Bangkitkan Kembali Olahraga Tradisional Kasti di Pangandaran Melalui Jeje Cup

Olahraga Tradisional Kasti di Pangandaran

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Olahraga tradisional kasti kembali diperkenalkan di Pangandaran, melalui open turnamen Jeje Wiradinata Cup yang digelar di Pepedan Hill.

Menurut ketua panitia turnamen kasti Jeje Wiradinata Cup, Nana, kegiatan turnamen kasti ini sengaja digelar, menginggat selama ini permainan tersebut nyaris terlupakan.

“Kita bersama guru serta para pemuda Selasari Pangandaran, membangkitkan dan melestarikan kembali olahraga tradisional kasti warisan leluhur ini, dan kedepan kasti bisa jadi favorit para wisatawan,” ucapnya kepada HR Online, Rabu (16/10/2019).

Nana menuturkan, adapun tujuan dari event ini, yaitu untuk lebih memajukan cabang olahraga bola kasti. “Pasalnya, di Pangandaran banyak talenta yang berbakat,” katanya.

Turnamen olahraga tradisional kasti yang diselengarakan pertama kalinya di Selasari ini, rupanya disambut antusias oleh warga. Terbukti, turnamen kasti ini diikuti oleh 18 tim yang ada di Pangandaran.

“Sedangkan untuk pertandingannya menggunakan sistem gugur ganda,” tuturnya.  

Sementara untuk sumber anggaran turnamen olahraga tradisional kasti ini, Nana menjelaskan, bahwa dananya bersumber dari tiket masuk, uang pendaftaran peserta serta sumbangsih dari donatur.

Di tempat yang sama, salah satu panitia lainnya Pandu dari karang taruna Selasari mengatakan, sangat mengapresiasi dan mendukung penuh acara tersebut.

“Sebagai bentuk kepedulian pemuda Selasari terhadap cabor kasti, makanya kami sangat mengpresiasi dan sangat mendukung,” katanya.

Untuk partai final pertandingan olahraga tradisional kasti direncanakan akan berbarengan dengan peringatan hari jadi Kabupaten Pangandaran. (Ntang/R5/HR-Online)

Loading...