Pengumuman Rekrutmen CPNS 2019 Molor, Ada Apa?

pengumuman rekrutmen cpns 2019
Ilustrasi pengumuman rekrutmen CPNS 2019. Ilustrasi foto oleh JL/Ndu.

CPNS 2019, (harapanrakyat.com),- Pengumuman rekrutmen CPNS 2019 seharusnya dibuka pada 25 Oktober 2019, namun sampai hari ini, Senin, 28 Oktober 2019, pendaftaran tersebut belum ada kabar. Hal ini tentu membuat banyak calon pelamar kecewa.

Pantauan HR Online, kekecewaan calon pelamar CPNS 2019 terlihat dari diserbunya akun Twitter BKN. Banyak warga net yang menanyakan kapan pendaftaran CPNS 2019 dibuka.

Menanggapi hal itu, akun Twitter BKN menjawabnya dengan memberikan lirik lagu Ridho Rhoma.

Untuk menjawab pertanyaan warga net terkait kapan pengumuman rekrutmen CPNS 2019 dibuka, BKN menjawabnya dengan lirik lagu dari Ridho Rhoma. Foto: Tangkapan layar Twitter resmi BKN.

Walaupun pengumuman rekrutmen CPNS 2019 belum dibuka, namun portal SSCASN yang akan digunakan untuk daftar CPNS 2019 secara online sebenarnya bisa diakses, namun hanya bagian depannya saja.

Beberapa menu yang terdapat pada portal tersebut, seperti SSCN untuk Papua Barat, dan SSP3K, serta SSCN Dikdin masih belum bisa diakses. Ketika diklik malah tampil error  dan tulisan ‘This Page Isn’t Working’.

Nah, selama portal SSCASN belum bisa diakses untuk mendaftar CPNS 2019, ada beberapa tahapan daftar CPNS 2019 secara online. Berikut penjelasannya:

Pertama, Anda buka situs SSCASN.

Kedua, buatlah akun SSCN dengan memakai NIK KTP atau NIK KK (Kartu Keluarga)

Ketiga, usai membuat akun, silakan login dengan NIK dan Password yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

Keempat, selanjutnya Anda isi dengan lengkap biodata diri Anda, mulai dari nama dan lainnya.

Kelima, pilihlah formasi serta jabatan yang akan Anda lamar, ingat sesuaikan dengan kualifikasi pendidikan ya. Untuk formasi dan jabatan yang akan Anda pilih ini, perhatikan pengumuman rekrutmen CPNS 2019 untuk formasi CPNS yang sudah dibuka BKN.

Keenam, jangan lupa melengkapi data yang sudah diisi, lanjutkan dengan mengunggah dokumen CPNS 2019 yang diperlukan atau yang diminta.

Ketujuh, cek resume dan cetaklah kartu pendaftaran. Jika sudah Anda tinggal menunggu tes CPNS 2019 dilaksanakan.

Baca Juga: Intip Kisi-kisi Soal Tes CPNS 2019 di Sini! Resmi dari BKN

Pengumuman rekrutmen CPNS 2019 memang belum dibuka, namun sebelumnya 24 Oktober 2019 lalu, formasi CPNS 2019 sudah diumumkan oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Setidaknya ada 5 formasi yang dibutuhkan dalam rekrutmen CPNS 2019. Dari 5 formasi tersebut, guru paling banyak dibutuhkan. Selain guru, ada juga formasi untuk dosen, pegawai kesehatan, pegawai fungsional, dan pegawai teknis lainnya.

Cek formasi CPNS 2019 selengkapnya di bawah ini:

Formasi lowongan CPNS 2019 untuk guru disediakan 63.324 orang. Artinya pemerintah membutuhkan 63.324 orang guru untuk diangkat sebagai PNS.

Pengumuman rekrutmen CPNS 2019 untuk formasi untuk dosen tersedia 2.194 lowongan. Selanjutnya formasi untuk pegawai kesehatan sebanyak 31.756 formasi.

Sementara itu, ada juga formasi untuk pegawai fungsional yang tersedia sebanyak 28.767 formasi. Terakhir dibutuhkan juga pegawai teknis lainnya yang dibuka formasinya sebanyak 2.194 formasi.

Selain itu, via laman resminya, BKN juga menyebutkan setidaknya ada dua jenis formasi yang akan dibuka pada CPNS 2019-2020 ini.

Formasi tersebut adalah formasi umum dan ada juga formasi khusus yang disediakan untuk para pelamar dengan predikat lulusan cumlaude (dengan pujian), diaspora, penyandang disabilitas, juga termasuk putra-putri dari Papua. Selain itu termasuk dalam formasi khusus yakni, formasi yang sifatnya strategis di pusat.

Sebelum pengumuman rekrutmen CPNS 2019 dibuka, BKN sudah melakukan persiapan. Melalui press realese yang diunggah di laman resminya, BKN menyebutkan sudah melaksanakan bimbingan teknis untuk sejumlah admin instansi, termasuk menyetting situs SSCASN.

“Mudah-mudahan setting SSACASN itu selesai sebelum pengumumanan pendaftaran CPNS 2019 keluar,” ucap Mohammad Ridwan, Kepala Biro Humas BKN dikutip HR Online dari berbagai sumber.

Ridwan mengaku, pihaknya sudah menanyakan kepada KemenPAN-RB terkait pengumuman rekrutmen cpns 2019 yang dilaksanakan secara online. Namun, pihak KemenPAN-RB belum menjawab.

Padahal sebelumnya, sempat tercetus pernyataan dari KemenPAN-RB akan  membuka pendaftaran CPNS 2019 secara online pada 25 Oktober 2019.

Namun, jika pendaftaran sudah dibuka, maka para pelamar dipersilakan untuk mendaftar melalui situs SSCASN. Hanya saja, sebelum dibuka secara resmi, situs SSCASN belum bisa diakses.

Karena itu, bagi Anda yang sudah membuka situs SSCASN dan belum bisa mendaftar, hal itu terjadi karena memang pengumuman rekrutmen CPNS 2019 belum dibuka secara resmi.

“Kami dari BKN, Insyaallah sudah siap, tinggal menunggu instansi untuk menyelesaikan settingan di SSCASN,” kata Ridwan.

Alasan Molornya Pengumuman Rekrutmen CPNS 2019

Meskipun BKN telah siap, namun dalam pendaftaran CPNS 2019 ini, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) terlebih dahulu harus melakukan koordinasi dengan Menteri PAN-RB yang baru.

Seperti diketahui ada pergantian Menteri PAN-RB seiring dengan habisnya masa periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo periode pertama.

Menteri PAN-RB yang baru, Tjahjo Kumolo, tentu perlu waktu untuk mempelajari dan memutuskan rekrutmen CPNS 2019.

Karena molornya pengumuman rekrutmen CPNS 2019 ini, Anda bisa punya waktu lebih untuk menyiapkan persyaratan CPNS 2019 termasuk dokumen-dokumen yang diperlukan. Semoga beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)