan vitamin C dan E yang mampu tingkatkan produksi kolagen. Dua vitamin tersebut dapat ditemui pada sayuran jenis sawi hijau.

Untuk mendapatkan manfaat sawi hijau secara maksimal, disarankan rutin mengonsumsinya setiap hari.

Menjaga Stamina Tubuh

Sawi hijau juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh maka berbagai penyakit pun akan menjauh dari tubuh.

Kandungan vitamin C dalam sawi hijau sangat penting guna meningkatkan imunitas sehingga stamina bisa tetap terjaga dan tubuh pun akan selalu sehat dan bugar.

Menyehatkan Pencernaan

Manfaat sawi hijau lainnya yaitu bisa menyehatkan pencernaan, karena kansungan serat dalam sayuran tersebut sangat baik untuk membantu usus dan lambung menyerap nutrisi makanan, yang kemudian meneruskan ke usus besar.

Jikan saluran pencernaan lancar, maka kesehatan organ-organ pada pencernaan juga akan selalu terjaga dengan baik.

Memperlancar BAB

Pencernaan yang sehat membuat BAB (buang air besar) pun akan lebih lancar. Hal itu karena sampah dari makanan yang terdapat di usus besar akan mengalir keluar dari tubuh tanpa adanya hambatan.

Atasi Masalah Menopause

Pada umumnya wanita yang sudah memasuki usia 50 tahun lebih mengalami menopause. Kondisi tersebut membuat reproduksi hormonnya berkurang sehingga rentan munculnya berbagai gangguan kesehatan.

Selain kulit yang kian mengendur, kesehatan tulang menurun, juga masalah gangguan kesehatan lainnya. Dengan mengonsumsi sawi hijau secara rutin setiap hari maka masalah menopause tersebut dapat diatasi.

Detoksifikasi

Secara berkala tubuh manusia mengeluarkan racun, bisa dari makanan yang kita konsumsi, bisa juga dari pengaruh lingkungan sekitar yang tidak terlalu sehat.

Agar tubuh tetap sehat dan kuat maka racun yang ada di dalam tubuh harus dikeluarkan. Detoksifikasi adalah salah satu untuk mengeluarkan racun, dan cara tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi sawi hijau secara teratur.

Mengatur Kolesterol

Berbagai masalah kesehatan pada tubuh bisa disebabkan oleh naiknya kadar kolesterol, seperti penyakit diabetes, jantung, dan lainnya.

Namun, masalah itu dapat dicegahnya dengan konsumsi sawi hijau lantaran sayuran ini mampu turunkan kadar kolesterol jahat, dan menaikan kadar kolesterol baik.

Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C yang baik bagi sistem kekebalan serta imunitas tubuh tak hanya terdapat pada buah jeruk saja, tapi juga ada pada sawi hijau.

Kandungan vitamin C menjadi salah satu manfaat sawi hijau untuk mencegah terjadinya kerusakan sel, sekaligus mencegah munculnya berbagai penyakit, salah satunya kanker. (Eva/R3/HR-Online)