Penyebab Alarm Mobil Bunyi Sendiri Padahal Kondisi Aman, Cek Bagian Ini

penyebab alarm mobil bunyi sendiri
Ilustrasi alarm mobil. Foto: Istimewa

Penyebab alarm mobil bunyi sendiri padahal tidak ada yang menyentuhnya pasti dicari oleh pemilik mobil yang merasa jengkel dengan kondisi tersebut.

Jika anda juga mengalaminya, anda memang harus bolak-balik ke mobil hanya untuk mematikan alarmnya. Tak sedikit pula pemilik mobil yang terganggu karena alarm mobil tak bisa langsung dimatikan dengan cara biasanya.

Alarm memang berperan penting dalam mencegah berbagai tindakan kriminal yang melibatkan mobil anda, namun apa jadinya jika kondisinya aman. Anda pasti penasaran bukan dengan apa penyebabnya?

Penyebab Alarm Mobil Bunyi Sendiri

Tak perlu bingung, berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan alarm mobil anda bisa bunyi sendiri, terus menerus dan sulit dimatikan selengkapnya.

Pintu Mobil Terbuka

Salah satu hal yang mengakibatkan alarm mobil bunyi sendiri yaitu pintu mobil yang terbuka. Karena pintu tidak menutup secara sempurna, sensor alarm mendeteksi sinyal pada sistem keamanannya.

Jangan heran jika alarm mobil anda akan terus menerus bunyi. Untuk mengatasi penyebab alarm mobil bunyi sendiri yang satu ini, ada baiknya anda selalu mengecek pintu mobil saat menutupnya.

Selain itu, anda juga disarankan untuk memposisikan switch lampu plafon ke posisi door mobil. Perlu diketahui bahwa posisi door ini bisa memudahkan anda dalam mengetahui apakah pintu tertutup rapat atau tidak.

Apabila pintunya tak tertutup rapat, maka lampu plafon akan menyala. Begitupun sebaliknya, jika lampunya mati, berarti pintu benar-benar tertutup.

Setelah switch anda tempatkan di posisi door, anda bisa langsung menutup semua pintu mobil anda. Kemudian anda perhatikan apakah lampu kabinnya menyala atau tidak.

Apabila lampunya menyala, anda perlu cek pintu satu per satu. Alarm mobil anda akan langsung berhenti bunyi saat semua pintunya tertutup rapat.

Kepekaan Modul Alarm yang Tinggi

Penyebab alarm mobil bunyi sendiri lainnya yaitu kepekaan dari modul alarm. Modul alarm menangkap getaran yang ada di sekitar mobil.

Sensor sinyal getaran yang ditangkapnya bisa berupa suara maupun mobil lain yang lewat di sekitar mobil anda. Alarm mobil akan berbunyi apabila memiliki kepekaan yang tinggi sehingga getaran yang kecil pun mempengaruhinya.

Kepekaan Sensor Pintu

Kepekaan sensor pintu juga bisa menyebabkan alarm mobil bunyi sendiri. Hal ini terjadi saat pintu dibuka tanpa menggunakan remote control.

Perlu diketahui, remote control ini terkoneksi dengan bagasi, kap mesin dan switch pintu mobil. Untuk mematikan bunyi alarm, anda bisa menekan tombol off.

Namun perlu diingat bahwa tak semua mobil dilengkapi dengan fitur tersebut, seperti halnya mobil standar Toyota Avanza. Adapun alternatif lainnya ialah dengan mencopot sekring alarm. Selain itu, bisa juga anda melepas akinya.

Baterai Central Lock Habis

Penyebab alarm mobil bunyi sendiri yang perlu anda tahu lainnya yaitu baterai central lock habis. Karena baterai central lock habis, mau tak mau anda harus membuka pintu mobil secara manual.

Jika anda tak mau mendengar alarm mobil bunyi terus menerus karena kehabisan baterai central lock, ada baiknya anda rutin melakukan pengecekan.

Komponen Alarm Rusak

Kurangnya perawatan bisa menyebabkan komponen alarm rusak. Selain itu, alarm mobil yang rusak juga bisa disebabkan karena kualitas alarmnya yang kurang bagus.

Saat komponennya rusak, maka alarm secara otomatis akan berbunyi sendiri. Untuk memperbaikinya, anda bisa ganti alarm dengan alarm baru yang kualitasnya lebih bagus.

Sensor Kap Mesin Rusak

Sensor kap mesin yang rusak juga bisa membuat alarm mobil berbunyi sendiri, setidaknya alarm akan mengeluarkan tanda bunyi sebanyak 3x.

Penyebab alarm mobil bunyi sendiri yang satu ini bisa anda atasi dengan membuka kap depan di area mesin tersebut. Setelah itu, tutup lagi.

Langkah selanjutnya, tekan tombol gembok di remot mobil anda. Jika masih berbunyi, anda bisa cek sensor kap pintu mesinnya yang ada di bawah kap mesin tersebut.

Sensor kap pintu mesin bisa disetting naik turun. Namun jika belum juga berhenti, anda perlu mengganti sensor pintunya.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab alarm mobil bunyi sendiri. Dengan anda mengetahui penyebabnya, maka anda bisa lebih mudah dalam mengatasi nantinya. (R10/HR-Online)

Loading...
Loading...