Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Layaknya Apotik Hidup

manfaat temulawak untuk kesehatan
Ilustrasi temulawak. Foto: Istimewa

Manfaat temulawak untuk kesehatan maupun meredakan penyakit sudah lama diketahui. Pamor temulawak sebagai apotik hidup ini sebelumnya cukup populer sebagai solusi praktis yang cepat untuk meredakan dan mengurangi sakit.

Namun seiring perkembangan pengobatan modern yang pesat, temulawak seakan kembali tenggelam dan tak lebih hanya sebagai bumbu masak di dapur. Bahkan keluarga temu-temuan ini makin kalah dengan jahe.

Temulawak memang berbeda dengan jahe meski masih dalam satu keluarga. Jika jahe diketahui berasal dari China dan India, temulawak justru merupakan rempah asli Indonesia yang menyebar ke berbagai kawasan di Asia.

Kandungan Nutrisi Temulawak

Temulawak adalah jenis tanaman obat keluarga (toga) yang masuk dalam keluarga temu-temuan (Zingiberaceae). Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) diketahui mengandung banyak mineral dan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Rimpang ini sebagian besar mengandung zat tepung sebanyak 48 hingga 59,64% dan protin sebanyak 29 hingga 30%. Sisanya terdiri dari abu sebesar 5,26 hingga 7,07%, dan serat sebanyak 2,58 hingga 4,83%.

Herbal ini juga mengandung kurkumin sebanyak 1,6 hingga 2,2% dan minyak atsiri sebanyak 6 – 10%. Kandungan nutrisi temulawak diantaranya karbohidrat, protein, dan mineral lainnya.

Manfaat temulawak untuk kesehatan juga dari kandungan minyak atsiri dalam temulawak. Atsiri ini mengandung beragam mineral yang sangat berkhasiat. Diantaranya kamfer, kurkumin, xanthorrhizol, phelandren, turmerol, borneol, sineal, dan glukosida.

Kurkumin yang terdapat dalam herbal ini berkhasiat dalam meningkatkan fungsi ginjal, bersifat anti inflamasi (anti radang), dan anti hepototoksik yang berkhasiat menangkal keracunan empedu.

Temulawak juga mengandung beragam zat dan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan, antimikroba, anti kolesterol, dan antianemia. Herbal ini juga ampuh sebagai pencahar(laxative), peluruh kencing (diuretik), dan untuk mencegah penyakit hati (hepatoprotektor).

Besarnya Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Banyak dan beragamnya kandungan nutrisi dan mineral dalam herbal ini membuatnya sangat ampuh sebagai herbal. Berikut ini beragam manfaat temulawak untuk kesehatan yang bisa anda ambil.

Mengatasi Reumatik dan Asam Urat

Kandungan kurkumin dalam temulawak juga bersifat anti peradangan yang berkhasiat dalam meredakan dan mengatasi reumatik dan radang sendi. Herbal ini juga diketahui ampuh dalam mencegah timbulnya gejala asam urat.

Untuk menggunakanya tinggal mencampurkan satu rimpang temulawak, kunyit, dan daun kumis kucing yang dimasak dalam seliter air. Minum air jamu ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Meningkatkan Fungsi Hati

Temulawak yang mengandung kalagoga dan kurkumin juga ampuh dalam mendorong produksi empedu. Hal ini akan sangat berguna dalam meningkatkan fungsi hati.

Mengontrol Kolesterol

Temulawak mengandung kurkuminoid dan senyawa aktif yang berfungsi meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Hal ini berguna untuk menjaga dan mengendalikan kadar trigliserida dan kolesterol jahat.

Mengatasi Penyakit Jantung dan Stroke

Manfaat temulawak untuk kesehatan lainnya adalah untuk mencegah serangan penyakit jantung maupun stroke. Hal ini karena antioksidan dan anti kolesterol dalam herbal ini yang berkhasiat dalam menguatkan jantung.

Menyembuhkan Penyakit Asma

Herbal ini juga diektahui berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit asma. Ramuan yang bisa dibuat adalah dengan merebus dua rimpang temulawak dan gula aren dalam 5 gelas air. Minum secara rutin untuk hasil yang efektif.

Meredakan Sakit Maag

Temulawak juga ampuh dalam meredakan sakit maag. Untuk caranya tinggal merebus temulawak yang telah diiris tipis dengan 5 gelas air. Minum ramuan ini hangat-hangat akan segera meredakan nyeri akibat maag.

Mengatasi Jerawat

Kandungan mineral dalam temulawak juga ampuh dalam mengatasi jerawat yang membandel. Coba rebus sejari rimpang temulawak dengan empat gelas air hingga setengahnya. Saring dan campur madu. Minum secara rutin dua kali sehari untuk melihat hasilnya.

Itulah beragam manfaat temulawak untuk kesehatan sehingga perlu selalu tersedia agar bisa dimanfaatkan setiap saat. Minum ramuan ini secara rutin juga berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh. (R9/HR-Online)

Loading...
Loading...