Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita PangandaranNiat Tolong Teman, Nelayan Pangandaran Tenggelam di Perairan Bojong Salawe

Niat Tolong Teman, Nelayan Pangandaran Tenggelam di Perairan Bojong Salawe

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Seorang nelayan Pangandaran tenggelam di Bojong Salawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (1/10/2019) malam.

Korban bernama Elan Suherlam (47), warga Dusun Batukaras, RT 13, RW 06, Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Nelayan Pangandaran tenggelam ketika hendak menolong perahu temannya yang dihantam ombak. Elan bersama kedua temannya Wawan dan Karsidin berusaha menolong perahu di belakangnya.

Elan memutuskan untuk menolong perahu tersebut dengan berenang menghampiri perahu yang sedang tenggelam di tengah perairan Bojong Salawe.

“Elan sengaja turun dari perahu, berniat menolong temannya yang perahunya tenggelam, namun karena ombak yang besar mengakibatkan Elan terhempas dan akhirnya juga tenggelam,” ujar Ketua rukun nelayan Bojong Salawe, Nanang Junaedi.

Lebih lanjut, Nanang mengatakan, perahu yang tenggelam tersebut dikemudikan Jajang dan Abdul Matin.

Nanang menduga perahu kelebihan muatan, sementara baling-baling mesin perahunya pun terlilit jaring. Akibatnya perahu tenggelam.

“Elan yang melihat perahu temannya itu tenggelam, berusaha menolong saat itu juga,” katanya.

Nanag menuturkan, awalnya Elan bersama dua temannya yang lain berusaha menolong perahu yang tenggelam tersebut. Namun akhirnya hanya Elan yang terjun ke perairan Bojong Salawe dan berusaha berenang menghampiri perahu yang tenggelam tersebut.

“Namun ketika Elan Suherlan hendak menolong, ombak besar datang dan menimpa perahu tersebut sehingga Elan terhempas dan tenggelam, sementara dua orang yang ditolongnya Jajang dan Abdul Matin selamat,” paparnya.

Kata Nanang, Elan tenggelam pada Selasa malam, sekitar pukul 23.00 WIB, sampai saat ini Elan belum ditemukan.

“Pencarian yang dilakukan oleh tim Basarnas, BPBD dan relawan lainnya sampai saat ini belum membuahkan hasil,” ucapnya.

Apabila cuaca mendukung, kata Nanang, pencarian akan terus dilakukan sampai Elan ditemukan. Apalagi keluarga Elan berharap agar dia segera ditemukan.

“Mudah-mudahan segera ditemukan, karena kasihan juga Pak Sukiman (keluarga Elan), berharap Elan segera ditemukan,” pungkasnya. (Enceng/R7/HR-Online)

- Advertisment -