Memilih Warna Cat untuk Ruangan Kecil, Warna Apa yang Perlu Dihindari?

Memilih Warna Cat
Pilihan warna cat tembok rumah. Foto: Istimewa

Memilih warna cat yang tepat untuk ruangan berukuran kecil adalah sebuah keputusan yang krusial. Sebab, meskipun menggunakan warna cerah dianggap sebagai sebuah pilihan wajib dan utama demi membuat ruangan nampak lebih besar. Sebenarnya ada berbagai faktor yang tak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan juga.

Salah satunya adalah memilih warna yang sesuai dengan selera Anda. Sebab, hal ini menjadi salah satu langkah awal untuk menciptakan ruangan yang terlihat dan terasa begitu nyaman untuk Anda tempati. Di samping itu, Anda juga perlu memilih warna cat yang tepat agar ruangan kecil tersebut dapat Anda maksimalkan kegunaannya.

Langkah Memilih Warna Cat yang Tepat

Nah, dalam memilih warna yang tepat, Anda juga perlu mengetahui beberapa warna yang sebaiknya dihindari ketika akan mengecat ruangan kecil.

Pasalnya, warna-warna tersebut dirasa kurang sesuai dan bisa memberikan suasana yang tidak nyaman, apalagi kalau ruangan kecil tersebut akan jadi ruangan yang sering Anda pakai. Misalnya kamar tidur atau ruang makan.

Kalau begitu, apa saja ya warna-warna yang sebaiknya Anda hindari ketika memilih warna cat untuk ruangan berukuran kecil? Yuk, simak daftarnya berikut ini untuk membantu Anda memilih warna yang paling pas untuk ruangan mungil Anda di rumah, ya!

Warna Putih

Anda barangkali merasa kaget melihat warna ini berada di dalam daftar warna yang perlu dihindari untuk ruangan kecil. Sebab, warna putih bisa dengan mudah membuat ruangan jadi lebih cerah sehingga terkesan lebih luas. Padahal, anggapan tersebut justru keliru.

Selain karena warna putih bisa membuat ruangan kecil terlihat “hambar” dan formal, warna ini justru bisa membuat bayangan gelap nampak dengan lebih mudah. Bayangan tersebut jelas akan terlihat sangat kontras ketika dibandingkan dengan warna putih.

Meski demikian, Anda masih bisa memilih warna cat yang satu ini untuk kamar kecil Anda, tapi gunakan saja sebagai warna aksen. Sedangkan untuk warna utamanya, coba warna yang punya kesan lebih hangat seperti abu-abu silver, dengan warna aksen putih untuk kesan elegan, cerah, tapi juga nyaman.

Warna Netral yang “Suram”

Memang benar bahwa warna netral merupakan pilihan sempurna untuk ruangan kecil. Meski demikian, bukan berarti Anda lantas bisa pilih sembarang warna netral, ya. Sebab, memilih warna cat dengan warna netral yang “suram” atau “kusam” justru akan memberikan efek sebaliknya untuk ruangan Anda: sempit dan gelap.

Justru, pilihlah warna netral yang bernuansa hangat, yang bisa memantulkan cahaya tapi tetap menjaga suasana ruangan tetap nyaman. Di samping itu, warna netral juga bisa Anda gunakan pada perabot di ruangan, tirai, atau karpet untuk dipadupadankan dengan warna tembok.

Warna yang Tidak Anda Sukai

Pastinya, Anda juga perlu pertimbangkan selera pribadi ketika memilih warna cat untuk ruangan mungil Anda. Jadi, jangan terpaku hanya pada bagaimana menemukan warna yang bisa membuat ruangan terlihat lebih luas, tapi juga warna yang bisa membuat ruangan kecil Anda terlihat menarik dan mengundang.

Dengan memilih warna yang Anda sukai, ruangan Anda bukan hanya akan jadi terlihat lebih luas dan terasa nyaman, tapi juga akan membuat Anda senang memasuki dan menghabiskan waktu di dalamnya. Karena itu, jangan pernah abaikan selera pribadi Anda ketika memilih warna cat untuk ruangan apapun di rumah.

Warna Merah

Warna merah memang cantik dan menarik, serta banyak dimanfaatkan untuk ruang makan karena punya efek psikologis mampu merangsang nafsu makan. Hanya saja, kebanyakan pilihan warna merah justru akan jadi opsi yang kurang pas ketika digunakan di dalam ruangan berukuran kecil.

Karena energi dan kehangatan yang dipancarkan oleh warna merah, penggunaannya di ruangan kecil justru bisa membuat Anda merasa kurang nyaman. Meski begitu, Anda tetap masih bisa memilih warna cat merah untuk ruangan kecil, tapi hanya sebagai warna aksen untuk dekorasi saja.

Bagaimana jika Anda masih tetap ingin mengecat ruangan dengan warna merah sebagai warna utama? Kalau begitu, pilih warna merah yang sudah diturunkan tingkat keterangannya, sehingga yang tersisa adalah kesan hangat dari warna merah. Dengan begitu, ketika Anda memilih warna cat untuk ruangan kecil, warna tersebut justru akan menegaskan kesan nyaman di dalam ruangan. (R11/HR-Online)

Loading...