Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaArtikelMungkinkah Bangun Rumah dengan Dana Terbatas? Pelajari Tips Berikut

Mungkinkah Bangun Rumah dengan Dana Terbatas? Pelajari Tips Berikut

Bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan biaya yang minim, sebaiknya cari tahu dulu kiat hemat bangun rumah dengan dana terbatas.

Membangun rumah secara mandiri memang bukan sebuah hal yang mudah dan murah. Tidak semua orang memiliki kemampuan finansial yang memadai untuk membeli material bangunan yang harganya selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Untuk itu, Anda harus mencari strategi agar dapat mulai membangun rumah meski dengan menggunakan dana yang terbatas.

Berikut adalah 9 cara hemat yang dapat Anda coba untuk bangun rumah dengan dana terbatas:

Memilih Lahan yang Kecil

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih lahan kavling untuk membangun rumah. Anda dapat memilih lahan yang luasnya relatif kecil dan letaknya berada di area perumahan bagian dalam.

Tanah kavling yang seperti ini harganya akan jauh lebih murah. Hal ini akhirnya dapat memangkas budget yang harus Anda keluarkan. Selain itu, biaya pajak yang harus dibayar nantinya juga tidak akan terlalu besar.

Perhatikan juga sebelum bangun rumah dengan dana terbatas, saat Anda memilih tanah kavling, Anda harus memperhatikan sejarah dari tanah kavling yang akan dibeli.

Sebisa mungkin hindari tanah kavling yang tadinya digunakan sebagai area pembuangan sampah ataupun tanah bekas pemakaman.

Pilih Desain Rumah Minimalis

Desain rumah adalah satu hal yang penting dalam membangun rumah. Untuk menghemat dana, sebaiknya memilih desain rumah minimalis.

Rumah minimalis memiliki kesederhanaan baik dalam bentuk, fungsi, dan juga dekorasinya sehingga dapat menghemat anggaran yang harus dikeluarkan.

Untuk memperoleh desain rumah yang minimalis, Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa seorang arsitek. Anda dapat memperoleh desain rumah minimalis secara gratis dengan browing di internet.

Tentukan Bentuk Bangunan

Menentukan bentuk bangunan merupakan salah satu cara hemat bangun rumah dengan dana terbatas. Untuk menghemat anggaran, sebaiknya Anda memilih rumah yang berbentuk persegi atau persegi panjang.

Sebaliknya, hindari pemilihan rumah yang berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya. Untuk membentuk bangunan yang bersudut atau lengkung biasanya akan menyisakan banyak material bangunan yang tak terpakai sehingga pada akhirnya akan membuat pemborosan di sana-sini.

Lakukan Riset Harga Bahan Bangunan

Agar anggaran dana untuk bahan bangunan dapat diperkirakan, sebelum bangun rumah dengan dana terbatas, sebaiknya Anda melakukan riset harga bahan bangunan.

Anda dapat menanyakan harga material di toko-toko bangunan. Anda juga dapat membandingkan harga di setiap toko bangunan karena tidak semua toko menjual barang dengan harga yang sama.

Membuat Anggaran Belanja

Sebelum membelanjakan uang untuk proses pembangunan, Anda harus merancang anggaran belanja secara cermat. Dengan membuat anggaran belanja tersebut, Anda dapat memperkirakan berapa dana yang harus Anda keluarkan untuk proses bangun rumah dengan dana terbatas.

Meskipun kadang dalam kenyataanya anggaran yang harus Anda keluarkan jumlahnya tak sama persis dengan rancangan anggaran belanja yang telah dibuat, setidaknya ini bisa jadi gambaran tentang kisaran biaya yang harus Anda keluarkan.

Anda juga harus membuat rancangan anggaran untuk membayar biaya peralatan, ongkos tukang, instalasi listrik, air, IMB, serta untuk membangun saluran pembuangan limbah. Dengan demikian, Anda dapat memperkirakan berapa total anggaran yang nantinya harus Anda keluarkan.

Selektif dalam Mencari Tukang Bangunan

Salah satu cara hemat bangun rumah dengan dana terbatas adalah dengan menghindari penggunaan jasa kontraktor. Penggunaan jasa kontraktor hanya akan menambah beban anggaran yang harus Anda keluarkan.

Alternatifnya adalah dengan selektif dalam mencari tukang bangunan. Gunakan jasa tukang bangunan yang memiliki reputasi yang baik agar nantinya mereka dapat diandalkan dalam membangun rumah.

Mulai Membangun Secara Bertahap

Agar dana yang dikeluarkan lebih teratur dan mudah dipantau, Anda dapat membangun rumah secara bertahap. Meskipun hal ini membutuhkan waktu yang lebih lama, setidaknya Anda akan lebih fokus pada setiap tahap pembangunan masing-masing bagian.

Gunakan Bahan Bangunan Lokal yang Murah dan Berkualitas

Untuk menghemat biaya bangunan, Anda dapat menggunakan bahan bangunan lokal seperti kayu dan bambu yang berkualitas. Selain memiliki harga yang terjangkau, bahan-bahan lokal tersebut juga cukup mudah untuk ditemukan.

Buatlah Ruangan Multifungsi

Agar dapat menghemat biaya, usahakan untuk membuat ruangan multifungsi. Pembuatan ruangan multifungsi ini sangat cocok dengan desain rumah minimalis. Dengan tidak membuat banyak ruangan, itu artinya Anda telah berhemat dalam penggunaan bahan bangunan.

Demikianlah beberapa tips bangun rumah dengan dana terbatas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang berusaha untuk berhemat dalam membangun rumah idaman. (R11/HR-Online)

- Advertisment -