Obat Penghilang Bekas Jerawat Berbahan Alami, Ampuh Atasi Noda Hitam

Obat Penghilang Bekas Jerawat Berbahan Alami, Ampuh Atasi Noda Hitam
Obat penghilang bekas jerawat tak selalu harus mahal, karena banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah. Photo : Ilustrasi.

Obat penghilang bekas jerawat tak selalu harus mahal, karena banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah, tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Bahan alami tersebut juga mudah didapatkan. Jadi, sebelum memutuskan pergi ke klinik kecantikan untuk mengobati bekas jerawat, lebih baik mencoba dulu perawatan sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami ini, seperti yang dirangkum HR Online dari berbagai sumber.

Bahan Alami untuk Atasi Bekas Jerawat

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dijadikan obat penghilang bekas jerawat. Selain murah, bahan-bahan alami ini juga mudah diaplikasikan sendiri di rumah.

Bawang Putih

Bawang putih tak hanya dibutuhkan untuk pelengkap kebutuhan bumbu dapur, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Kandungan senyawa thiacremonon sulfur dalam bawang putih diketahui mengandung anti bakteri yang dapat mengatasi noda hitam di wajah akibat jerawat.

Cara mengaplikasikannya, kamu cukup menyiapkan bawang putih sesuai yang dibutuhkan, kemudian haluskan dengan blender, lalu oleskan ke bagian wajah yang terdapa noda hitam bekas jerawat. Diamkan 2 munit, setelah itu bilas menggunakan air hangat.

Lidah Buaya

Bahan alami berikutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat penghilang bekas jerawat adalah lidah buaya. Kandungan aloin, yakni senyawa yang ada pada gel dalam jenis tanaman tersebut diklaim mampu mencerahkan kulit.

Madu

Selain dapat mengatasi bekas jerawat, madu alami juga bisa menyembuhkan luka secara cepat, sekaligus mengurangi potensi terbentuknya jaringan parut dalam luka tersebut.

Agar bekas noda jerawat hilang secara alami dan cepat, jadikan madu sebagai masker wajah. Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat supaya pori-porinya terbuka.

Selanjutnya, oleskan madu ke wajah lalu diamkan 30 menit, dan terakhir, basuh menggunakan air hangat, lalu bilas lagi dengan air yang dingin supaya pori-pori di wajah tertutup kembali.

Jus Lemon

Jus lemon banyak digunakan orang sebagai obat penghilang bekas jerawat. Karena selain mengandung vitamin C, dalam buah lemon juga terdapat zat antioksidan yang dipercaya bisa menghilangkan noda hitam di wajah akibat jerawat.

Namun, bagi mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif tidak disarankan untuk menggunakannya lantaran rentan mengalami iritasi kulit.

Kentang

Bahan alami lainnya yang bisa dijadikan obat penghilang bekas jerawat adalah kentang. Kandungan vitamin serta mineral yang terdapat dalam kentang dipercaya mampu menyamarkan noda bekas jerawat dan juga flek hitam di wajah.

Cara mengaplikasikannya pun mudah. Pertama, kentang diiris tipis-tipis lalu tempelkan di area bekas jerawat. Kemudian, diamkan 10 menit, lalu bilas wajah menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara perawatan ini 3 kali seminggu.

Baking Soda

Bahan alami ini dipercaya mampu mengelupas sel kulit yang mati sehingga dapat membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat di wajah.

Setelah melakukan perawatan dengan baking soda, segera gunakan pelembab supaya kulit wajah tidak kering. Perawatan dengan menggunakan baking soda ini jangan dilakukan lebih dari 2 kali dalam satu minggu.

Cara mengaplikasikannya, campurkan baking soda sebanyak dua sendok dengan air sampai membentuk pasta. Kemudian, oleskan ke wajah sambil dipijat-pijat dengan cara gerakan melingkar, lalu diamkan 10 sampai 15 menit, dan cuci dengan air hingga bersih.

Mentimun

Mentimun juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penghilang bekas jerawat karena mengandung vitamin A dan C, serta magnesium yang banyak manfaatnya bagi kesehatan kulit. Termasuk mampu menghidrasi kulit.

Cara mengaplikasikannya, iris mentimun tipis-tipis, lalu simpan di atas kulit wajah yang ada bekas noda jerawat. Diamkan 30 menit, kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin.

Gula

Satu lagi obat penghilang bekas jerawat secara alami adalah menggunakan gula. Jadikan gula sebagai scrub. Kandungan asam alfa hidroksi dan asam glikolat pada tebu mampu meningkatkan pembentukan sel baru dan membersihkan sel kulit mati.

Cara mengaplikasikannya, kamu cukup menyiapkan gula serta minyak zaitun yang ditakar dengan perbandingan 2 : 1, ditambah 5 tetes jus lemon. Campurkan semua bahan alami tersebut sampai merata.

Kemudian, oleskan masker scrub berbahan gula pada bekas noda jerawat. Lalu, diamkan selama 15 menit, setelah itu cuci menggunakan air hangat dan pakailah pelembap alami. Lakukan cara alami ini dua atau tiga kali sehari.

Jika obat penghilang bekas jerawat secara alami itu masih juga tidak mempan, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat, sesuai dengan jenis kulitmu. (Eva/R3/HR-Online)