Pemkot Tangsel Gandeng Bank bjb Kembangkan Layanan Aplikasi Tangsel Pay

aplikasi Tangsel Pay
Pemkot Tangsel gandeng bank bjb untuk mensukseskan program transaksi keuangan non tunai pada aplikasi Tangsel Pay. Launching Aplikasi ini digelar di Gedung Balaikota (08/10/2019). Foto: Istimewa

Berita Ekonomi, (harapanrakyat.com),- Pemkot Tangerang Selatan Provinsi Banten menggandeng Bank bjb dalam mengembangkan serta menyukseskan layanan aplikasi Tangsel Pay atau sebuah transaksi online yang digunakan untuk pembayaran non tunai berbagai pajak daerah.lk

Program aplikasi tersebut merupakan inovasi pemerintah daerah setempat yang mengadopsi konsep smart city. Diharapkan dengan program ini dapat memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam membayar pajak.

Aplikasi financial technology ini dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkot Tangsel. Dalam prakteknya, aplikasi ini akan digunakan dalam pembayaran pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) serta pajak daerah lainnya.

Dengan hadirnya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan perlunasan penerimaan pajak serta menekan kebocoran pada pengelolaan pajak daerah.

Aplikasi Tangsel Pay sudah dilaunching di Gedung Balaikota Pemkot Tangsel pada Selasa (08/10/2019) lalu. Dalam kesempatan itu dihadiri Walikota Tangerang Selatan beserta jajarannya, Direktur Utama bank bjb, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Direktorat Pencegahan KPK, dan Direktur PT. Pembangunan Investasi Tangerang Selatan.

Peran Bank bjb pada Aplikasi Tangsel Pay

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, M. As’adi Budiman, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi HR Online, Kamis (09/10/2019), mengatakan, dalam kerjasama aplikasi ini, Bank bjb ditunjuk sebagai main account PT Tangsel Solusi Indonesia yang berperan sebagai pengelola seluruh pendapatan transaksi dari aplikasi Tangsel Pay.

Bank bjb juga, lanjut As’adi, diberi peran dalam mengelola settlement bank dan rekening deposit agregator merchant untuk transaksi layanan pembayaran pajak dan retribusi di Pemkot Tangsel.

“Program aplkasi Tangsel Pay ini memanfaatkan layanan digital bank bjb khususnya untuk pembayaran transaksi di fintech milik pemda. Selain itu, dalam transaksi aplikasi ini pun bisa menggunakan berbagai produk e-money lainnya yang ditunjuk oleh Pemkot Tangsel,” ujarnya.

As’adi mengungkapkan sebagai perbankan yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah di Jawa Barat dan Banten, Bank bjb selalu terbuka untuk menjalin kerjasama, khususnya dalam pengembangan teknologi pelayanan yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.

“Sudah menjadi komitmen kami yang selalu siap merespons perubahan zaman khususnya dalam pengembangan layanan transaksi keuangan berbasis digital,” katanya.

As’adi pun mengaku optimis Pemkot Tangsel dapat mewujudkan konsep smart city yang kini tengah dikembangkan. “Tinggal menunggu waktu saja. Konsep smart city di Tangsel akan sukses,” imbuhnya.

Selain digunakan sebagai alat transaksi keuangan untuk penarikan pajak daerah, aplikasi Tangsel Pay juga akan dipergunakan untuk transaksi keuangan di lingkungan Pemkot Tangsel, baik yang bersifat individu PNS atau secara kedinasan. (R2/HR-Online)

Loading...