Mobil Masa Depan Toyota di TMS 2019, Ada LQ Concept yang Memiliki Hati

Mobil Masa Depan Toyota
Salah satu mobil masa depan Toyota. Foto: Istimewa

Deretan mobil masa depan Toyota terlihat jelas di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Pemeran otomotif yang diadakan di Tokyo Big Sight Distrik Ariake ini memang dihiasi berbagai produsen otomotif ternama, termasuk Toyota.

Dalam ajang yang berlangsung sejak 24 Oktober 2019 ini, Toyota menghadirkan sejumlah jagoan terbarunya untuk memenuhi kebutuhan penggemar di masa mendatang.

Mobil masa depan yang dihadirkan Toyota membawa teknologi yang canggih dan modern. Tampilannya yang futuristik juga sangat memikat hati pecinta otomotif.

Mobil Masa Depan Toyota

Ajang TMS dimanfaatkan Toyota untuk memperkenalkan berbagai mobil masa depannya. Untuk mengetahui apa saja mobil tersebut, anda bisa simak ulasan di bawah ini.

Toyota Ultra Compact BEV

Salah satu mobil masa depan Toyota yaitu Ultra Compact BEV. Mobil Toyota Ultra Compact BEV ini direncanakan akan mulai dipasarkan pada pertengahan tahun 2020.

Dengan mengusung segmen BEV, mobil Toyota Ultra Compact ini menerapkan konsep mobil listrik yang memiliki daya tahan yang mumpuni.

Sekali mengisi baterai sampai penuh, mobil Toyota ini bisa digunakan untuk menempuh perjalanan hingga 100 km.

Pengisian baterai ini sendiri hanya membutuhkan waktu selama 5 jam. Anda bisa berkendara dengan menempuh jarak tersebut apabila kecepatannya 60 km/jam.

Mengenai kapasitasnya, Toyota Ultra Compact BEV hanya bisa digunakan untuk menampung dua orang. Mobil ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Sementara untuk dimensinya, Toyota Ultra Compact BEV hadir dengan panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm dan tinggi 1.550 mm.

Mobil ini juga memiliki radius putar 3,9 m yang diperkirakan bisa memudahkan penggunanya dalam bermanuver di wilayah perkotaan Jepang.

Beralih ke sektor keselamatannya, mobil masa depan Toyota ini didukung dengan fitur Intelligent Clearance Sonar sebagai pencegah tabrakan.

Selain itu, ada juga fitur Pre-Collision System lengkap dengan auto brake yang bisa mengatasi mobil ketika berada dalam kondisi darurat karena sudah tak bisa lagi menghindar.

Toyota e-palette

Selain Toyota Ultra Compact BEV, mobil masa depan yang diperkenalkan Toyota lainnya yaitu e-palette. Mobil Toyota e-palette ini bisa menampung banyak orang.

Toyota e-palette didesain secara khusus sehingga bisa menampung 20 orang, 4 kursi roda dan bahkan 7 penumpang berdiri.

Bicara soal desain, mobil masa depan Toyota ini memiliki tampilan depan dan belakang yang hampir sama. Di bagian interiornya, Toyota e-palette dibekali dengan trim, lantai dan tempat duduk yang nyaman.

Semua komponen yang ada di dalamnya dibalut dengan warna kontras. Hal ini tentu saja sangat membantu mereka yang mempunyai kekurangan dalam penglihatan.

Uniknya, mobil Toyota e-palette bisa berjalan secara otonom atau tanpa pengemudi. Kendaraan elektrifikasi akan digunakan dalam ajang Olympic dan Paralympic Tokyo 2020.

Dalam ajang tersebut, Toyota e-Palette hanya akan dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan atlet saja. Meski begitu, tak menutup kemungkinan akan dijadikan sebagai transportasi umum dan dijual secara massal.

Toyota LQ

Toyota LQ termasuk salah satu mobil canggih yang dimiliki Toyota. Mobil ini mampu berjalan sendiri secara otomatis. Bahkan Toyota LQ bisa mencari tempat parkir sendiri saat berada di area publik.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, mobil masa depan Toyota ini sangat disarankan untuk lansia (lanjut usia), ibu hamil dan penyandang disabilitas.

Sebelum terlihat di TMS 2019, sebenarnya Toyota LQ juga pernah dipasang di ajang GIIAS 2018 kemarin. Sejak pertama kali diperlihatkan, mobil ini sudah mampu mencuri perhatian pecinta otomotif.

Bagaimana tidak, mobil ini memang unik karena juga bisa menciptakan hubungan dengan pengemudinya. Hal ini dikarenakan Toyota LQ dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang bernama YUI.

Meski mobil beroperasi secara otonom, YUI bisa merasakan emosional yang sama seperti saat dikemudikan penggunanya secara langsung.

Melalui teknologi YUI yang canggih, pengguna hanya perlu melakukan perintah suara untuk mengendalikan mobil Toyota LQ.

Penamaan LQ sebenarnya juga memiliki artian khusus. Huruf L adalah singkatan dari Love, sementara huruf Q dari kata Cue yang artinya isyarat atau keadaan hati.

Perihal fiturnya, mobil ini termasuk kaya fitur. Sebut saja fitur Augmented Reality Head Up Display (ARHUD), pijat, sistem pendingin dan masih banyak lagi.

Mobil masa depan Toyota dibekali dengan spesifikasi berkelas dan fitur canggih. Siapa saja yang menggunakannya akan merasa aman dan nyaman pastinya.

Loading...