Nelayan Pangandaran Panen Udang Rebon, Sehari Bisa Dapat 6 Kwintal

Udang Rebon di Pangandaran
Udang rebon yang dihasilkan para nelayan di Pangandaran. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Nelayan tradisional di Kabupaten Pangandaran kini tengah bergembira lantaran panen udang rebon tiba. Mereka pun disibukkan mengangkut hasil tangkapannya untuk dijual ke pasaran.

Yaya, salah satu nelayan, mengatakan, dalam sekali melaut saat ini dirinya bisa mendapatkan udang rebon 5 hingga 6 kwintal. Sementara harga udang per kilogramnya dihargai Rp 4 ribu hingga Rp 5 ribu.

“Alhamdulillah sekarang sedang panen udang rebon. Harganya juga sedang baik. Jadi, kita sangat bersyukur sekali sekarang hasilnya melimpah,” katanya kepada HR Online, Jum’at (11/10/2019).

Yaya menambahkan, untuk menjual udang rebon di Pangandaran tidaklah sulit. Sebab, banyak pedagang yang siap menampung hasil dari nelayan ini.

“Kemarin saya menjual 1 hingga 2,5 ton ke bakul (pedagang, red). Kalau dihitung setidaknya ada 49 bagang,” pungkasnya.

Sementara itu, Tino, pengepul udang rebon yang berada di kawasan Katapang Doyong, mengatakan, dirinya mendapatkan udang dari petani dalam keadaan basah. Kemudian olehnya dijemur dengan durasi 1 hingga 2 hari lantaran kondisi terik matahari saat ini sedang mendukung.

“Jika sudah kering, biasanya saya kirim ke wilayah Jawa Timur dan di kota-kota besar yang ada. Termasuk juga kita memasok untuk sejumlah perusahaan,” katanya. (Ntang/R6/HR-Online)

Loading...