Mengatasi Batuk Pilek dalam Waktu Semalam dengan Bahan Alami

Mengatasi Batuk Pilek
Ilustrasi mengatasi batuk pilek. Foto : net/ist

Mengatasi batuk pilek biasanya dengan cara meminum obat kimia yang banyak beredar di warung atau apotek. Padahal ada cara mengusir batuk pilek yang lebih aman, yaitu dengan menggunakan bahan alami.

Batuk dan pilek ini umumnya diakibatkan oleh serangan virus. Meski bisa sembuh secara sendiri namun memerlukan waktu lama, dan tentunya jika dibiarkan dalam semalam saja bisa sangat mengganggu.

Padahal, di waktu malam hari ini adalah waktu yang biasanya dipakai untuk istirahat, serta merecovery lagi kondisi tubuh setelah seharian beraktivitas.

Namun, masalahnya adalah batuk akan lebih sering atau bertambah parah di malam hari. Menurut penjelasan dari spesialis penyakit menular Georgia Infectious Diseases PC, Mitchell Blass, pada malam hari itu ketika tubuh berbaring maka lendir yang ada di tenggorokan bakal semakin numpuk. Itulah yang menjadi alasan kenapa batuk sering muncul pada malam hari.

Dan untuk mengatasi batuk baik kering ataupun berdahak, yang juga disertai dengan pilek, kebanyakan orang akan meminum obat kimia. Selain simple, harga murah juga banyak tersedia mulai dari warung sampai apotek.

Apakah ada cara yang aman selain meminum obat untuk mengobati batuk pilek dalam semalam? Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini tips mengusir batuk pilek dengan cepat dalam waktu semalam.

Mengatasi Batuk Pilek Dalam Semalam

Banyak minum air putih

Seperti diulas di atas, bahwa pada malam hari ketika tubuh berbaring maka lendir yang ada di belakang tenggorokan bakal semakin numpuk.

Untuk mengatasi hal tersebut, sarannya adalah perbanyak minum air putih guna menipiskan lendir, serta tubuh tetap terhidrasi, dan juga menjaga kelembaban pada selaput lendir.

Jika bisa, untuk mengatasi batuk pilek dalam semalam ini bisa dengan meminum air teh herbal yang dicampurkan dengan madu.

Teh herbal ini bisa bermanfaat untuk mengatasi iritasi serta melegakan tenggorokan, dan membuat lendir menjadi encer pada saluran pernapasan. Akan tetapi, diusahakan teh tersebut tidak ada kandungan kafeinnya, sehingga waktu tidur Anda tidak terganggu.

Kumur air garam

Selain minum air putih atau teh herbal plus madu, untuk mengatasi batuk pilek ini Anda juga bisa dengan memanfaatkan garam. Caranya, yaitu dengan berkumur air garam.

Air garam ini bisa meredakan atau mengurangi rasa sakit serta iritasi pada tenggorokan. Dan juga bisa bantu keluarnya lendir yang ada di tenggorokan, serta meredakan ras agatal pada saluran pernapasan.

Guna mengusir batuk pilek ini, campurkan 1 sendor garam dengan 1 gelas air putih hangat, lalu kumur-kumur sebelum tidur.

Mandi dengan air hangat

Makin menjadi-jadinya batuk pilek ini biasanya ketika udara di sekitar kering. Untuk itu, guna mengusir batuk serta pilek tersebut, Anda disarankan mandi dengan menggunakan air hangat.

Selain udara kering, batuk dan pilek ini bisa juga disebabkan oleh alergen, baik dari debu, bulu hewan atau pemicu lainnya, terlebih ditambah udara kering.

Oleh karena itu, untuk mengatasi batuk pilek yang disebabkan oleh alergen, sebaiknya rajin-rajin lah membersihkan kamar tidur, mandi dengan air hangat sebelum tidur, dan mencuci sprei 1 minggu sekali dengan menggunakan air panas.

Cara Lainnya

Tidak merokok dan minum alkohol

Rokok serta minuman beralkohol bisa menjadi batuk pilek menjadi parah. Oleh karenanya, untuk menjaga sistem imun tubuh sebaiknya hindari rokok serta minuman yang mengandung alkohol.

Hisap permen pereda tenggorokan

Salah satu cara untuk meredakan batuk adalah dengan menghisap permen pereda tenggorokan atau lozenges. Permen pereda tenggorokan ini biasanya mengandung mentol, yang bisa melegakan pernapasan karena hidung tersumbat.

Istirahat yang cukup

Cara mengatasi batuk pilek dalam semalam bisa juga dengan istirahat yang cukup. Dnegan kondisi seperti itu, jangan sampai tubuh diforsir, alangkah bagusnya untuk memulihkan stamina dengan cepat beristirahatlah yang cukup.

Selain itu, untuk mengatasi batuk pilek maka pada malam hari jangan keluar rumah atau menghindari kerumunan orang banyak. Tujuannya adalah dengan istirahat itu maka tubuh akan dengan cepat kembali fit, dan juga bisa menghindari penularan batuk pilek kepada orang lain. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...
Loading...