Mengulas Samsung Galaxy A20s dengan 3 Fitur Andalannya

Mengulas Samsung Galaxy A20s dengan 3 Fitur Andalannya
Samsung Galaxy A20s dengan 3 fitur andalannya. Photo : Net/Ist.

Samsung Galaxy A20s hadir dengan tiga fitur andalannya, yakni memiliki baterai yang tahan lama, tiga kamera di belakang, serta layar yang lebar. Galaxy A20s merupakan smartphone kelas menengah bawah dari Samsung sebagai penerus dari Galaxy A20 dan A30.

Ada sejumlah peningkatan yang dilakukan Samsung di beberapa fitur Galaxy A20s ini, baik dari segi desain, kamera, hingga baterai dengan kapasitas jumbo yang juga turut dibenamkan dalam perangkat tersebut.

Mengulas Samsung Galaxy A20s

Desain dan Layar

Samsung melakukan beberapa perubahan pada perangkat Galaxy A20s dibending dengan ponsel seri A pendahulunya. Seperti dirangkum HR Online dari berbagai sumber, Senin (14/10/2019), bahwa desain adalah salah satu yang mengalami peningkatan atau perubahan dibanding Samsung seri A pendahulunya.

Kemudian, untuk chipset yang sebelumnya di Galaxy A20 menggunakan Exynos 7884, kini Galaxy A20s menggantinya menjadi Snapdragon 450, dan GPU dari sebelumnya Mali-G71 MP2 pada A20, kini pakai Adreno 506.

Untuk bodi belakang, Samsung Galaxy A20s menggunakan bahan jenis polikarbonat holografik crystal yang glossy, sehingga tampak bagus, tapi mudah menginggalkan bekas jejak jari, terlebih smartphone ini tidak punya case bawaan.

Untuk layarnya, Samsung hanya menambah sedikit yang sebelumnya 6,4 inci pada Galaxy A20, ditingkatkan menjadi 6,5 inci untuk A20s. Tapi sayang untuk jenis layarnya menjadi TFT PLS FullHD, yakni sama dengan yang digunakan Galaxy A20.

Selanjutnya, untuk kapasitas penyimpanan juga mengalami penambahan. Kalau sebelumnya pada Galaxy A20 hanya ada satu pilihan RAM 3GB/32GB, maka untuk Galaxy A20s ada dua pilihan, yakni 3GB/32GB serta 4GB/64GB.

Samsung Galaxy A20s memiliki bodi berbentuk memanjang dengan dimensi 163.3 x 77.5 x 8. Meski terlihat lebih luas namun perangkat ini masih nyaman saat digenggam.

Kalau beratnya, dibanding Galaxy A20 memang lebih berat Galaxy A201, yakni 183 gram. Sedangkan untuk kapasitas baterai masih sama yaitu 4.000mAh.

Posisi tombol volume dan slot simcard yang terdiri 2 slot nano dan 1 slot microSD yang ada pada Galaxy A20s letaknya berada di sisi kiri bodi, dan di bagian sisi atas bodi terdapat mikrofon, sementara di bagian kanan bodi hanya terdapat tombol untuk mengatur power.

Beralih ke bagian bawah bodi ponsel terdapat mikrofon, jack 3.5mm, USB Type-C dan lubang speaker. Kemudian, di bagian belakang bodi ada tiga kamera yang terdiri kamera utama, kamera ultra wide, serta dept sensor untuk memberi efek bokeh berikut dengan lampu flash.

Untuk kemanan perangkat, Samsung juga melengkapi Galaxy A20s dengan sistem sensor fingerprint yang diletakan di bagian sisi tengah belakang, sehingga mudah diakses menggunakan jari telunjuk. Samsung Galaxy A20s juga tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni merah, hitam dan hijau.  

Antarmuka dan Aplikasi

Samsung Galaxy A20s merupakan smartphone berbasis Android 9.0 serta One UI yang dapat dipakai di semua jenis/type Smartphone Samsung.

Di dalamnya juga banyak terdapat fitur-fitur menarik dan berguna tentunya, seperti fitur Find My Mobile untuk bisa menemukan sekaligus mengontrol ponsel yang hilang, dan sistem keamanan data.

Ada pula fitur SOS messages yang sangat berguna, misalnya saat terjadi kecelakaan, perampokan rumah, dan dirampok atau terjadi bencana alam.

Kemudian, untuk meningkatkan kinerja perangkat, Samsung juga membekali Galaxy A20s dengan Fitur Reduce animations yang mampu kurangi gerakan animasi pada layar.

Berikutnya ada fitur Motion and Gestures yang berguna untuk lebih memudahkan lagi mode satu tangan, mengusap layar untuk kirim SMS atau telepon, dan membuka tutup notifikasi melalui fingerprint.

Ada pula fitur Dual Messenger yang berguna jika kamu memliki dua akun dan ingin menggunakan semuanya, mislanya dua akun Facebook, dua nomor WhatsApp, dan dua akun Instagram.

Samsung Galaxy A20s juga dibekali dengan fitur Night Mode. Fitur ini sangat berguna untuk melindungi mata agar tidak mudah lelah, terlebih jika fitur Blue Light diaktifkan guna membantu menjaga kesehatan mata. Fitur Night Mode juga bisa berfungsi sebagai penghemat daya baterai.

Sedangkan, untuk membantu penggunanya supaya tidak pelu waktu lama saat mengakses aplikasi tertentu, Samsung melengkapi Galaxy A20s dengan fitur Digital Wellbeing.

Dalam perangkat tersebut, di sektor audionya dilengkapi pula dengan Dolby, dan tersedia pula fitur Device Care dengan fungsi lengkap, seperti mengoptimalkan baterai, storage, RAM dan menghemat kuota data. Bahkan, fitur McAfee juga siap untuk diaktifkan untuk mengantisipasi adanya malware.

Kamera Utama

Samsung Galaxy A20s hadir dengan membawa kamera utama yang disusun secara vertikal terdiri dari kamera utama 13MP, f/1.8, kamera ultra wide 8MP, f/2.2 dengan lensa 120 derajat, dan kamera depth sensor 5MP, f/2.2 untuk menghasilkan foto bokeh.

Pada menu kamera tersebt terdapat ikon yang berfungsi untuk berganti dari lensa biasa ke lensa ultra wide secara cepat. Besar sudut lensa ini sangat berguna ketika dipakai memotret pemandanagan maupun saat memotret dalam ruangan.

Untuk memoles hasil jepretan supaya tampak lebih unik dan cantik, pengguna juga bisa memanfaatkan efek filter dan beauty, yang mana pada fitur kameranya terdapat Auto HDR, Live Focus, serta Scene Optimizer.

Kamera Selfie

Samsung Galaxy A20s memiliki kamera depan dengan resolusi 8MP f/2.0 untuk kebutuhan berfoto selfie. Fitur tersebut sama halnya dengan kamera belakang, yakni fitur Beauty, Live Focus, HDR, dan Filter.

Pada kamera selfie juga tersedia dua setting lensa, yakni lensa normal dan wide yang berfungsi ketika berfoto selfie bareng. Foto selfie akan terekam dengan baik dan terang, sehingga membuat tampilan tampak wajar, artinya wajah tidak diperhalus secara berlebihan.

Selain itu, meski berfoto selfie dengan membelakangi cahaya atau backlight, namun hal itu tidak akan menghasilkan foto yang gelap, lantaran bisa ditambahkan untuk kecerahan wajah.

Kinerja

Samsung juga membekali Galaxy A20s dengan chipset Snapdragon 450, sehingga sangat cocok digunakan untuk aktifitas sehari-hari, seperti navigasi serta baterainya yang awet.

Daya baterai perangkat ini dapat dipakai untuk memutar video dengan durasi waktu hingga 20 jam lebih. Untuk kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh ini dapat diisu ulang hanya membutuhkan waktu 2 jam 15 menit.

Setelah mengulas Samsung Galaxy A20s, diketahui bahwa dengan layarnya yang luas dan warnanya yang tajam membuat penggunanya akan tetap merasa nyaman meski memandang layarnya dalam waktu yang lama.

Harga

Jika mengulas Samsung Galaxy A20s, secara resmi smartphone ini dijual dengan harga Rp 2,499.000 untuk versi RAM 3/32GB, dan untuk versi RAM 4/64GB harganya Rp 2,799.000.

Namun, jika membelinya melalui marketplace online, harganya kini sudah turun menjadi Rp 2,3 juta versi RAM 3/32GB, dan Rp 2,5 juta untuk versi RAM 4/64GB. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...
Loading...