Motor Listrik Selis Laris Manis dan Jadi Tren di Papua, Ini Alasannya

Motor Listrik Selis
Motor listrik selis. Foto: Istimewa

Motor listrik Selis melenggang manis di pasar Papua. Hal ini bisa diketahui dari banyaknya masyarakat Papua yang memesan motor listrik tersebut, khususnya warga Agats, Asmat.

Bukan tanpa alasan. Motor listrik ini memang mampu memenuhi kebutuhan warga Papua secara baik. Seperti yang diketahui, wilayah Papua termasuk langka BBM namun kaya akan listrik sehingga cocok menggunakan motor Selis.

Sebelum memproduksi motor listrik, sebenarnya Selis sudah memiliki produk sepeda listrik yang tak kalah eksis di pasaran. Dengan dikenalkannya motor listrik, diharapkan Selis bisa semakin berkembang.

Motor Listrik Selis

PT Juara Bike yang tak lain adalah pemilik merk dagang motor Selis menargetkan pemesanan sepeda listrik dan sepeda motor Selis mengalami peningkatan hingga dua digit.

PT Juara Bike menargetkan hal tersebut setelah keluarnya beleid tentang kendaraan listrik dalam Peraturan Presiden Nomor 55/2019 mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Setelah ditandatanganinya Perpres tersebut, Tjoa King Hoa selaku pemilik PT Juara Bike berharap industri motor listrik akan bergerak ke arah yang jauh lebih baik dan semakin diminati masyarakat luas.

Namun dibalik harapan tersebut, Tjoa King Hoa menyadari bahwa penjualan motor listrik Selis masih off the road. Diakuinya juga bahwa pihaknya sedang berupaya untuk bisa melakukan on the road dengan berbekal Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Terkait hal tersebut, Tjoa King Hoa mengatakan bahwa pihaknya tidak berniat melanggar aturan hukum yang ada. Pembeli produknya juga sudah diberitahu mengenai hal tersebut.

Tjoa King Hoa menjelaskan bahwa penggunaan motor listriknya hanya di komplek, bukan di jalanan umum. Seperti yang diketahui, daerah Papua sangat mudah menemukan jalan papan, bukan jalanan umum.

Seperti halnya sepeda listrik, motor listrik juga sudah mass production. Mulai dari pengelasan pelat dan pipa, pengecatan, hingga perakitan.

Diakuinya juga bahwa setiap bulannya, pihaknya mampu menyediakan sepeda listrik dan motor listrik dengan kuantitas di atas 10.000 unit.

Lain halnya untuk kapasitas produksi, pihaknya bisa memproduksi hingga 30.000 unit sepeda listrik dan motor listrik Selis.

Tjoa King Hoa atau yang juga akrab disapa Darma Setiawan ini mengatakan bahwa Selis sebenarnya bukan produk baru. Hanya saja, baru tiga tahun terakhir ini penjualannya meningkat.

Spesifikasi Motor Selis

Dalam mengulas motor Selis, tak lengkap rasanya jika tidak membahas soal spesifikasinya. Sebagai salah satu kendaraan terlaris, motor Selis tentu saja dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni.

Di sektor jantung pacunya, motor Selis didukung dengan motor berkapasitas 1.500 watt dan dipacu bersama baterai berkapasitas 50 ampere yang memiliki daya input sebesar 220 volt.

Sekali baterai terisi penuh, motor listrik bisa digunakan untuk berkendara sejauh 50-60 km. Dalam mengisi baterainya pun, pengguna membutuhkan waktu selama 6-8 jam.

Mengenai performanya, motor listrik Selis mampu berlari dengan kecepatan maksimal mencapai 40 kpj. Jika dibandingkan dengan motor lain, motor Selis ini memang terbilang lambat. Meski begitu, motor ini sudah mampu memanjakan penggunanya.

Beralih ke desainnya, motor Selis dibalut dengan dimensi yang memiliki panjang 2.250 mm dan lebar 1.150 mm dengan ketinggian 1.500 mm.

Desainnya tampak elegan karena dikombinasikan dengan ban belakang yang berukuran 135/70 ring 12 dan ban depan 130/60 ring 13.

Harga Motor Selis

Soal harga, motor Selis ditawarkan dengan harga yang bervariasi. Direktur PT Juara Bike, Harlan mengatakan bahwa harga jual motor listrik Selis yang paling murah sebesar Rp 12 juta per unit.

Produk motor listrik yang harganya paling rendah tersebut adalah tipe motor yang banyak dipesan warga Papua. Sementara untuk harga jual motor Selis yang termahal bisa mencapai Rp 15 juta per unit.

Dengan banderolan harga tersebut, Harlan mengaku produknya bisa laku sebanyak 50 unit per bulan sejak tahun 2017 lalu.

Sementara untuk varian warnanya, motor Selis hanya tersedia dalam satu warna saja, yakni warna putih yang dikombinasikan dengan hitam.

Dengan warna tersebut, motor Selis tampak elegan dan stylish. Anda pun bisa tampil bergaya saat mengendarai motor listrik ini.

Bagi anda yang ingin hemat bahan bakar, anda juga bisa ikut memesan motor listrik Selis ini. Namun ingat, gunakan berkendara di kompleks saja. (R10/HR-Online)

Loading...