Mobil Listrik Tesla Model 3 Diboyong Deddy Corbuzier, Ini Spesifikasi dan Harganya

Mobil Listrik Tesla Model 3
Mobil listrik Tesla Model 3. Foto: Istimewa/insideevs.com

Mobil listrik Tesla Model 3 sudah diperkenalkan di Indonesia. Diketahui, Deddy Corbuzier menjadi pembeli pertama yang menggunakannya. Pria yang akrab disapa Master ini membawa pulang kendaraan listrik asal Amerika Serikat tersebut dari importir umum (IU) Prestige Motorcars.

Tak hanya Deddy Corbuzier, mobil listrik ini juga diincar oleh banyak pengguna. Tak mengherankan karena mobil listrik diberitakan bebas aturan ganjil genap yang diterapkan di Jakarta.

Spesifikasi Mobil Listrik Tesla Model 3

Mobil listrik yang satu ini sangatlah istimewa. Hal ini dikarenakan mobil Tesla Model 3 dibekali dengan spesifikasi yang mengesankan.

Di bagian eksteriornya, Tesla Model 3 didukung dengan lampu LED yang membawa fitur Auto-Dimming High Beams. Berkat fitur ini, lampu Tesla Model 3 bisa menyala secara otomatis saat di depannya sangat gelap.

Disamping itu, Tesla Model 3 memiliki tarikan garis bodi yang sangat dinamis. Untuk bannya, Tesla Model 3 dibekali dengan pelek Aero Wheels yang memiliki ring berukuran 18 inci.

Dengan spesifikasi mumpuni yang diusungnya tersebut, mobil listrik Tesla Model 3 menjadi varian mobil entry level di deretan mobil Tesla setelah seri Model S, Model X dan Roadster.

Beralih ke jarak tempuhnya, tiap varian Tesla Model 3 memiliki jarak tempuh yang berbeda-beda. Mulai dari 386 kilometer sampai dengan 499 kilometer hanya dalam sekali isi daya.

Perlu untuk anda ketahui, mobil Tesla Model 3 ini terbukti mampu menekan biaya operasional. Hal ini dikarenakan sekali isi baterai sampai penuh, anda hanya perlu keluarkan uang Rp 70 ribu saja.

Untuk mengisi dayanya sampai penuh, anda butuh waktu selama empat jam. Dengan demikian, anda bisa lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan biaya bahan bakar mobil konvensional.

Harga Tesla Model 3

Berbicara mengenai harga, Tesla Model 3 dibanderol dengan harga yang bervariasi. Biaya yang perlu anda keluarkan dipengaruhi oleh option yang diinginkan.

Dalam peluncurannya beberapa waktu lalu, harga Tesla Model 3 ini sendiri dibanderol lebih dari Rp 1 miliar. Harganya memang fantastis, namun terbilang sesuai jika melihat spek yang diboyongnya.

Mengenai ketersediaannya, mobil listrik Tesla Model 3 hadir dalam tiga pilihan berbeda yang berdasarkan segi kapasitas baterai dan penggunakan motor elektriknya.

Adapun varian Tesla Model 3 meliputi Long Range, Standard Range Plus dan Tesla Model 3 Performance. Tiap pilihan tersebut memiliki daya tarik dan keunggulan tersendiri yang membuat penggunanya merasa sangat beruntung.

Varian Tesla Model 3

Varian mobil Long Range didukung dengan motor elektrik ganda di as roda depan dan belakangnya. Dengan dukungan tersebut, varian Long Range mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 412 tk.

Selain itu, mobil listrik Tesla Model 3 Long Range juga memiliki daya jelajah sampai dengan 560 km. Sementara untuk kemampuan akselerasinya dimulai dari 0-100 kpj.

Kemampuan akselerasinya hanya membutuhkan waktu 4,6 detik saja dan memiliki kecepatan tertinggi sebesar 233 kpj.

Untuk varian Standard Range Plus, mobil ini menggunakan motor elektrik tunggal di bagian as roda belakang. Mobil ini bisa menjelajah sampai 409 km dengan tenaga maksimal sebesar 283 tk.

Varian mobil Tesla Model 3 yang satu ini juga memiliki kemampuan akselerasinya 0-100 kpj yang bisa ditempuh dalam 5,3 detik. Sementara untuk kecepatan tertingginya, Standard Range Plus mencapai 225 kpj.

Kemudian untuk Tesla Model 3 Performance, mobil listrik Tesla Model 3 ini didukung motor elektrik yang sama seperti Long Range. Namun tenaganya bisa sampai 472 tk.

Tesla Model 3 Bebas Ganjil Genap

Seperti yang diketahui, di Jakarta sudah diterapkan aturan ganjil genap. Hanya saja, Polda Metro Jaya memberikan pengecualian aturan tersebut pada 12 jenis kendaraan bermotor yang bisa melewati di ruas jalan ganjil genap.

Adapun salah satunya ialah mobil listrik. Bukan tanpa alasan, mobil ini tak menyumbang emisi atau polusi pada udara.

Syafrin Liputo selaku Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta mengatakan bahwa mobil listrik memang bebas melintas di ruas jalan ganjil genap.

Terkait hadirnya mobil listrik Tesla Model 3 tersebut, Presiden Direktur Prestige Motorcars, Rudy Salim mengatakan bahwa Deddy Corbuzier memang sudah lama memesannya.

Dalam melakukan pemesanan pun, ia meminta beberapa tambahan opsi atau fitur. Adapun fitur tersebut yaitu mobile application.

Penambahan fitur tersebut tentu saja mempengaruhi harga jual mobil listrik Tesla Model 3. Meski ada tambahan fitur tersebut, sebenarnya spesifikasi Tesla Model 3 sudah sangat berkualitas. (R10/HR-Online)